Brilio.net - Siapa yang tak mengenal Cici Panda? Pemilik nama lengkap Veronica Felicia Kumala ini dikenal sebagai penyiar radio sekaligus presenter kondang di Indonesia. Namanya semakin melejit usai menjadi pemandu acara Katakan Cinta yang sempat hits di awal 2000an. Beberapa bulan lalu, Cici Panda bersama suami, Marcel Aditya memutuskan untuk menetap di Bali. Hal tersebut disebabkan karena alasan pekerjaan.

Panda dan Marcel pun memboyong anak semata wayangnya, Alika Annabelle Pandrya ke Pulau Dewata. Kepindahan Cici Panda dan keluarga di Bali telah berlangsung sekitar enam bulan. Meski begitu, wanita kelahiran Makassar ini memilih untuk bolak-balik Jakarta-Bali karena masih bekerja sebagai presenter di Jakarta. Hal tersebut telah dilakoninya sekitar empat bulan hingga kini.

Keputusan untuk bekerja di Jakarta dan meninggalkan keluarga di Bali menjadi pilihan yang dijalani Cici Panda. Beberapa bulan berjalan, wanita 34 tahun ini mulai mendapat keluhan dari buah hatinya, Alika. Buah hatinya mengeluh ketidakhadiran sang mama di sisinya dalam keseharian. Sebagai seorang ibu, hati Panda pun remuk. Ia pun merasakan kebimbangan yang biasa dialami wanita karier sekaligus ibu. Hal tersebut ia curahkan melalui postingan panjang di Instagram.

cipan karier dan anak © 2017 brilio.netfoto: Instagram/@pandasuper

"Udah 6 bulan pindah ke Bali, 4 bulan pertama masih rajin bolak-balik Jakarta untuk syuting.. mana mungkin kan melepas karier sebagai TV presenter begitu aja, apalagi ini hasil kerja keras bertahun-tahun.

Loading...

.

Sampai suatu saat bocah mulai menyuarakan kegelisahannya

"Alika seneng deh kalo mama bisa ikut anter jemput sekolah"

"Mama emang harus ya ke Jakarta?" "Ma, Alika cuma bisa ditinggal mama 6 hari, lebih dari itu Alika gak tahan"

"Mama lama kan di Balinya?"

.

Hati ini langsung remuk rasanya.. bahasa jaman sekarang, galau maksimal.. Kalo dulu masih tinggal di Serpong.. pagi pergi kerja dan kemudian sore atau malam pulang, berarti bocah masih ketemu mamanya setiap hari...

.

Tapi sejak pindah Bali? Mau gak mau harus meninggalkan bocah berhari-hari untuk syuting karena sekarang bolak-baliknya harus pake pesawat...

.

Mulai lah muncul konflik dalam diri.. mana yang kuutamakan.. eksistensi diri di dunia TV? Atau eksistensi dalam keseharian Alika?

.

"Ah tapi banyak kok anak yang tinggal berpisah dari kedua orang tuanya karena memang orang tuanya harus bekerja di tempat lain, dan anaknya keliatan baik-baik aja" .

.

"Tapi masalahnya, Alika udah bersuara loh.. dia butuh mamanya.. dia sedih kalo ditinggal keluar kota"

Dua argumen itu muncul di kepala...

.

Tapi nampaknya alam semesta ini pun bekerja seirama dengan kegelisahan Alika.. Awal november asistenku yang udah bersama hampir 4 taun harus kembali ke Jakarta untuk selamanya.. berarti support systemku menghilang...

.

Siapa yang urus rumah? Siapa yang bantu urus 9 anabul? Masa iya dilimpahkan semua ke suami? Trus kalo suami aku kerja, Alika gimana?

.

"Ya elah cipan, cari aja kali asisten baru! ribet amat"

Yup! Emang ribet... gak mudah cari orang yang bisa dipercaya.. banyak hal berharga yang kupercayakan untuk dia rawat ketika aku harus bekerja.. plus, ada pesan lain yang kutangkap dari situasi ini...

.

Bahwa ini saatnya untuk "stripping" di kehidupan Alika dan suamiku.. dunia TV gak akan sedih kalo cici panda gak syuting.. tapi dunia Alika jadi muram kalo cici panda syuting terus.. (Lanjut di comment)," curhat Cici Panda melalui akun Instagram miliknya yang brilio.net lansir, Rabu (6/12).

Kegelisahan Panda merupakan hal yang kerap dialami oleh ibu sekaligus wanita karier. Kegalauan yang terjadi dalam benak juga dirasakan oleh warganet seperti komentar dari @denim4ryko, "hehhhh.. nyesek bacanya. Klo uda berbuntut ga bs bebas kerja.. seperti saya.. palagi suami masih blm mapan. Penghasilan abis buat makan , biaya sekolah, biaya dll.."

"@pandasuper : emang buat wanita karir pasti dilema itu ada. dl aku jg pernah ngerasain spt itu. disisi lain anak butuh kita tp emang hrs dikorbankan sementara waktu walaupun berat diawal memulai..," tulis akun @cienovie_liem.

Panda merasa binggung harus memilih menjadi ibu atau wanita karier. Pasalnya kedua hal tersebut merupakan hal penting dalam hidupnya. Kendati demikian, banyak warganet yang ikut memberikan komentar. Mereka menyarankan Panda untuk memprioritaskan keluarga, khususnya anak.

"Saya setuju cipan nikmati masa keemaaan anak mu,nanti ketika Alika dewasa kamu mungkin akan merindukan masa2 spt ini.... cari kegiatan/kesibukan positif lain tnp harus meninggalkan buah hati selama berhari2 ????????@pandasuper," tulis akun @melianaflorenzaa11.

"Itulah kehidupan berumah tangga.. aw lebih baik berhenti drpd tertinggal masa ceria dan tumbuh kembang anak.. selagi hasil suami memadai menutupi kebutuhan kenapa ga untk berhentii dr dunia tv cipan.. Semangatttt," kata akun @ena_laksono.

Di sisi lain, warganet pun mengungkapkan bahwa rezeki tak akan pernah hilang di mana pun berada.

"Cici artis terkenal banyak yang sudah mengenal cici..biar cici pindah ke bali yang namanya rejeki pasti uda diatur dan gak usa takut untuk melepas karir.. jangan biarkan alika merasa kesepian..dia pasti ingin mamanya slalu disampingnya..," ungkap akun @ganlina_yen.

"Pasti ada rejekinya ci...mo di bali rejeki dari akan ikut krmanapun emaknya alika pergi....tetep semangat mengutamakan klg tuhan pasti ganyi rejekinya dg cara lain," ungkap akun @awalia_hartadi.