Brilio.net -

Sukses menjadi aktor dan aktris dalam sebuah film rupanya tak membuat para artis puas begitu saja. Beberapa dari mereka pun memutuskan untuk mengambil peran di balik layar sebagai sutradara,  walau terbilang minim pengalaman.

Namun ada pula yang memang memiliki passion sebagai sutradara ketimbang muncul di depan layar. Nah, berikut brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber Jumat (7/10), 8 artis yang pernah 'nyasar' jadi sutradara. Filmnya sukses nggak nih?

1. Ria Irawan.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Loading...

Menandai 40 tahun kariernya di dunia seni peran, aktris Ria Irawan pernah memproduksi film layar lebar berjudul Gila & Jiwa pada tahun 2014 silam. Tak hanya menjadi sutradara, Ria juga bertindak sebagai produser dan penulis skenario dalam film tersebut.

Ia juga melibatkan sejumlah artis yang pernah terlibat dalam produksi film box office Indonesia untuk menjadi sutradara. Mereka adalah Julia Perez, Afgan Syahreza, Aming, dan Ade Paloh.

2. Luna Maya.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Siapa sangka artis cantik sekelas Luna Maya rupanya pernah menjadi seorang sutradara? Yap, bersama Lukman Sardi, Dedi Mahendra Desta, dan Sigi Wimala, ia pernah menjadi sutradara film independen dalam empat film berbeda yang berdurasi sekitar sepuluh menit. Film-film tersebut di antaranya adalah Suci And The City, Sang Penjahit,  Di Burger Bacem, dan Gay/Tidak.

3. Nikita Willy.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Tak pernah mengikut sekolah film, rupanya tak membuat Nikita Willy takut untuk mencoba menjadi sutradara. Mantan pacar Diego Michiels itu pernah didaulat menjadi sutradara film televisi (FTV) berjudul Pacar Sewaan pada tahun 2015 silam. Dalam FTV tersebut selain menjadi sutradara, cewek berusia 23 tahun itu juga tampil dalam dua scene di film garapannya.

4. Acha Septriasa.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Tak mau kalah dengan yang lainnya, artis cantik Acha Septriasa juga punya pengalaman sebagai sutradara dalam Aku Cinta Kamu yang dirilis tahun 2014. Film tersebut tidak hanya satu cerita seperti kebanyakan film lainnya. Namun, ada beberapa part film dengan sutradara berbeda. Salah satu namanya yang menjadi sutradara dalam film tersebut adalah Acha Septriasa.

5. Ernest Prakasa.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Sukses membintangi beberapa film layar lebar sebagai aktor rupanya tak membuat Ernest puas begitu saja. Artis yang juga komika tersebut terbilang sukses saat terjun menjadi sutradara untuk pertama kalinya lewat film komedi Ngenest (2015). Tak hanya sampai di situ, ia pun kembali menggarap karya film keduanya yang diberi judul Cek Toko Sebelah. CTS sendiri rencananya akan tayang pada akhir tahun 2016.

6. Umay Shahab.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Sempat hilang dari layar kaca, mantan artis cilik Umay Shahab hadir lagi ke hadapan publik dengan peran yang berbeda. Yap, ia kini berprofesi sebagai sutradara. Artis belia kelahiran tahun 2001 ini pernah menggarap sebuah film pendek yang berjudul Cinta di Balik Awan.

7. Mel Gibson.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Terkenal sukses membintangi banyak film Hollywood sebagai aktor, Mel Gibson juga terbukti sukses saat berperan sebagai sutradara. Debut lewat The Man Without a Face (1993), Gibson hingga kini telah menyutradarai empat film layar lebar. Lewat Braveheart (1995), Gibson menang Piala Oscar sebagai sutradara.

Namun kesuksesan terbesarnya di box office didapat dari film The Passion of the Christ (2004) yang meraup 612 juta USD di seluruh dunia. Saat ini Gibson tengah mempersiapkan perilisan film terbarunya, Hacksaw Ridge yang berlatar Perang Dunia II.

8. Ben Affleck.

artis ini pernah nyasar jadi sutradara © 2016 berbagai sumber

Banyak yang tergila-gila ketika Ben Affleck memerankan tokoh Batman. Namun siapa sangka, aktor ganteng ini rupanya juga sukses berperan di balik layar.

Affleck sejauh ini telah menghasilkan film Gone Baby Gone (2007), The Town (2010), dan Argo (2012). Ketiganya sukses tembus bursa Piala Oscar. Bahkan, film Argo sukses dinobatkan sebagai Best Picture di tahun 2013. Di sela-sela peran barunya sebagai Batman, Affleck tengah mempersiapkan film terbarunya, Live by Night.