Brilio.net - Pergi ke luar rumah saat pandemi virus corona memang membuat diri menjadi was-was. Sebab, risiko tertular menjadi lebih besar dibandingkan jika di rumah saja.

Jika memang kondisi memaksa harus ke luar rumah, maka wajib menerapkan standar perlindungan seperti mengenakan masker. Termasuk ketika kamu harus pergi ke supermarket atau pasar untuk membeli bahan makanan.

Selebriti Maya Septha punya tips untuk kamu yang harus ke supermarket. Wanita kelahiran Jakarta, 12 September 1986 ini memang cukup sering membagikan tips-tips kehidupan melalui Instagramnya.

Kira-kira apa saja tips belanja ke supermarket? Berikut 7 tips belanja ke supermarket saat pandemi corona ala Maya Septha, brilio.net melansir dari Instagram @mayaseptha7 pada Senin (20/4).

1. Belanja secukupnya.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mayaseptha7

Belilah barang secukupnya karena distribusi barang memerlukan waktu. Pastikan cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota keluarga sampai beberapa hari.

2. Tetap jaga jarak.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jaga jarak minimal 1 meter dengan pengunjung supermarket supaya semua nyaman dan aman.

3. Memakai masker kain.

5 Cara mencegah jerawat muncul karena sering pakai masker kain © 2020 brilio.net

foto: istimewa

Cukup pakai masker kain saat ke luar rumah. Pastikan masker langsung dicuci setiap kali habis pakai, agar masker tetap bersih. Mengingat saat ini masker tiga lapis, langka dan sangat mahal.

4. Menggunakan kacamata.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: freepik

Jika perlu, gunakan kacamata agar dapat melindungi mata dari cipratan droplets dari batuk atau bersin seseorang.

5. Memakai sarung tangan.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: pixabay

Pakailah sarung tangan plastik, jangan gunakan sarung tangan medis karena tenaga medis seperti dokter dan perawat di rumah sakit jauh lebih membutuhkan dari kita. Atau jika tidak memakai sarung tangan, pastikan selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir.

6. Jangan memegang wajah.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: freepik

Selama berbelanja di supermarket, jangan sentuh bagian wajah seperti mata, hidung dan mulut sebelum mencuci tangan atau sebelum memastikan tangan steril dan bersih.

7. Langsung mandi setelah belanja.

Tips ala maya septha © 2020 brilio.net

foto: freepik

Setelah berbelanja di supermarket, segeralah mandi saat sampai rumah. Cuci rambut, ganti dan cuci baju yang dipakai ketika ke luar rumah. Setelah badan bersih, baru boleh berinteraksi dengan keluarga di rumah.