Brilio.net - Banyak yang berpikir, enaknya jadi seleb itu bisa jalan-jalan keliling dunia. Padahal faktanya nggak seperti itu lho. Ternyata, semakin terkenal seseorang, maka semakin sering pula setiap perkataan maupun kelakukan yang terekam kamera. Salah bicara sedikit bisa-bisa malah menjadi bumerang. Nggak heran hanya gara-gara salah bicara atau perlakuan berujung dilarang datang ke suatu negara atau daerah.

China merupakan salah satu negara yang paling sering melarang seleb dunia datang. Negara Tirai Bambu ini memang dikenal memiliki banyak undang-undang khusus dan mereka cenderung menganggap semua hal menjadi serius. Kamu mungkin saja berbicara suatu hal atau melakukan sesuatu yang mungkin dianggap biasa di belahan negara lain. Namun berbeda dengan China, banyak hal yang ternyata ilegal di negara yang dikenal dengan hewan pandanya itu.

Nah, penasaran siapa saja seleb yang dilarang mengunjungi China? Berikut delapan seleb yang dilarang ke China seperti brilio.net lansir dari laman Her Beauty, Jumat (15/12).

1. Miley Cyrus.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

Loading...

foto: grammy.com

Miley memang dikenal banyak melakukan hal aneh dalam hidupnya yang menuai kontroversi. Tapi satu hal yang ternyata membuat tunangan Liam Hemsworth ini dilarang datang ke China. Apa yang membuatnya dilarang adalah foto bersama beberapa temannya di mana Miley terlihat menyipitkan matanya. Hal itu membuat Menteri Luar Negeri China menganggap ketidakpedulian dan tidak menghormati. Menteri itu menyatakan kalau Miley bukan teman siapa pun dari China atau keturunan Asia Timur sehingga dilarang untuk mengunjungi negara tersebut.

2. Harrison Ford.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: people.com

Harrison Ford di sisi lain, bukanlah orang yang dilarang hanya gara-gara bermain suatu film yang menyinggung China. Tidak, aktor berusia 75 tahun itu dilarang ke China karena ia terkenal mengadvokasi gerakan Free Tibet (bebaskan Tibet), dan itu tentu saja sangat dilarang di China.

3. Bjork.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: crackmagazine.net

Penyanyi nyentrik satu ini dilarang ke China kaena keyakinannya. Pada salah satu pertunjukannya di Shanghai, ia menyebut kemerdekaan Tibet dan mendesak para penonton untuk mengucapkan, "Tibet! Tibet!". Cukup berani mengingat pandangan China mengenai hal ini. Jadi, tidak mengherankan jika Bjork dilarang datang ke China.

4. Brad Pitt.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: people.com

Brad Pitt mungkin tak tahu konsekuensinya jika ia setuju bermain dalam "Seven Years in Tibet" di tahun 1997 lalu. Aktor 53 tahun ini juga dilarang mengunjungi ke China gara-gara film itu. Nah ternyata China benar-benar menganggap serius dengan film tersebut beserta aktornya. Aktor yang dirumorkan dekat dengan Jennifer Lawrence baru-baru ini pun dilaporkan dilarang datang ke China selama 20 tahun.

5. Katy Perry.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: taiwannews.com.tw

Katy Perry juga dilarang datang ke China hanya karena pakaiannya. Di salah satu konsernya, Katy mengenakan gaun dengan bunga matahari pada bagian atasnya dan itu ternyata simbol Gerakan Mahasiswa Sunflower yang memprotes perjanjian perdagangan China. Alasan lainnya adalah karena penyanyi ini memakai bendera Taiwan pada punggungnya saat konser di China.

6. Gigi Hadid.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: teenvogue.com

Pertunjukan fashion Victoria's Secret tahun ini di Shanghai, ternyata membuat Gigi tak bisa tampil. Pasalnya, visa yang diajukan ke pemerintah China dibatalkan dan ia dilarang ke China. Alasannya karena Gigi terekam kamera kakaknya Bella saat sedang memegang kue berbentuk Buddha sambil menyipitkan matanya. Hal ini langsung saja membuat warga China marah karena dinilai rasis.

7. Justin Bieber.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: people.com

Justin dulunya merupakan anak laki-laki yang manis. Semua orang mencintainya dan mengira ia adalah penyanyi muda paling berbakat yang pernah ada. Tapi kemudian ia berubah menjadi nakal di mana perilakunya benar-benar menyebalkan. Biro Kebudayaan Kota Beijing mengatakan bahwa ia adalah seorang penyanyi berbakat, namun untuk menjaga ketertiban di China tentu tak pantas membawa penyanyi berperilaku buruk. Ya, ungkapan itu merupakan pelarangan dengan cara yang lebih halus.

8. Selena Gomez.

seleb dilarang ke china  © 2017 berbagai sumber

foto: people.com

Apa yang dilakukan Selena hingga ikut masuk ke dalam daftar seleb yang dilarang datang ke China? Ternyata hanya gara-gara ia berfoto bersama Dalai Lama dan foto-foto itupun tersebar luas di internet. Ya, hanya karena foto itu Selena pun dilarang mengunjungi China.