Brilio.net - Tahun ini, Kustomfest mengangkat tema Back Tho The Roots sebagai upaya mengikis segala perbedaan sambil terus memacu karya-karya terbaik anak bangs di bidang otomotif. Acara ini akan diadakan pada 5-6 Oktober 2019 di Jogja Expo Center.

“Kustomfest 2019 Back To The Roots adalah ajakan kami ke semua anak bangsa termasuk di dunia kustom untuk kembali berjalan bergandengan tangan dalam satu tujuan membesarkan industri ini. Kita kembali berkarya bersama-sama dengan mewarisi semangat keberagaman menggapai harapan dalam suasana nyaman dan damai,” tutur Lulut Wahyudi selaku Director Kustomfest.

didi kempot goyang kustomfest Faris Faizul Aziz

foto: brilio.net/Faris Faizul Aziz

Ia menambahkan banyak pemahaman dari kembali ke akar budaya ini dalam sisi budaya otomotif, seni, dan gaya hidup di Kustomfest 2019. Terlebih dengan tampilnya sang maestro Didi Kempot pada ajang lebaran insan kostum tersebut.

Loading...

“Tampilnya Mas Didi Kempot dan berbagai musisi lintas genre menjadi salah satu simbol bahwa musik bisa ikut menyatukan berbagai elemen masyarakat untuk ikut menikmatinya. Ini bagian dari konsep Back to The Roots di tahun ini, selain itu perilisan soundtrack GAS GAS GAS karya Kill The DJ menguatkan dan memudahkan kami menyampaikan semangat kustom kulture Indonesia ke khalayak luas” tambahnya.

Didi Kempot yang tampil pada Sabtu malam (5/10), disambut ‘Sobat Ambyar’ dengan antusias. Mereka memenuhi lapangan Jogja Expo Center. Mereka bersama-sama menggaungkan lirik berbagai tembang campursari karya Didi Kempot tanpa henti. Penggemar milenial Didi Kempot yang akrab disebut ‘Sad Boy’ dan ‘Sad Girl’ tampak sangat menjiwai karya sang maestro.

Didi Kempot menyanyikan beberapa hitsnya seperti Kalung Emas, Bojo Anyar hingga Cidro. Tak hanya sendiri, tanpa diduga penonton dikejutkan dengan kehadiran Ayub Atoh, pemain klub bola PSIM Yogyakarta. Didi mengajak Ayub naik ke atas panggung untuk berduet lagu ‘Sewu Kuto’  yang juga lagu andalan sang maestro.

didi kempot goyang kustomfest Faris Faizul Aziz

foto: brilio.net/Faris Faizul Aziz

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu sosok Ayub Atoh asal Sorong Papua, sempat viral karena bisa menyanyikan lagu Didi Kempot. Pada aksi panggung bersama Didi Kempot di Kustomfest 2019, Ayub tak mengalami kesulitan menyanyikan lagu tersebut. Hal itu bertambah menarik ketika ia diajak berbincang dengan Didi Kempot menggunakan bahasa Jawa.

Momen yang tak kalah menarik, pemain kendang ganteng Didi Kempot, Dory Harsa juga turut menyanyikan lagu Didi Kempot. Ia bertukar formasi dengan ‘Mas Didi’ yang mengambil alih kendang Dory. Penampilan Dory membuat para fans semakin terhibur.

didi kempot goyang kustomfest Faris Faizul Aziz

foto: brilio.net/Faris Faizul Aziz

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kustomfest 2019 mengundang berbagai musisi dan band ternama, layaknya Seringai, Jogja Hip Hop Fondation, Suicidal Sinatra hingga Kasino Brother.

Tak hanya bisa menikmati musik, para penggemar kuliner dimanjakan dengan puluhan stan makanan dan minuman Kustomfest 2019. Letaknya yang cukup strategis yaitu di sisi timur panggung sangat memudahkan akses jalan pengunjung.  Pada stan makanan , pengunjung bisa menonton aksi bintang tamu melalui proyektor besar sambil menikmati hidangan.

Bergeser ke dalam hall Jogja Expo Center, berjajar 150 motor custom berbagai kategori. Motor-motor tersebut datang dari berbagai daerah di pulau Jawa. Sebagai Director Kustomfest 2019, Lulut Wahyudi mengatakan bahwa peserta terjauh datang dari Kalimantan hingga Aceh.

“Peserta terjauh ada dari Kalimantan, kita juga ada peserta dari Aceh yang turut memeriahkan Kustomfest tahun ini,” kata Lulut dalam acara Launching lucky draw Kustomfest 2019 – Back To The Roots, di Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Jumat, (4/10).

didi kempot goyang kustomfest Faris Faizul Aziz

foto: brilio.net/Faris Faizul Aziz

Ajang lebaran para penggemar motor dan mobil custom tahun ini melombakan 15 kelas, mulai dari Special Class yang terdiri dari All Bagger, All ProStreet, All Kustom Mini hingga All Scrambler. Ditandingkan juga Nitrohead (di bawah 250 cc), antara lain Nitrohead Chopper Bobber, Honda The Battle of Dream, Nitrohead FFA, Choppy Cub, All Caferacer dan Kawasaki W Series Absolute Respect. Selain itu juga ada Main Class (di atas 250 cc) yang terdiri dari American Stock Kustom, Japan Chopper Bobber, American Chopper Bobber, FFA Main Class dan European Chopper Bobber.

Tak cuma itu, gelaran Kustomfest 2019 juga menghadirkan berbagai stan fashion dan lifestyle bernuansa costum. Mulai dari helm balap, jaket, kaus hingga tas.