Brilio.net - Kehamilan menjadi momen yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri, tak terkecuali bagi kalangan selebritis. Jadi publik figur, kehidupan pribadi seolah jadi konsumsi publik. Jika dilihat dari kalangan selebriti Tanah Air, proses kehamilan sejak awal hingga persalinan selalu menarik bagi penggemar.  

Jika dilihat dari kalangan selebritis Tanah Air, mengumumkan kabar gembira adalah momen pertama kali yang akan dilakukan, terutama pada sang suami. Misalnya saja membuat video pendek atau foto dengan tema unik untuk mengabarkan kehamilan. Seperti halnya yang dilakukan Raisa, pelantun tembang 'Terjebak Nostalgia' mengumumkan kehamilannya lewat sebuah video pendek yang diunggah di akun Instagram dan YouTube-nya.

Raisa membagikan video yang merekam ekspresi bahagia Hamish saat melihat hasil test pack. Ada pula beberapa artis lainnya yang mengunggah foto dirinya dan pasangan dengan memegang hasil USG, serta masih banyak cara unik lainnya.

Cara-cara unik yang dilakukan selebritis ini kemudian menjadi tren dan diikuti banyak orang. Bahkan tak sedikit dari mereka melakukan hal serupa untuk menunjukkan rasa bahagianya atas kehadiran momongan. Usai membagikan kabar kehamilan, para selebriti mulai memberikan perkembangan masa kehamilan.

Selama masa kehamilan, mereka melewati dengan serangkaian kegiatan mulai dari foto maternity, bridal shower, hingga doula. Hal ini seperti menjadi tren yang wajib dilakukan oleh kalangan selebritis.

Loading...

Apa saja sih yang menjadi tren kehamilan di kalangan seleb? berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (13/12).

1. Bagikan kabar kehamilan lewat foto USG.

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: Instagram/@rinni_w

Pamer foto USG jadi tren yang kerap dilakukan oleh kalangan selebritis. Terkadang mereka mengumumkan kehamilannya dengan mengunggah foto USG dengan berbagai gaya. Misalnya saja yang dilakukan oleh pasangan seleb Rini dan Jevin. Dalam unggahannya Rini tengah memegang hasil USG dan sang suami, Jevin sedang memeluk dirinya.

Foto tersebut kemudian diunggah ke akun Instagram pribadinya @rinni_w dengan menuliskan rasa syukur dan harapan besar atas kehamilannya tersebut. Rini merupakan salah satu contoh, beberapa selebritis lainnya juga melakukan hal yang sama seperti Tarra Budiman dan Gya Sadiqah yang mengumumkan kehamilannya lewat unggahan foto USG.

2. Babymoon.

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: Instagram/@ringgoagus

Saat ini istilah babymoon menjadi begitu akrab di kalangan selebritis. Babymoon sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Sheila Kitzinger, seorang penulis buku kehamilan dan kelahiran asal Inggris. Menurut Kitzinger, babymoon adalah honeymoon sebelum melahirkan si kecil.

Istilah babymoon biasanya dijalani ketika memasuki usia tujuh bulan. Tentu, sebelum menjalani babymoon harus melewati konsultasi dari dokter. Untuk kalangan selebriti sendiri, tren seperti ini begitu melekat. Banyak dari mereka melewati kehamilan dengan babymoon bersama pasangan. Salah satu contohnya adalah  Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck. Mereka berdua pergi ke Pulau Dewata, Bali untuk menikmati babymoon.  

3. Foto maternity.

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: Instagram/@atiqahhasiholan

Foto maternity merupakan hal yang tak dilupakan oleh kalangan selebriti. Mereka ingin merekam masa kehamilan dengan perubahan fisik yang terjadi. Konsep yang diusung beragam, mulai dari konsep mewah hingga sederhana. Pemotretan maternity itu sendiri dilakukan untuk mengabadikan momen saat si janin masih dalam kandungan.

Hampir semua seleb memiliki foto maternity saat kehamilannya. Mereka tampil dengan berbagai macam gaya. Terkadang melihat foto-foto maternity para seleb ini membuat siapapun ingin mengabadikan momen seperti itu. Salah satu contohnya pasangan Rio Dewanto dan Atiqah Hasiholan. Dalam unggahannya, pasangan ini berfoto dengan tema yang sangat sederhana. Pakai kaus dan riasan tipis dan berpose mesra.

4. Baby shower.

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: instagram/@septriasaacha

Di zaman modern seperti ini ada saja kegiatan unik yang dilakukan untuk menyambut kebahagian. Seperti halnya untuk menyambut hari kelahiran seorang bayi sebegaian orang menggelar sebuah perayaan. Perayaan tersebut dikenal dengan istilah Baby Shower.

Baby Shower sendiri merupakan tren barat yang berasal dari Amerika Serikat dan kini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Jika dilihat dengan saksama perayaan baby shower memang berbeda dengan acara tujuh bulanan adat Jawa, Sunda, maupun tradisi adat lainnya. Namun keduanya memiliki makna sama yakni menunjukkan rasa syukur kegembiraan untuk menyambut calon buah hati yang akan segera lahir di dunia.

Di kalangan selebriti sendiri, budaya barat ini begitu digemari. Tak sedikit dari mereka melakukan baby shower. Salah satunya, artis cantik Acha Septriasa. Ia merayakan baby shower anak pertamanya di Sidney, Australia bersama sahabat-sahabatnya. Hanya perayaan sederhana, tapi cukup mengagumkan.

5. Doula.

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: Instagram/@ardinarasti6

Doula merupakan pendamping persalinan. Tugas seorang doula adalah mendampingi calon mama selama proses kehamilan dan melahirkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan afirmsi positif dan membantu calon mama menikmati masa kehamilannya. Kini peran doula begitu penting. Tak sedikit dari masyarakat terkini menggunakan jasa doula. Tak ketinggalan, kalangan artis juga turut membutuhkan jasa doula.

Seperti halnya yang pernah dilalui oleh Ardina Rasti. Saat persalinan, istri Arie Andika melahirkan seorang anak laki-laki secara normal dengan didampingi doula. Namun Ardina Rasti bukan satu-satunya selebriti yang menggunakan jasa doula. Beberapa lainnya juga melakukan hal serupa, seperti Caca Tengker, Nycta Gina, dan Rachel Vennya.

6. Waterbirth. 

kehamilan di kalangan seleb istimewa

foto: Instagram/@andienaisyah

Proses persalinan di air atau waterbirth merupakan metode yang sudah cukup lama ada. Waterbirth dianggap bisa mengurangi rasa sakit sang ibu dibanding persalinan normal maupun caesar. Proses melahirkan seperti ini menjadi salah satu yang begitu digemari, terutama di kalangan selebritis.

Sebagian besar selebritis Tanah Air melakukan persalinan melalui metode waterbirth. Misalnya saja Andien Aisyah. Penyanyi solo satu ini memilih untuk melakukan persalinan di dalam air. Proses kelahirannya dilakukan di rumah dengan bantuan bidan.  Untuk melahirkan menggunakan metode ini sebenarnya bisa dilakukan di beberapa tempat tertentu.

7. Merekam momen melahirkan.

Melahirkan merupakan momen sakral bagi setiap perempuan. Layaknya sebuah pernikahan, melahirkanpun kini menjadi keharusan untuk diabadikan. Momen persalinan kini bisa didokumentasikan secara profesional. Bahkan jasa untuk hal ini sudah sangat mudah ditemukan. Di kalangan artis sendiri, mengabadikan momen persalinan baik berupa foto maupun video merupakan suatu keharusan.

Hampir semua selebriti tanah air memiliki momen persalinan. Mereka kerap mengunggah momen persalinan tersebut ke akun media sosial mereka. Jika dilihat, momen melahirkan tersebut begitu mengharukan. Sebuah perjuangan yang sangat sulit dilupakan bagi seorang ibu.

Tentu tren yang dijalani oleh selebritis Tanah Air tak semuanya bisa diterapkan dalam kehidupan. Tergantung masing-masing individu apakah akan mengikuti tren atau sebaliknya.