Brilio.net - Pada umumnya, keluarga dari seseorang yang sudah meninggal akan mengadakan doa bersama untuk memperingati 7 hari meninggalnya anggota keluarga mereka. Seperti yang dilakukan Teddy Syach bersama keluarga dan teman-teman dekatnya yang menggelar doa bersama untuk almarhumah Rina Gunawan.

Tak terasa sudah 7 hari Rina Gunawan meninggalkan keluarga dan industri hiburan Tanah Air. Rina meninggal dunia pada Selasa (2/3) dan telah dimakamkan di TPU Tanah Kusir pada Rabu (3/3) dengan prosesi pemakaman sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Untuk memperingati 7 hari kepergian Rina Gunawan, pihak keluarga akan menggelar pengajian atau tahlilan hari ini, Selasa (9/3). Namun karena pandemi, tahlilan tersebut tak dihadiri oleh banyak orang. Tahlilan hanya dilakukan oleh keluarga dan orang terdekat saja.

Teddy Syach gelar tahlilan online © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com/Budy Santoso

Loading...

"Besok (hari ini) tujuh harian dibagi dua sesi. Ba'da ashar khusus untuk ibu-ibu dan perempuan. Nanti ba'da isya untuk laki-laki," jelas Teddy Syach di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, dikutip dari liputan6.com, Selasa (9/3).

"Mungkin (yang ikut tahlilan) nggak banyak, ya, sekitar 15 sampai 20 orang," lanjutnya.

Untuk menggelar tahlilan tersebut, Teddy Syach dan keluarga mengaku tak ada persiapan khusus. Mereka akan menyambut baik kehadiran keluarga yang ingin berpartisipasi untuk tahlilan tujuh hari meninggalnya Rina Gunawan.

"Nggak ada persiapan khusus. Tapi, ya, kita di rumah mempersiapkan saja untuk, mungkin ada saudara atau kerabat mendiang, yang hadir. Secara khusus kami tidak mengundang. Namun, kalau mereka datang, kami persilakan. Kami tidak dihentikan niat baiknya," kata Teddy.

Teddy Syach gelar tahlilan online © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@hedi_yunus

Lantaran tak memungkinkan untuk mengundang banyak orang di kediamannya, Teddy Syach pun menyiapkan tahlilan online untuk kerabat yang ingin berpartisipasi dalam tahlilan 7 hari meninggalnya Rina Gunawan.

"Ada link Zoom yang dibuka dan itu (bisa dihadiri) sampai sekitar tiga ribu orang," tuturnya.

Sebelumnya, sejumlah rekan artis yang tergabung dalam Gabungan Artis Seniman Sunda (GASS) juga menggelar tahlilan virtual untuk mendiang istri Teddy Syach tersebut. Hedi Yunus sebagai salah satu sahabat Rina Gunawan mengajak sejumlah seniman artis seperti Armand Maulana, Dewi Gita, Yuni Shara, Krisdayanti dan lain sebagainya untuk tahlilan online pada malam setelah Rina Gunawan dimakamkan.