Brilio.net - Sejak lama Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara penghasil film-film terbaik, dengan tema beragam. Pada era 80-an sendiri perfilman Indonesia telah menyuguhkan karya-karya terbaik mereka dengan menggaet sejumlah aktor dan aktris terbaik.

Kala itu beberapa artis ini mendapatkan apresiasi tinggi dari penikmat film-film yang mereka bintangi, sebut saja Rano Karno, Eva Arnaz, Benyamin Sueb, Ida Royani dan masih banyak lagi.

Berbicara tentang film, bukan hanya aktor dan aktrisnya saja. Namun, juga kemampuan akting mereka bersama dengan pasangannya di film. Menariknya, ada beberapa pasangan ini kerap disandingkan di film yang sama, sehingga menjadi pasangan film paling digemari pada masanya.

Mungkin masih ingat chemistry yang dibangun Rano Karno bersama Yessi Gusman. Dari kecil sudah membintangi film bersama, hingga dewasa pun mereka masih kerap dipersatukan dalam film sebagai sepasang kekasih.

Selain mereka, ada beberapa lainnya juga menjadi pasangan ikonik yang masih diingat hingga hari ini. Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Jumat (18/2).

1. Rano Karno dan Yessy Gusman.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Instagram/@si.rano

Rano Karno dan Yessy Gusman sudah dipasangkan di film yang sama sejak era 70-an, ketika mereka menjadi artis cilik. Kala itu mereka membintangi film Romi dan Juli pada 1974. Beranjak dewasa, mereka kembali beradu akting sebagai pasangan kekasih dalam film Gita Cinta dari SMA (1979), serta berlanjut ke film-film romance lainnya.

2. Benyamin dan Ida Royani.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Istimewa

Benyamin dan Ida Royani menjadi pasangan paling ikonik pada era 80-an. Mereka tidak hanya beradu akting dalam sejumlah film, namun juga sebagai pasangan duet. Buaye Gile, Benyamin Biang Kerok, Biang Kerok Beruntung, Cukong, Ratu Amplop dan Tarsan Kota merupakan beberapa film terbaik mereka.

3. Rhoma Irama dan Yati Octavia.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Instagram/@selloak

Kamu mungkin masih ingat salah satu adegan yang kerap diparodikan sampai sekarang 'cukup Ani'. Yap itu adalah satu adegan film yang dibintangi Rhoma Irama dan Yati Octavia.

Kala itu Rhoma dan Yati kerap dipasangkan di film yang sama karena chemistry mereka begitu kuat, diantaranya Penasaran, Gitar Tua, Darah Muda, Berkelana I dan II, Sebuah Pengorbanan, dan Kemilau Cinta di Langit Jingga.

4. Didi Petet dan Nike Ardilla.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Twitter/@nikeardilla_

Penampilan lawas mereka menjadi obat melepas kerinduan banget nih, mendiang Didi Petet dan Nike Ardilla sukses memainkan film Kabayan. Pasangan di film ini begitu melekat, aksi konyol mereka hingga cerita-cerita lucu lainnya melekat di ingatan.

5. Suzzanna dan Clift Sangra.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Istimewa

Ratu horor Tanah Air, Suzzanna kerap dipasangkan dengan beberapa aktor dalam filmnya. Namun yang paling sering dan terlihat lebih serasi, Clift Sangra. Beberapa film yang pernah mereka bintangi Sangkuriang, Perkawinan Nyi Blorong, Dia Sang Penakluk, dan Perjanjian di Malam Keramat.

6. Barry Prima dan Eva Arnaz.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Facebook/mbahdarmoeee

Eva Arnaz beberapa kali dipasangkan dengan aktor-aktor ternama, termasuk Benyamin Sueb. Namun kesan paling mengena adalah ketika dia beradu akting sebagai pasangan kekasih bersama Barry Prima.

Beberapa film mereka yang cukup hits, Jaka Sembung Sang Penakluk, Serbuan Halilintar, Cewek Jagoan Beraksi Kembali, Pasukan Berani Mati, Serigala, dan Bergola Ijo.

7. Onky Alexander dan Meriam Bellina.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Istimewa

Pasangan film yang tak kalah hits dari era 80 hingga 90-an adalah Onky Alexander dan Meriam Bellina. Kisah cinta Boy dan Vera dalam beberapa seri 'Catatan si Boy' berhasil membuat penonton baper.

8. Sophan Sophiaan dan Widyawati.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Istimewa

Widyawati pernah menjadi ratu perfilman Indonesia. Dia kerap dipasangkan dengan mendiang suaminya Sophan Sophiaan. Berawal dari adu akting bersama, sampai akhirnya menikah.

Film pertama mereka, Pengantin Remadja garapan sutradara Wim Umboh. Tak bisa dipungkiri memang, Sophan Sophiaan memiliki pesona yang luar biasa menawan, sementara Widyawati dikenal dengan kemampuan akting dan kecantikannya.

9. Jamal Mirdad dan Lydia Kandou.

Pasangan di film era 80-an ini ikonik abis Instagram

foto: Istimewa

Lydia Kandou memulai debut aktingnya bersama Rano Karno pada era 70-an. Kala itu Rano sudah menjadi aktor hits era 80-an. Sejak saat itu, dia pun mendapatkan banyak tawaran film termasuk beradu akting dengan Jamal Mirdad.

Pada era 80-an, Jamal Mirdad dikenal sebagai aktor sekaligus penyanyi terkenal. Film paling hits yang dibintangi Jamal dan Lydia Kandou adalah Ramadhan dan Ramona.