Brilio.net - Putri Diana, Princess of Wales mendapat julukan sebagai salah satu tokoh dunia yang paling banyak difoto. Meskipun pada masanya Putri Diana dan Pangeran Charles merupakan pasangan ikonik, publik menaruh ketertarikan kepada Putri Diana sebagai tokoh baru dalam keluarga kerajaan. Hal ini membuat highlight kerajaan seringkali tertuju pada Putri Diana. Walau akhir kisahnya cukup tragis, selama hidup Putri Diana tetap loyal menjalankan perannya sebagai anggota kerajaan.

Kisah hidup Putri Diana juga sering diangkat menjadi film atau serial. Pemain yang memerankan Putri Diana harus mengenakan lensa kontak berwarna biru, rambut khas mengembangnya, dan senyum yang menawan.

Terbaru, ada Kristen Stewart yang didapuk menjadi tokoh Putri Diana dalam trailer film Spencer yang belum lama rilis. Penampilannya begitu memukau publik untuk film yang dijadwalkan tayang 5 November mendatang di Festival Film Venice ini.

Selain Kristen Stewart, ternyata banyak aktris Hollywood lain yang juga pernah berupaya berakting seoptimal mungkin agar mampu menyaingi keanggunan dan pesona Putri Diana. Siapa saja mereka? berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (4/9).

1. Kristen Stewart (Spencer)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@kstewart_queen

Aktris Amerika Serikat yang dikenal lewat seri film Twilight ini dipercaya untuk memerankan sang Putri Diana. Spencer yang berlatar waktu pada 1991 ini akan menampilkan kisah di saat Putri Diana yang sedang dilema untuk mengakhiri pernikahannya dengan Pangeran Charles.
Pada teaser trailer Spencer, kamu bisa melihat sedikit penampilannya Stewart yang fisik dan gerak tubuhnya mirip dengan Putri Diana. Dia juga bisa berbicara dengan logat British yang cukup baik.

2. Emma Corrin (The Crown season 4)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@emmalouisepics

The Crown merupakan serial original Netflix. Serial bertema sejarah tersebut berkisah tentang perjalanan Ratu Elizabeth II selama memerintah Inggris. Pada The Crown season 4, mulai diceritakan kisah cinta Putri Diana dengan Pangeran Charles.

Putri Diana di The Crown season 4 diperankan oleh aktris muda Inggris yang bernama Emma Corrin. Penampilan Corrin berhasil mencuri perhatian penonton dan dianggap begitu mirip dengan sang putri. Corrin bahkan mendapatkan banyak penghargaan karena aktingnya sebagai Putri Diana, di antaranya Critics’ Choice Television Awards dan Golden Globe Awards.

3. Elizabeth Debicki (The Crown season 5)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@elizabethdebickinators

The Crown season 5 yang bakal ditayangkan pada 2022 akan mengambil latar waktu pada 1990-an dan menampilkan prahara rumah tangganya Diana dan Charles. Putri Diana versi lebih tua dari season 4 bakal diperankan oleh aktris yang berbeda. Sang putri bakal diperankan oleh Elizabeth Debicki. Walau masih dalam proses syuting, Netflix telah merilis fotonya Debicki yang didandani sangat mirip dengan Putri Diana.

4. Naomi Watts (Diana)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@danyotracosa

Pada 2013, Naomi Watts memerankan Putri Diana di film Diana yang berfokus pada hubungannya dengan Hasnat Khan. Film tersebut memang tidak sukses secara finansial namun akting Naomi dipuji banyak kritikus dan mendapat ulasan positif dari media. Ia dianggap sukses memanusiakan Diana lewat perannya.

5. Bonnie Soper (Harry & Meghan: A Royal Romance dan Harry & Meghan: Becoming Royal)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@bonnie_soper

Aktris asal Selandia Baru, Bonnie Soper memerankan Diana dalam berbagai adegan flashback film berjudul Harry & Meghan: A Royal Romance dan Harry & Meghan: Becoming Royal.
Serial televisi yang tayang di Lifetime Network pada 2018 lalu ini berkisah soal kehidupan Pangeran Harry dan Meghan Markel ketika mulai berpacaran dan menikah. Dengan bentuk wajah serupa dan rambut pirang yang sama, ia sukses membawakan peran tersebut berdasarkan ingatannya soal sosok tersebut.

6. Genevieve O'Reilly (Diana: Last Days of a Princess_)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: YouTube/Nik Gibbons

Genevieve O'Reilly memerankan Diana dalam film dokumenter berjudul Diana: Last Days of a Princess. Film tahun 2017 itu memadukan wawancara kehidupan nyata dengan orang-orang yang dekat dengannya dan peragaan dramatis hari-hari menjelang kecelakaan mobil. Penggambaran O'Reilly dianggap sangat realistis menjadikan karakter Diana sebagai orang yang penuh kasih namun punya kekurangan.

7. Amy Seccombe (Diana: A Tribute to The People's)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: YouTube/Alfredo Pereira

Setahun setelah Princess Diana meninggal, Diana: A Tribute to The People's Princess ditayangkan dengan Amy Seccombe sebagai pemeran utama. Film ini berfokus pada hubungan cinta Putri Diana dengan seorang ahli bedah jantung Pakistan dan Dodi Al Fayed, dalam pertarungannya dengan pers, pekerjaan amalnya, dan hubungannya dengan kedua putranya, Pangeran William dan Harry. Film berakhir dengan catatan bahwa Diana ternyata telah menerima lamaran pernikahan dari Dodi ketika kecelakaan itu terjadi.

8. Julie Cox (Princess in Love)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@eddadaily

Film CBS berjudul Princess in Love yang dibintangi Julie Cox turut menceritakan kisah perselingkuhan sang putri. Film CBS yang rilis pada tahun 1996 ini mencatat perselingkuhan Diana dengan mantan instruktur berkuda. Julie Cox berperan sebagai putri setelah menandatangani proyek hanya beberapa hari sebelum pembuatan film dimulai.

9. Serena Scott Thomas (Diana: Her True Story)

Aktris yang memerankan tokoh Putri Diana dari berbagai sumber

foto: Instagram/@eddadaily

Berdasarkan novel laris karya Andrew Morton, adaptasi film NBC dimaksudkan untuk melihat ke dalam hubungan pasangan kerajaan yang keras kepala dan tidak stabil. Pada 1983, Entertainment Weekly memberikan nilai B+ dan menjelaskan bahwa sutradara mampu membuat film yang tampak berkelas dari kelas atas Inggris. Publikasi tersebut juga menulis bahwa Serena Scott Thomas memerankan Diana dengan pesona yang luar biasa tetapi tidak menyerupai "putri".