Brilio.net - Pernikahan adalah momen sakral di kehidupan seseorang. Tiap orang pasti ingin pernikahannya menjadi momen yang tak terlupakan sepanjang hidup. Supaya menjadi kenangan yang indah, setiap orang pasti mempersiapkan pernikahannya dengan baik. Mulai busana, dekorasi, dan menentukan tema pernikahan akan memakai adat tradisional atau modern.

Beberapa penyanyi di Tanah Air pun memilih adat Jawa untuk pernikahannya. Mereka tampil anggun mengenakan riasan paes Jawa ketika dipersunting oleh pasangan masing-masing. Paes merupakan lekukan pada bagian dahi hingga anak rambut pengantin perempuan, yang dibuat dari pidih atau sejenis lilin berwarna hitam.

Paes Jawa terdiri dari dua jenis, yaitu paes gaya Yogyakarta dan gaya Solo, di mana keduanya memiliki ciri dan makna masing-masing. Pengantin yang dirias menggunakan paes biasanya akan terlihat manglingi. Seperti para deretan penyanyi di Indonesia ini, wajah mereka pun manglingi saat memakai riasan paes Jawa ketika menikah.

Berikut 7 penyanyi pakai riasan paes Jawa saat menikah seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (30/10).

1. 24 Oktober lalu, Ashilla mantan personel girlband Blink telah resmi menjadi istri Heisel Bolang. Menikah dengan adat Jawa, Ashilla pun tampil dengan paes Solo putri. Melihat penampilan Ashilla, banyak warganet pangling melihatnya.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ashzahrantiara

"Pangling banget, tambah cantik banget selamat mbash," tulis salah satu warganet di kolom komentar unggahan terbaru Ashilla di Instagram.

2. Isyana Sarasvati mengusung adat Jawa di pernikahannya yang berlangsung pada 2 Februari 2020 lalu. Isyana memakai paes Jogja putri lengkap dengan mawar di belakang sanggul dan tiga cunduk mentul di kepala.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@marlenehariman

3. Oktober 2020 lalu, Tata Janeeta resmi menikah dengan Brotoseno. Di pernikahannya yang ke-3 ini, Tata juga mengusung adat Jawa, dengan riasan paes Jogja putri seperti Isyana Sarasvati.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tatajaneetaofficial

4. Vicky Shu meresmikan hubungannya dalam ikatan pernikahan dengan seorang pria bernama Ade Imam pada 23 September 2017. Pernikahan dengan adat Jawa tersebut berlangsung di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Vicky Shu tampil cantik dengan riasan paes Jawa dodotan.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@vickyshu

5. Pasangan Nagita Slavina dan Raffi Ahmad juga mengusung adat Jawa. Nagita tampil mengenakan dodot atau kemben dari kain batik, serta riasan paes Jawa. Manglingi ya?

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: fimela.com

6. 2018 Silam, penyanyi sekaligus aktris Ardina Rasti menikah dengan Arie Dwi Andhika. Ardina Rasti tampil anggun dengan kebaya warna putih dan riasan paes Jawa.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ardinarasti6

7. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Mamamia, Mytha Lestari dipersunting Barry Maheswara pada 2017 lalu. Mengusung adat Jawa, Myta tampil cantik dalam balutan kebaya putih dan paes Solo.

Penyanyi pakai riasan paes Jawa © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@mytha_lestari

(brl/lin)

(brl/lin)