×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pertama di dunia, pesawat TNI AU ini pakai mesin Harley Davidson

View Image

0

BRILIO » Wow

Pertama di dunia, pesawat TNI AU ini pakai mesin Harley Davidson

Siapa sangka pesawat bersejarah ini sudah berusia 70 tahun.

09 / 10 / 2018 01:02

Brilio.net - Pernahkah kamu mendengar ada pesawat yang mesinnya menggunakan mesin sepeda motor? Tentu belum, kan? Pesawat dengan mesin sepeda motor itu ternyata memang ada. Bahkan mesin sepeda motornya nggak main-main, memakai mesin motor gede (moge) Harley Davidson. Wow!

Adalah RI-X WEL, pesawat milik TNI Angkatan Udara (AU) yang pertama kali dibuat oleh anak bangsa. Selama ini pesawat tersebut sudah lama disimpan di Ruang Kronologi, Museum Pusat TNI Angkatan Udara (AU) Dirgantara Mandala Yogyakarta.

Menariknya, pesawat ini dirancang hanya dalam waktu lima bulan saja oleh Biro Rencana dan Konstruksi pada tahun 1948 di Pangkalan Udara Maospati (Sekarang Lanud Iswahjudi). Setelah melewati serangkaian uji terbang, pesawat ini melakukan penerbangan dari Maospati menuju Maguwo (sekarang Lanud Adisutjipto) untuk dipertunjukkan pada sebuah pameran penerbangan di Yogyakarta yang kala itu dibuka langsung oleh Presiden Soekarno.

"Sebuah kebanggaan tersendiri pada waktu itu karena personel TNI AU sudah bisa membuat sebuah pesawat dan berhasil menerbangkannya di sebuah event penting yang dihadiri oleh Presiden RI," ujar Kepala Museum TNI AU Dirgantara Mandala Yogyakarta, Kolonel Sus Drs Dede Nasrudin, saat ditemui brilio.net beberapa waktu lalu.

Sebagai bentuk peneladanan kepada pendahulu yang telah berhasil membuat pesawat tersebut, RI-X WEL akhirnya dipamerkan kepada khalayak umum pada 6-7 Oktober 2018 lalu di salah satu acara tahunan terbaik Yogyakarta, yakni Kustomfest. Panitia Kustomfest 2018 sengaja menyegarkan pesawat RI-X WEL dengan merestorasi beberapa bagian pesawat tua ini.

Loading...

Pesawat tersebut diperbaiki di bengkel Retro Classic Cycles Yogyakarta, seperti skin di bagian sayap dan fuselage, ditambah memperbaiki sektor warna karena saat ini kondisi pesawat sudah termakan usia.  

"Saat ini bagian mesin sudah diperbaiki dengan menggunakan satu mesin motor Harley Davidson WL berkubikasi 750cc buatan tahun 1925 sehingga akan menjadi pesawat kustom pertama di Indonesia. Pesawat ini tetap akan menggunakan rangka badan dari besi dan airfoil sayap dari kayu. Kulit pesawat 80% menggunakan kain blacu dengan bagian lainnya menggunakan materi aluminium terutama pada engine cowling," kata Direktur Kustomfest, Lulut Wahyudi.

Kamu penasaran kan, gimana penampakan pesawat bersejarah ini? Simak lima fotonya di bawah ini deh!

1. RI-X WELL ini berjenis pesawat ringan berawak tunggal bersayap tinggi. Beratnya mencapai 263 kg.

Pesawat RI-X WELL © 2018 brilio.net

2. Pesawat ini dibuat tahun 1948 di Madiun oleh Biro Rencana dan Konstruksi AURI Seksi Percobaan Pembuatan Pesawat RI-X Maospati.

Pesawat RI-X WELL © 2018 brilio.net

3. Yang membuat pesawat ini unik karena mesinnya menggunakan mesin Harley Davidson 1928 2 Silinder, dengan kapasitas mesin 750 cc. Tenaga mesinnya mencapai 20pk.

Pesawat RI-X WELL © 2018 brilio.net

4. Konstruksi pesawat ini adalah kombinasi dari kayu, kerangka besi dan kulit blacu. Dengan rincian panjang 5.05 m, bentang sayap 9.00 m, dan tinggi 2.40 m.

Pesawat RI-X WELL © 2018 brilio.net

5. Pesawat yang dapat menempuh kecepatan 85 km/jam itu akhirnya dipamerkan di Kustomfest 2018.

Pesawat RI-X WELL © 2018 brilio.net







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    100%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more