Brilio.net - Petenis Aldila Sutjiadi berhasil menyegel medali emas tenis di nomor tunggal putri SEA Games 2019 Filipina. Aldila Sutjiadi berhasil mengalahkan wakil Vietnam, Savanna Ly-Nguyen, pada pertandingan final tungal putri di Tennis Center Rizal Memorial Sports Complex, Jumat (06/12) lalu.

Menang dua set langsung atas Savanna Ly-Nguyen, Aldila Sutjiadi pun semakin menasbihkan dirinya sebagai petenis putri terbaik Indonesia saat ini. Tak hanya itu, ia pun kembali menyabet emas dalam tim ganda campuran. Kali ini, ia bersama Christopher Rungkat menjadi juara usai mengalahkan pasangan senior Thailand, Sanchai Ratiwatana/Tamarine Tanasugarn, Sabtu (7/12) kemarin.

Sebab capaian medali emas yang diraihnya di SEA Games 2019, secara langsung juga membuatnya mencatatkan sejumlah rekor. Rekor pertama yaitu Aldila Sutjiadi mencatatkan diri sebagai tunggal putri pertama Indonesia yang bisa meraih medali emas di SEA Games, setelah terakhir kali didapat oleh Ayu Fani Damayanti di SEA Games 2011 di Palembang, Indonesia.

Seperti diketahui, empat tahun lalu Aldila Sutjiadi hanya mampu meraih medali perunggu di SEA Games 2015. Selain itu, capaian medali emas SEA Games 2019 ini menjadi tambah spesial, karena artinya Aldila Sutjiadi kini bisa mengawinkan dua medali emas dalam dua tahun berturut. Usai sebelumnya juga mendapatkan medali emas di Asian Games 2018, Jakarta, Indonesia.

Tak hanya aktivitasnya di dunia tenis, Aldila diketahui cukup aktif membagikan segala aktivitas di akun Instagramnya. Mulai dari berlatih hingga kegiatan akademiknya. Kali ini brilio.net telah mengumpulkan gaya-gaya Aldila di luar lapangan tennis dari akun Instagram @dila11, Minggu (8/12).

1. Lahir di Jakarta 5 Mei 1995, Aldila Sutjiadi yang sudah akrab dengan dunia tenis sejak masih kecil, memulai karier profesionalnya pada usia 15 tahun.

2. Dirinya betanding dalam turnamen ITF (International Tennis Federation) di Jakarta tahun 2010. Dua tahun setelah debut profesionalnnya, Aldila Sutjiadi langsung mampu mencatatkan prestasi luar biasa, meraih tiga medali emas di PON (Pekan Olahraga Nasional) Riau 2012.

3. Tiga medali emas tersebut didapat Aldila Sutjiadi lewat nomor tunggal putri, ganda putri dan kategori beregu.

4. Bukan hanya berprestasi di arena tenis, Aldila Sutjiadi juga mampu mencatatkan prestasi di bidang pendidikan.

2 dari 2 halaman

5. Terbukti saat dirinya mampu lulus dalam status summa cumlaude dengan IPK 3,92 dari fakultas Matematika Ekonomi Universitas of Kentucky, Amerika Serikat.

6. Lebih hebatnya lagi, Aldila Sutjiadi bisa menempuh kuliah di Universitas of Kentucky melalui jalur beasiswa, yang didapatnya karena prestasi di arena tenis.

7. Capaian medali emas di SEA Games 2019 ini juga membuatnya memperbaiki rekor terbaiknya di pesta olahraga antar negara se-Asia Tenggara.

8. Tak hanya di bidang olahraga, ternyata Aldila juga sering membagikan potret liburannya.