Brilio.net - Musisi sekaligus politisi Partai Gerindra, Ahmad Dhani dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 1,5 tahun penjara atas kasus ujaran kebencian. Pentolan band Dewa 19 ini terbukti melanggar Pasal 45 ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) tentang UU Nomor 19/2016 tentang perubahan UU Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin (28/1).

Menurut hakim tindak pidana yang dilakukan Dhani yakni dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh menyebarkan informasi yang menunjukkan rasa kebencian. Hal ini terkait cuitannya yang mengandung ujaran kebencian terhadap Basuki Tjahaja Purnama. Hakim juga menyatakan kalau ujaran kebencian yang sudah tersebar itu menimbulkan permusuhan berdasarkan SARA. Ahmad Dhani kini mendekam di LP Cipinang.

Vonis Ahmad Dhani ini mengundang berbagai reaksi dari kerabat maupun masyarakat melalui dunia maya. Banyak yang memberikan dukungan moral untuk suami Mulan Jameela tersebut. Dua putra Ahmad Dhani, El Rumi dan Dul Jaelani juga terlihat mengunggah dukungannya untuk sang ayah melalui akun Instagram pribadi. Tak terkecuali Mulan Jameela juga mengunggah dukungannya untuk sang suami.

Tak hanya keluarga saja, Ahmad Dhani juga mendapatkan dukungan dari sahabat-sahabat terdekatnya. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, berikut dukungan moral dari 6 sahabat dekat untuk Ahmad Dhani, Selasa (29/1).

1. Ari Lasso memberikan dukungan kepada Ahmad Dhani saat sahabatnya ini diputuskan bersalah dan divonis hukuman 1,5 tahun penjara. Melalui akun Instagram-nya, Ari Lasso mengunggah foto dirinya bersama Ahmad Dhani dan menyertakan caption "Hadapi dengan senyuman".

Loading...

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@ari_lasso

2. Sahabat Ahmad Dhani sekaligus aktor Fauzi Baadilla juga memberikan dukungan moral untuk Ahmad Dhani. Keduanya pernah sama-sama terjun dalam aksi 212. Dalam unggahan di akun Instagramnya, Fauzi Baadilla mengunggah foto dirinya bersama Ahmad Dhani, dan menuliskan keterangan "Tidak ada kata2 PADAM.. TIDAK ADA...".

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@fauzibaadilla__

3. Dukungan terhadap Ahmad Dhani juga disampaikan oleh Ummi Pipik Dian Irawati. Wanita yang juga berteman dekat dengan Mulan Jameela ini mengunggah video salawat yang dilantunkan oleh Fadli Zon dan kawan-kawan serta menuliskan caption "#saveahmaddhani".

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Instagram/@_ummi_pipik_

4. Rekan satu partai Ahmad Dhani, Fadli Zon memiliki cara tersendiri untuk mendukung musisi senior tersebut. Dirinya mengunggah sebuah puisi yang ditulisnya khusus untuk Ahmad Dhani melalui akun Twitter pribadinya. Dalam puisi tersebut, Fadli menyebut bahwa Ahmad Dhani merupakan korban kriminalisasi.

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@fadlizon

5. Senada dengan Fadli Zon, sahabat Ahmad Dhani lainnya, Fahri Hamzah juga memberikan dukungan dan pendapatnya soal penahanan Ahmad Dhani. Fahri mengungkapkan bahwa penahanan Ahmad Dhani akan menjadi blunder untuk kubu petahana.

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@fahrihamzah

6. Dukungan bagi Ahmad Dhani juga mengalir dari aktris sekaligus politisi Rachel Maryam. Dalam kicauan di akun Twitternya, Rachel menyebut bahwa Ahmad Dhani merupakan korban dari rezim. Dirinya juga menyamakan kasus Ahmad Dhani dengan Iwan Fals di masa Orde Baru.

dukungan ahmad dhani © 2019 berbagai sumber

foto: Twitter/@cumarachel