Brilio.net - Sebagai seorang publik figur tentu selalu ingin menghibur para penggemarnya. Meskipun di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah, tak menyurutkan semangat para seleb ini untuk menyajikan konten menarik melalui media sosial.

Hal itu pula yang dilakukan oleh Dian Sastrowardoyo, yang belakangan ini berbagi konten video inspiratif melalui akun Instagram pribadinya, @therealdisastr. Bahkan menjadi lebih menarik karena proses pengambilan gambar dalam video ini seluruhnya menggunakan smartphone canggih, Samsung Galaxy S20 Ultra.

Ya, wajar saja, Samsung Galaxy S20 Ultra miliknya itu bisa memaksimalkan kemampuan merekam video HDR untuk memberikan komposisi brightness dan contrast yang sempurna. Selain itu smartphone canggih ini disertai fitur Super Steady 2.0 untuk mendapatkan hasil video yang stabil, minim guncangan dan hasilnya menjadi lebih dramatis.

“Pada masa Ramadhan #DiRumahAja, kita punya waktu lebih untuk berkreasi dan mewujudkan beberapa ide yang tertunda, dan dengan adanya media sosial, memudahkan kita berbagi cerita dan konten untuk saling support serta menjalin kembali tali silaturahmi kita," ujar Dian Sastro dalam online workshop bertajuk #GetTroughThisTogether #WithSamsungS20 baru-baru ini.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@therealdisastr

Dalam kesempatan itu, ibu dua anak itu juga berbagi tips untuk mengabadikan momen di rumah agar masyarakat dapat bersama-sama menebarkan konten positif dan kreatif di masa karantina. Hmmm, seperti apa ya tipsnya?

Berikut 6 tips bikin konten menarik ala Dian Sastro selama di rumah aja karena adanya pandemi corona. Dijamin tetap kreatif dan produktif meski hanya dari rumah.

1. Memaksimalkan kemampuan smartphone yang kita miliki.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Salah satu aspek terpenting dalam mengabadikan sebuah momen ialah memaksimalkan apa yang ada di dekat kamu. Dan smartphone kitalah yang siap untuk mengabadikan momen kapan pun dengan mudah. Maksimalkan setiap fitur yang ada untuk menciptakan foto dan video yang optimal ala kamu sendiri.

2. Mengambil gambar dengan angle unik.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Kita dapat mencoba untuk mengambil foto dalam keadaan pencahayaan natural dengan memaksimalkan cahaya matahari ataupun dalam keadaan pencahayaan yang lebih rendah untuk hasil yang lebih dramatis.

Pada masa self-quarantine ini, kita dapat lebih mengenali spot-spot di rumah dan mengeksplor kembali sudut-sudut unik yang ada.

Setelah kita menemukan spot yang sesuai, abadikan dengan bentuk foto seunik mungkin dan jangan takut untuk bermain dengan cahaya. Dian menggarisbawahi, ia bisa mendapatkan hasil foto yang terang dan tidak grainy dalam berbagai kesempatan berkat fitur Nona-Binning pada kamera 108MP milik Samsung Galaxy S20 Ultra.

3. Selain foto, konten video harus terus dipelajari dan memaksimalkan fiturnya.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Di era Next Level Content, tidak hanya foto yang dapat berbicara, video juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk bercerita lebih jauh dan lebih menarik.

Ekspresikan ceritamu dalam bentuk video seunik mungkin. Dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, Dian memanfaatkan fitur Super Steady 2.0 yang dapat menahan guncangan hingga 60 derajat untuk membuat video yang lebih smooth.

Karena Dian sering mengambil video sambil bergerak, fitur Super Steady 2.0 sangat memudahkan Dian untuk mengambil video sambil berjalan ataupun ketika berlari-lari dengan anak-anak.

Selain itu, Dian juga memaksimalkan kemampuan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk merekam dalam resolusi 8K untuk mengabadikan momen-momen indah lebih detail lagi dengan kualitas cinematic, misalnya saat mengambil video rintikan air hujan, ataupun dedaunan yang bergerak tertiup angin.

4. Ambil video foto dan video sebanyak mungkin.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Jangan takut untuk capture setiap momen sebanyak-banyaknya. Dari beragam fitur yang ditawarkan oleh Galaxy S20 series, fitur Single Take adalah salah satu fitur favorit Dian.

Fitur Single Take membantu Dian untuk tidak melewatkan momen dan bisa menghasilkan foto dan video lebih banyak dalam satu kali ambil. Dengan fitur ini Dian dimudahkan untuk menentukan apakah harus menggunakan mode foto, video, atau mengganti pengaturan kamera. Ketika diaktifkan, Single Take akan mengambil 14 detik footage dan dapat langsung menghasilkan hingga 10 foto dan 4 video.

Foto yang dihasilkan pun akan diberi efek yang beragam seperti; Filter, Live Focus, ataupun Smart Crop. Sementara untuk video, fitur Single Take akan memberikan efek seperti Fast-Forward, Reverse, dan Boomerang.

5. Peka terhadap lingkungan sekitar.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Menurut Dian, ketika ingin membuat konten di rumah, setiap saat harus peka dan menyadari setiap detail kecil yang ada di rumah, karena itu bisa menambah keindahan pada sebuah video.

"Pokoknya harus eksplor sisi angle dan lighting. Jadi bisa dapetin hal-hal, misalnya kayak daun kering yang biasanya kita anggap remeh, tapi saat buat konten itu menarik dan hasilnya beautiful jadi tinggal dijahit. Tentunya juga harus disesuaikan dengan pesan yang mau kita buat di video itu," ujar aktis cantik yang melekat dengan karakter Cinta ini.

6. Mencari waktu yang tepat.

diansastro instagram © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@therealdisastr

Selama membuat konten apapun, Dian mengaku membuatnya sendiri di rumah hanya dengan smartphone. Biasanya, untuk mendapatkan hasil maksimal tanpa ada gangguan, Dian melakukan syuting atau foto saat pagi hari setelah sahur di mana semua keluarga sedang tidur.

"Kalau syuting di rumah kendalanya pasti rumah sepi. Jadi aku ambil magic momen itu jam 7 sampai jam 9. Jam 9 anak bangun, aku beraktivitas sama mereka. Aku ngorbanin tidur aku, jadi lumayan menahan rasa lelah dan ngantuk," tutup Dian.