Brilio.net - Lebih kurang 36 tahun sudah Didi Kempot berkarier di dunia musik Tanah Air. Ia memulai kariernya sebagai musisi jalanan di Kota Surakarta sejak tahun 1984. Tiga tahun berselang, pada 1987 ia pun mengadu nasib di Jakarta.

Kala itu, ia kerap berkumpul dan mengamen bersama teman-temannya di daerah Slipi, Palmerah, Cakung, dan Senen. Mulai dari situ, julukan 'Kempot' yang merupakan kependekan dari 'Kelompok Pengamen Trotoar' terbentuk, yang menjadi nama panggungnya hingga saat ini.

Menariknya, sembari mengamen di Jakarta, Didi Kempot dan temannya mencoba rekaman. Mereka lalu menitipkan kaset rekaman tersebut ke beberapa studio musik di Jakarta hingga akhirnya berhasil menarik perhatian label Musica Studio's.

Lepas dari itu, sepanjang kariernya Didi tentu saja tak selalu bernyanyi sendiri. Ada kalanya, ia mengajak penyanyi lain untuk turut berduet bersamanya.

Nggak cuma itu, beberapa waktu yang lalu bahkan ia sempat berkolaborasi dengan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo untuk menyanyikan lagu Ojo Mudik.

Nah, lalu siapa saja sosok yang pernah berduet dengan Lord Didi ini? Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (5/5), berikut 5 di antaranya.

 

1. Isyana Sarasvati.

teman duet didi kempot berbagai sumber

foto: fimela.com

 

Pada Malam Puncak Billboard Indonesia Music Awards 2020 Februari lalu, Didi Kempot sempat berduet dengan penyanyi cantik Isyana Sarasvati. Duet keduanya sukses mencuri perhatian netizen. Tak sedikit penonton yang bahkan turut bergoyang dan berdendang bersama.

 

2. Endank Soekamti.

teman duet didi kempot berbagai sumber

foto: liputan6.com


Didi Kempot juga pernah berkolaborasi dengan band punk asal Yogyakarta, Endank Soekamti.

"Di setiap album Endank Soekamti selalu ada bahasa Jawanya. Kami mengajak mas Didi Kempot karena beliau yang konsisten terhadap musik campursari dan sebagai ikon yang membawa musik daerah bisa diterima secara populer," ujar Erix Soekamti sang vokalis, dikutip dari Liputan6.

 

3. Soimah.

teman duet didi kempot berbagai sumber

foto: Instagram/@showimah

Duet Soimah dengan Didi Kempot pada pertengahan 2019 lalu juga sempat mencuri perhatian netizen. Penampilan keduanya dalam konser Didi Kempot di salah satu stasiun televisi terbilang sukses menyita perhatian.

 

4. Inul Daratista.

teman duet didi kempot berbagai sumber

foto: fimela.com

Tak hanya Soimah, Inul Daratista juga pernah tampil berduet dengan The Godfather of Broken Heart. Keduanya pun sempat membawakan lagu berjudul Jambu Alas dalam konser Didi Kempot di salah satu stasiun televisi.

 

5. Wali Kota Solo.

teman duet didi kempot berbagai sumber

foto: liputan6.com

Beberapa waktu lalu, Didi Kempot baru saja merilis lagu terbaru berjudul Ojo Mudik bersama Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Lagu tersebut merupakan salah satu bentuk imbauan yang disuarakan oleh Didi Kempot kepada masyarakat khususnya para Sobat Ambyar tentang larangan untuk tidak mudik terlebih dahulu.