Brilio.net - Selama masa corona, tak sedikit masyarakat yang mengeluhkan melonjaknya tagihan listrik. Begitu pula dengan deretan selebriti Tanah Air. Beberapa di antaranya sempat berbagi keluh kesah saat tahu tagihan listrik tak seperti biasanya. Pada akun medsos masing-masing, mereka membagikan curhatan terkait melejitnya jumlah tagihan.

Namun beberapa di antaranya sudah mendapatkan penjelasan dari PLN. Bahkan petugas PLN langsung mendatangi rumah mereka. Momentum ini pun langsung viral jadi perbincangan hangat warganet. Tak sedikit yang berujar dan malah salah fokus dengan jumlah tagihan mereka.

Nah, siapa saja dan bagaimana curhatan mereka? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (10/7).

1. Kartika Putri.

seleb listrik instagram

Loading...

foto: Instagram/@kartikaputriworld

Kartika Putri belum lama ini mengunggah curahan hati akan biaya tagihan listrik yang melonjak. Tagihan yang biasanya perbulan hanya habis sekitar Rp 6-7 juta, kali ini Kartika harus membayar sejumlah Rp 17 jutaan.

Kartika juga melanjutkan postingannya di Instagram dengan foto-foto jika dirinya mungkin akan mulai penghematan listrik. Mulai dari menggunakan surat manual, kipas tangan, hingga lampu minyak.

2. Chef Arnold.

seleb listrik instagram

foto: Instagram/@arnoldpo

Bersamaan dengan Kartika Putri, Chef Arnold juga sempat meminta penjelasan PLN terkait tingginya tagihan listrik.

"WOI @info PLN KENAPA TAGIHAN HARGA LISTRIK RUMAH SAYA NAIK TURUN DARI 2.5Jt JADI 10Jt!?!!!! KENAPA?!!!" kicau Chef Arnold Poernomo pada akun Twitter.

Tak butuh waktu lama, petugas PLN pun terlihat mendatangi kediaman Chef Arnold untuk memastikan dan memeriksa.

3. Nagita Slavina

seleb listrik instagram

foto: Instagram/@raffinagita1717

Melalui akun YouTube pribadinya, Nagita sempat pusing kalau tunggakan listriknya melonjak. Tak tanggung-tanggung, besarnya tagihan mencapai Rp 17 juta. Menanggapi masalah tersebut, pihak PLN kemudian datang ke rumah Nagita dan Raffi Ahmad. Mereka menyelidiki dan mengulas mengapa tagihan bisa naik. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan alat elektronik yang juga tinggi.

"PLN kemudian menjelaskan bahwa tingginya biaya konsumsi listrik bisa jadi dikarenakan banyak peralatan elektronik atau penggunaan beberapa alat elektronik dengan daya yang besar," tutur Nagita Slavina.

4. Adrian Maulana

seleb listrik instagram

foto: Instagram/@adrianmaulana

Adrian Maulana turut berbagi keluh kesahnya melalui akun Instagram.  "Anjrittt tgihan listrik gw melejit!" tulis Adrin Maulana.

Postingan presenter Tanah Air itu pun sudah mendapatkan penjelasan dari pihak PLN.

"Petugas Catat Udah Datang Teman-Teman, pelanggan listrik (pascabayar) yg alami lonjakan tagihan, bisa kirimkan angka stan kWh meter via WhatsApp PLN. (Caranya udah sy infokan di slide terakhir ya..) Menurut Senior EVP Bisnis & Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo Wicaksono jika ada pengaduan/keluhan pelanggan terkait ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter & perhitungan rekening, maka akan diperhitungkan pada rekening bulan depan, sehingga pelanggan tetap tidak akan dirugikan Insya Allah," ungkapnya.

5. Tompi

seleb listrik instagram

foto: Instagram/@dr_tompi

Tompi sempat mengeluhkan tagihan listrik di salah satu kantor yang sudah tak terpakai. Meskipun sudah tidak digunakan lagi, ternyata masih ada jumlah tagihan minimal yang harus dibayarkan.

"Pada tahu nggak, kalau PLN itu ternyata : ada tarif minimum yg harus dibayarkan meski gak ada pemakaian (kecuali sistem prepaid/token isi ulang). Nah kasus di gw ternyata harus bayar 2.1 juta per bulan meski gak dipake. Yang disayangkan adalah hal-hal begini 'kurang terinfokan' di awal," cuitnya pada akun Twitter.