1. Persiapan pengamanan sudah dari tiga minggu lalu.

Fakta pengamanan Kaesang-Erina © 2022 Instagram

foto: Instagram/@kaesangp

Proses persiapan pengamanan pernikahan Kaesang dan Erina sudah dari tiga minggu yang lalu. "Kita mulai proses ini sejak tiga minggu lalu. Perencanaan, Bapak Pangdam paparan ke saya di Jakarta, kita koreksi, diperbaiki, kembali lagi paparan sampai tiga kali," kata Andika Perkasa dalam sesi wawancara.

Hal ini dilakukan supaya proses pengamanan sempurna dan tidak adanya kekurangan demi kelancaran pernikahan anak bungsu Presiden Joko Widodo.

2. Rute pengamanan dari Jogja-Solo.

Fakta pengamanan Kaesang-Erina © 2022 Instagram

foto: Instagram/@kaesangp

Untuk rute pengamanan pernikahan Kaesang-Erina, dimulai dari kediaman rumah Erina yang berada di Sleman, Yogyakarta.

"Tadi rute mulai dari Sleman, rumah calon mempelai wanita kan di Sleman. Dari Sleman, masuk Klaten, masuk ke Boyolali, ke Surakarta. Itu sepanjang rute saya temukan beberapa evaluasi. Ada beberapa kekurangan personel, kita hadirkan lagi sekitar 300 personel," tuturnya.

3. Pengamanan di Loji Gandrung.

Fakta pengamanan Kaesang-Erina © 2022 Instagram

foto: Instagram/@kaesangp

Setelah pengamanan dari posko atau kediaman Erina Gudono, Andika Pratama kemudian membocorkan lapisan pengamanan di Loji Gandrung yang diperkuat Paspampres.

"Baru kita mulai dari Loji Gandrung, di situ ada ring 1 yang di bawah Paspampres. Ring 2 dan ring 3 di bawah Pangdam, itu juga ada beberapa evaluasi," urai Andika Perkasa kepada para jurnalis.

Personel yang akan mengamankan prosesi pernikahan ini mencapai belasan ribu. Diharapkan, rangkaian prosesi pernikahan dari pengajian hingga syukuran di Pura Mangkunegaran Solo berjalan mulus.