Brilio.net - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah membacakan vonis 1 tahun 6 bulan untuk Ahmad Dhani karena kasus ujaran kebencian pada Senin (28/1). Ketua majelis hakim yakni H. Ratmoho membacakan langsung keputusan tersebut. Ahmad Dhani terbukti bersalah dan telah melanggar pasal 45 huruf A ayat 2 juncto 28 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 juncto UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Setelah persidangan selesai, Ahmad Dhani langsung dibawa jaksa untuk ditahan di rumah tahanan di Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan. Sebelum Ahmad Dhani divonis terbukti bersalah, ia mencalonkan diri sebagai calon legislatif dari partai Gerindra. Komisi Pemilihan Umum menyatakan kalau keputusan mengenai status pencalegan Ahmad Dhani masih menunggu inkrah pengadilan.

Selain Ahmad Dhani juga banyak seleb yang terjun di dunia politik. Niat hati ingin memajukan Indonesia, justru dirinya terlibat kasus. Tak jarang pula para seleb yang berkecimpung di politik justru terjerat kasus. Entah itu kasus yang berhubungan dengan dunia politik maupun kasus lainnya. Namun apapun kasus yang tengah menjerat sederet seleb tersebut disinyalir bisa merusak reputasinya di politik.  

Sama seperti Ahmad Dhani, sebelumnya sudah ada beberapa seleb Tanah Air yang terjun ke politik justru terjerat kasus. Berikut 6 seleb yang terjerat kasus sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (29/1).

1.Angelina Sondakh.

Loading...

seleb politik kasus instagram

foto: liputan6

Wanita kelahiran Desember 1977 mulai berkarier di dunia hiburan sejak 1993. Kemudian Angelina Sondakh mulai merambah ke dunia politik sejak tahun 2004. Istri dari Alm Adjie Massaid ini dahulunya sempat berkelit kalau dirinya ikut terjerat kasus korupsi, namun akhirnya Angelina Sondakh terbukti bersalah dengan menerima suap wisma atlet SEA Games pada tahun 2012 silam.

2. Ratna Sarumpaet.

seleb politik kasus instagram

foto: Instagram/@rsarumpaet

Ratna Sarumpaet pernah menjadi perbincangan publik karena kasus hoax. Ia membuat cerita palsu mengenai dirinya yang dianiaya oleh sekelompok orang yang tak dikenal di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jumat 21 September 2018. Polisi tidak menemukan adanya kekerasan, Ratna Sarumpaet terbukti menjadi tersangka.  

3. Mandala Shoji.

seleb politik kasus instagram

foto: Instagram/@mandala_abadi_shoji

Mandala Shoji yang kini terjun sebagai calon legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) pernah terjerat kasus pelanggaran pemilu. Mandala Shoji terbukti bersalah karena melanggar aturan pemilu dengan membagikan kupon undian umroh kepada warga. Mandala dijatuhi hukuman penjara selama 3 bulan dan denda Rp 5 juta pada Senin 17 Desember 2018.

4. Zumi Zola.

seleb politik kasus instagram

foto: Instagram/@zolazumi88

Mantan aktor sekaligus Gubernur Jambi ini harus merasakan dinginnya jeruji besi tahanan. Zumi Zola ditahan karena menerima suap terhadap 53 anggota DPRD Jambi, agar mau menyetujui anggaran yang diajukan Zumi Zola yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur Jambi 2016-2021. Zumi Zola terbukti bersalah dan divonis hukuman selama 6 tahun penjara dan dengan Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan.

5. Farhat Abbas.

seleb politik kasus instagram

foto: Instagram/@farhatabbastv226

Farhat Abbas seorang pengacara kontroversial ikut terjun di dunia politik. Setelah dirinya menjadi seorang politikus, Farhat Abbas pernah terjerat kasus ujaran kebencian. Ujaran kebencian terhadap Kubu Prabowo yang diduga membela kasus hoax Ratna Sarumpaet. Farhat kemudian dilaporkan oleh koalisi pengacara Prabowo, Sabtu 8 Oktober 2018