Brilio.net - Beberapa waktu lalu media sosial tengah dihebohkan dengan postingan salah satu akun gosip yang mengunggah hasil wawancara Anggun C. Sasmi dengan majalah Playboy Indonesia pada tahun 2001 silam. Wawancara tersebut berisi mengenai alasan Anggun pindah kewarganegaraan Prancis. Sontak postingan tersebut pun kembali di bahas warganet yang pro dan kontra atas keputusan penyanyi berdarah Jawa itu.

Anggun sebenarnya bukan satu-satunya selebriti Tanah Air yang memilih untuk meninggalkan status kewarganegaraan Indonesia. Ada beberapa selebriti yang mengikuti jejaknya karena berbagai alasan. Ada yang karena menikah dengan warga negara asing, ada pula yang memang karena ingin membangun karier internasionalnya. Dilansir dari berbagai sumber, brilio.net sudah merangkum lima selebriti Tanah Air yang memilih kewarganegaraan lain karena berbagai alasan, Selasa (16/1).

1. Anggun C. Sasmi.

seleb pindah kewarganegaraan © 2018 berbagai sumber

foto; Instagram/@anggun_cipta

Loading...

Tahun 1994, Anggun C. Sasmi memulai karier internasionalnya dengan meninggalkan Indonesia dan pindah ke Prancis. Dari sana karier Internasional Anggun dimulai dengan bantuan seorang komposer besar Prancis bernama Erick Benzi pada tahun 1997. Album pertama Anggun berjudul 'Snow on the Sahara' dirilis lebih dari 33 negara di seluruh dunia. Ia pun menikah dengan Cyril Contana dan mengikuti sang mantan suami berkewarganegaraan Prancis. Keputusan besar tersebut diambil Anggun untuk mempermudah dirinya agar bisa melebarkan sayap sebagai penyanyi internasional. Meskipun sudah bukan WNI namun Anggun mengaku masih mencintai tanah kelahirannya, Indonesia.

2. Cinta Laura.

seleb pindah kewarganegaraan © 2018 berbagai sumber

foto: Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura memang dikenal sebagai salah satu seleb blasteran yang memiliki segudang prestasi. Tak hanya punya skill mumpuni sebagai aktris dan penyanyi, prestasi Cinta di bidang akademik pun sudah tidak diragukan lagi. Memiliki orangtua yang beda negara membuat Cinta mengantongi warga negara ganda sampai usia 21 tahun. Aktris cantik tersebut pun memutuskan untuk mengikuti jejak sang ayah sebagai warga negara Jerman. Cinta Laura mengaku memilih menjadi warga negara Jerman agar bisa mempermudah dirinya dalam berpergian dan mengurus visa untuk mewujudkan impian go internasionalnya.

3. Kristania Virginia Besouw.

seleb pindah kewarganegaraan © 2018 berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Mantan juara Miss Indonesia 2006, Kristania Virginia Besouw sempat menghebohkan dunia hiburan Indonesia setelah keputusannya meninggalkan status sebagai Warga Negara Indonesia. Perempuan asal Manado tersebut memilih menjadi warga negara Amerika Serikat setelah ia bergabung dengan tentara di Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studi S1-nya di Universitas Airlangga, Kristania melanjutkan studi S2 di bidang health care. Bergabung menjadi pasukan tentara AS juga menjadi bidang yang sangat ingin ditekuni Kristania. Selain itu ia dan suami yang berasal dari Filipina memang ingin membangun karier di Amerika Serikat.

4. Atiek CB.

seleb pindah kewarganegaraan © 2018 berbagai sumber

foto: kapanlagi.com

Penyanyi rock yang hits di tahun 80an Atiek CB memilih untuk menjadi warga negara Amerika Serikat mengikuti jejak sang suami, Laurence Smith. Setelah menikah, Atiek memang memilih untuk hidup dan menetap di negara sang suami, Kini sudah hampir 15 tahun ia dan keluarganya tinggal di negara Paman Sam tersebut.

5. Daniel Sahuleka.

seleb pindah kewarganegaraan © 2018 berbagai sumber

foto: merdeka.com

Daniel Sahuleka merupakan salah satu penyanyi jazz berdarah Ambon berkewarganegaraan Belanda yang lahir di Semarang tahun 1950 silam. Namanya sempat menghiasi belantika musik jazz di Eropa pada tahun 1970an hingga 1980an. Daniel bernaung di bawah Polydor label rekaman asal Belanda. Daniel terus eksis dan terlibat dalam sejumlah festival jazz dunia. Tahun 2004, ia juga mengeluarkan album berisi lagu yang diwarnai musik dari Maluku.