Brilio.net - Di beberapa negara mengonsumsi minuman beralkohol merupakan hal yang legal, termasuk beberapa negara dikawasan Asia. Nggak salah kalau kamu berkunjung ke negara seperti Jepang, Hong Kong dan Korea Selatan minuman beralkohol bisa dengan mudah ditemui di berbagai supermarket.

Korea Selatan bahkan menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan tingkat konsumsi minuman beralkohol tertinggi di dunia. Bukan tanpa alasan predikat tersebut dijatuhkan kepada Negeri Ginseng itu, di sana meminum alkohol sudah menjadi budaya bagi masyarakat Korea. Minuman beralkohol menjadi salah satu hidangan wajib dalam berbagai kesempatan seperti berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman.

Meskipun mabuk menjadi hal yang wajar di Korea Selatan, tapi mereka memiliki aturan yang ketat bagi warganya yang ketahuan menyetir saat mabuk. Bagi mereka yang tertangkap kamera saat menyetir dalam kondisi mabuk maka hukumannya bisa berupa denda, pencabutan SIM hingga kurungan penjara. Sayangnya, nggak semua warganya bisa taat peraturan nih. Banyak dari mereka yang harus berurusan dengan polisi gara-gara perkara ini.

Termasuk para selebriti Korea ini, mereka harus berurusan dengan polisi gara-gara ketahuan menyetir dalam kondisi mabuk. Kabar tersebut juga berimbas dengan citra mereka sebagai publik figure yang harusnya memberi contoh baik bagi para penggemarnya. Siapa saja mereka? Yuk langsung simak enam seleb Korea yang tertangkap polisi karena nyetir sambil mabuk dari berbagai sumber, Kamis (15/2).

1. Kangin Super Junior.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 Pada Mei 2016 lalu, para penggemar K-Pop khususnya Super Junior dibuat kaget dengan tertangkapnya salah satu member Suju yakni Kangin. Ia harus berurusan dengan polisi setelah tertangkap kamera CCTV menyetir dalam keadaan mabuk yang mengakibatkan mobilnya menabrak sesuatu di depan sebuah mini market di kawasan Sinsa-dong, Gangnam. Akibatnya, penyanyi berusia 33 tersebut harus berhenti dari segala aktivitas dunia keartisannya hingga sekarang.


2. Nichkhun 2PM.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 

Tahun 2012 lalu, Nichkhun 2PM terlibat dalam sebuah kecelakaan dengan menabrak sebuah pengendara motor di kawasan Gangnam. Dalam tubuh idol asal Thailand tersebut ditemukan kandungan alkohol sebesar 0,056% yang merupakan ambang batas normal. Akibatnya, Nichkhun harus berurusan dengan polisi dan membayar seluruh biaya perawatan korban.

3. Yoon Sungmo Supernova.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 Salah satu member dari boy grup bernama Supernova besutan Maroo Entertainment, yaitu Yoon Sunmo juga harus berurusan dengan polisi akibat menyetir sambil mabuk pada 2016 lalu. Ia juga sempat menyebabkan kekacauan di kawasan Seokchan-dong, Seoul.

4. Gil Leessang.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 Gil merupakan salah satu member duo hip hop bernama Leesang. Pria bernama lengkap Gil Sung Joon tersebut juga pernah tertangkap polisi karena mengemudi dalam kondisi mabuk pada tahun 2014 lalu. Dalam tubuhnya ditemukan kandungan alkohol sebesar 0,109%, akibatnya SIM milik Gil dibatalkan dan ia harus menjalani prosedur hukum lainnya.

5. Kim Hyun-joong.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 Kim Hyun-joong juga harus berurusan dengan polisi karena kedapatan mengemudi dalam kondisi mabuk pada Maret 2017 lalu. KeyEast Entertainment selaku Agenci tempatnya bernaung menjelaskan, bahwa member SS501 tersebut hanya menyetir dalam jarak yang tak lebih dari 1 km karena ingin memindahkan mobilnya. Namanya sudah menjadi peraturan, Hyun-joong tetap harus menerima sanksi berupa pencabutan SIM untuk sementara.

6. Jun.K 2PM.

Seleb Korea ketahun nyetir sambil mabuk  © 2018 brilio.net

 Satu lagi member 2PM yang juga tertangkap polisi karena menyetir dalam kondisi mabuk. Jun.K tertangkap pihak berwajib saat menyetir dalam kondisi mabuk pada 10 Februari lalu.

Dalam tubuh penyanyi bernama lengkap Kim Min-jun tersebut ditemukan kandungan alkohol sebesar 0,0074% yang mengakibatkan SIM-nya ditahan pihak berwajib. Setelah kejadian ini, Jun.K menyatakan akan berhenti sementara dari kegiatan keartisannya.