Brilio.net - Perubahan iklim menjadi permasalahan yang serius di dunia hingga saat ini. Bahkan Indonesia masih dianggap sebagai negara dengan tingkat kepercayaan perubahan iklim yang rendah. Maka dari itu diperlukan adanya upaya sosialisasi untuk bisa mengajak masyarakat ikut peduli dengan perubahan iklim.

Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) merilis video berjudul, 'Selamatkan Indonesia 2045 dari Ancaman Darurat Iklim,' dalam acara FPCI Climate Campaign Celebrity Video Launch yang diadakan melalui video meting, Senin (5/4). Dalam kampanye ini, FPCI juga menggaet sejumlah selebriti Tanah Air agar bisa mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Pada 2045, diperkirakan suhu bumi akan naik 3-4 derajat Celcius. Ini akan menjadi suhu terpanas dalam catatan sejarah manusia.

Jika hal tersebut terjadi, maka bumi terancam sakit parah yang mengakibatkan gunung es Antartika terus mencair, cuaca ekstrem, air laut naik hingga bencana alam mengerikan lainnya. Maka dari itu para artis seperti Mikha Tambayong hingga Julie Estelle turut aktif mengampanyekan aksi peduli hingga mengubah gaya hidupnya menjadi lebih ramah lingkungan sebagai upaya mengurangi dampak perubahan iklim.

Berikut aksi sederhana para artis ini dalam menunjukkan kepedulian perubahan iklim, dilansir brilio.net dari beberapa sumber, Selasa (6/4).

Loading...

1. Mikha Tambayong.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: Instagram/@miktambayong

Mikha Tambayong menunjukkan aksi peduli terhadap perubahan iklim dengan membiasakan mulai dari diri sendiri. Dia mengaku untuk bisa hemat listrik dan tidak membuang sampah sembarangan. Dia berharap agar apa yang dilakukan mampu untuk mengajak generasi muda peduli dengan perubahan iklim.

2. Chelsea Islan.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: Instagram/@chelseaislan

Artis cantik Chelsea Islan menyadari bahwa setiap tahunnya ada sampah plastik di dunia yang dibuang ke lautan. Hal ini tentunya akan mencemari lingkungan dan berdampak buruk pada keselamatan biota laut.

Chelsea Islan telah menerapkan gaya hidup ramah lingkungan tersebut dengan cara mendaur ulang sendiri sampah plastik di rumah. Selain itu, dirinya juga menggunakan kembali sampah plastik tersebut sebagai barang yang berguna. Chelsea Islan berkomitmen untuk bisa mengurangi penggunaan plastik di kehidupan sehari-hari.

3. Cinta Laura Kiehl.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: instagram/@claurakiehl

Tidak hanya cantik dan berprestasi, artis blasteran Indonesia-Jerman ini juga memiliki kepedulian tinggi pada isu sosial dan lingkungan di sekitarnya. Dari kecil Cinta Laura sudah diajarkan oleh keluarganya untuk 'hidup hijau'.

Di rumahnya, Cinta Laura memiliki tiga tempat sampah yang disesuaikan dengan jenisnya. Dirinya juga mengaku untuk tidak asal memakai botol plastik.

4. Dian Sastrowardoyo.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: Instagram/@therealdisastr

Artis sekaligus aktivis lingkungan ini telah membiasakan dirinya untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kesehariannya. Dian Sastrowardoyo tidak ingin sampah plastik nantinya bisa membahayakan masa depan anak dan cucunya kelak. Hal inilah yang membuka pikirannya untuk ikut dalam aksi peduli perubahan iklim.

5. Wulan Guritno.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: Instagram/@wulanguritno

Wulan Guritno yang ditunjuk oleh WWF sebagai Wild Life Warrior ini telah menerapkan gaya hidup yang ramah lingkungan di rumah. Wulan Guritno memberikan contoh kepada anak-anaknya untuk tidak buang sampah sembarangan dan save water.

Dia mengaku khawatir dengan kehidupan anak dan cucunya nanti jika bumi semakin rusak. Masalah ancaman perubahan iklim dan krisis pangan semakin nyata. Selain itu, Wulan Guritno juga menerapkan pada asisten rumah tangganya agar tidak belanja dengan menggunakan plastik melainkan totebag.

6. Julie Estelle.

seleb peduli perubahan iklim istimewa

foto: Instagram/@julstelle

Julie Estelle menyampaikan kepeduliannya terhadap perubahan iklim melalui video 'Selamatkan Indonesia 2045 dari Ancaman Darurat Iklim’. Dirinya berharap semua bisa sadar untuk menghindari ancaman darurat iklim yang saat ini terjadi.

"Menjaga hutan kita, menghijaukan pembangunan, melalui video ini pula saya harap orang-orang peduli dengan perubahan iklim darurat ini," ucap Julie Estelle. Dalam akun Instagram pribadinya, Julie Estelle juga mengajak masyarakat untuk ikut tanda tangani petisi change.org/daruratiklim.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Julie Estelle (@julstelle)

Reporter: Syeny Wulandari