Brilio.net - Sebagai publik figur atau selebriti tentu saja banyak harta yang bisa dinikmati oleh keluarga terutama anak. Namun rupanya ada sejumlah selebriti yang memilih tak mewariskan hartanya ke pada anak.

Ada yang sepenuhnya tidak mencantumkan nama anak sebagai ahli waris. Ada juga yang hanya akan memberikan sedikit uang. Alasannya tentu saja ingin mendidik anak agar bisa kerja keras dengan jerih payahnya sendiri.

Berikut ini brilio.net rangkum dari Deutschewelle, Minggu (7/5), tujuh selebriti yang memutuskan untuk tidak wariskan kekayaan ke anak-anak mereka karena ingin mengajarkan kerja keras.

1. Jacky Chan

tak wariskan harta tak wariskan harta

Loading...

Ia berkata, akan mewariskan kekayaan (sekitar USD 140 juta) untuk kemanusiaan, dan tidak akan berikan uang kepada putranya. "Dia bisa cari uang sendiri," kata aktor berusia 63 itu.

Jacky Chan kini menjadi duta bagi Badan urusan Anak-Anak PBB, UNICEF. Ia juga aktif di bidang perlindungan hewan, dan mendirikan Jackie Chan Charitable Foundation, yang mendukung pendidikan dan bantu korban bencana.

2. Sting

tak wariskan harta tak wariskan harta

Sting yang punya enam anak mengatakan akan membantu jika anak-anaknya mendapat kesulitan keuangan. Tapi sosok berusia 66 tahun itu sudah mengatakan kepada anak-anaknya bahwa warisan tidak akan banyak.

Pasalnya, ia dan istrinya akan menggunakan uang itu untuk keperluan lain. Ia bercerita, tidak pernah harus membantu, karena anak-anaknya punya etos kerja yang mendorong mereka untuk ingin sukses dengan upaya sendiri.

3. Elton John

tak wariskan harta tak wariskan harta

Musisi beken itu mengatakan kepada The Mirror Maret 2016, jika ia memberikan kekayaannya kepada kedua putranya berarti merusak hidup mereka. Ia lebih suka jika mereka bekerja.

Menurut Elton John, anaknya sekarang sudah hidup jauh lebih senang daripada anak lainnya. Ia akan meninggalkan uang secukupnya, tapi anak-anaknya tetap harus bekerja.

4. Gene Simmons

tak wariskan harta tak wariskan harta

Inilah wajah Gene Simmons jika berada di atas panggung bersama kelompok musiknya, KISS, yang sudah berjaya sejak puluhan tahun. Ia ingin kedua anaknya bekerja keras menciptakan sesuatu untuk hidup mereka.

"Mereka akan mendapat cukup uang, tapi tidak akan kaya dari uang warisan saya. Karena itu mereka harus tetap bangun pagi, mencari nafkah dan mencari jalan sendiri," tegas Simmons.

5. George Lucas

tak wariskan harta tak wariskan harta

Kekayaannya diperkirakan USD 4,9 miliar. Setelah menjual seluruh proyek Star Wars kepada Disney (USD 4,5 milyar tahun 2012) George Lucas, ayah dari empat anak, mengatakan keuntungan dari penjualan akan disumbangkan untuk memperbaiki pendidikan generasi mendatang.

Langkah ini juga sesuai dengan komitmen yang diucapkannya 2010 untuk menyumbangkan sedikitnya separuh kekayaannya setelah meninggal.

6. Bill dan Melinda Gates

tak wariskan harta tak wariskan harta

Kekayaan mereka diperkirakan USD 78,6 miliar. Bill Gates, pendiri Microsoft, mengatakan, akan wariskan sebagian besar kekayaan mereka untuk kemanusiaan. Ia punya yayasan The Bill & Melinda Gates Foundation untuk tujuan itu.

Miliarder lain, Warren Buffet jadi sumber inspirasi keputusan mereka. Bersama Buffet Bill Gates menggerakkan miliarder lain untuk menyumbangkan kekayaan mereka.

7. Warren Buffett

tak wariskan harta tak wariskan harta

Buffett menyatakan akan menyumbangkan 99% persen kekayaannya, yang berjumlah sekitar USD 65,1 miliar. "Saya bukan orang yang antusias menyimpan uang dalam dinasti keluarga, apalagi jika 6 miliar orang lainnya tidak punya cukup uang," katanya.

Bersama Bill & Melinda Gates ia mendorong miliarder lain untuk menyumbangkan sedikitnya 50% kekayaan mereka.