Brilio.net - Menjadi pengemis atau orang gila biasanya menjadi salah satu peran yang harus dilakoni seorang selebriti saat di depan kamera. Karakter ini sendiri dilakukan untuk memenuhi karakter tertentu. Mereka rela dirias agar terlihat lusuh dan mengenakan busana compang-camping.

Namun pada kenyataannya, belakangan ini mengubah penampilan jadi pengemis dan orang gila tampaknya bukan hanya sebagai kebutuhan syuting dalam sebuah film atau sinetron saja. Sebab sejak beberapa tahun terakhir, ada sejumlah selebriti yang dengan sengaja melakukan social experiment.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kepedulian seseorang di lingkungan sekitar terhadap orang yang mengalami kesusahan. Bukan hanya sekadar prank atau lucu-lucuan saja, kegiatan ini juga ada yang bertujuan positif.

Kira-kira siapa saja ya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, seleb-seleb yang rela menyamar jadi orang gila dan pengemis, Selasa (29/1).

1. Baim Wong.

Loading...

seleb jadi pengemis © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@baimwong

Belum lama ini, aksi prank Baim Wong menjadi orang gila ramai jadi perbincangan publik. Video prank yang diunggahnya di akun channel YouTube Baim Paula itu bahkan jadi trending topik nomor 1. dirias menjadi pria kumuh dan terlihat dekil, Baim mengelilingi beberapa daerah di Jakarta.

Dengan riasan yang sukar dikenali itu, dia bahkan sempat menyapa tetangga rumahnya. Sayangnya tetangganya tak mengenai suami Paula Verhoeven ini. Aksinya juga berhasil saat seorang supir taksi memberikannya bantuan berupa uang. Namun kemudian dirinya yang balik memberikan uang kepada supir itu. Meski demikian, tak sedikit pula orang yang lari saat bertemu Baim di jalan.

2. Raffi Ahmad.

seleb jadi pengemis © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@raffinagita1717

Setelah sempat ditantang Baim Wong, Raffi Ahmad akhirnya juga rela dirias sebagai orang gila. Raffi melakukan hal ini demi kesembuhan dan memberikan hadiah kepada putranya, Rafathar Malik Ahmad.

Dengan berdandan lusuh, Raffi dan Baim mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan dan membeli mainan untuk Rafathar. Meski penampilannya seperti orang tak mampu, namun keduanya mengunjungi sejumlah toko, yakni toko kue dan mainan dan belanja dengan nominal yang tidak sedikit. Totalitas makeup pada suami Nagita Slavina itu juga membuat Rafathar sempat menangis dan tak mengenalinya.

3. Cristiano Ronaldo.

seleb jadi pengemis © 2019 brilio.net

foto: YouTube/vsgatesii

Bukan hanya di Indonesia, beberapa tahun yang lalu pesepak bola dunia Cristian Ronaldo pernah melakukan hal yang serupa. Saat jadi pengemis, ia mencoba meminta-minta uang dan sembari sesekali bermain bola di pusat keramaian. Mulanya tak ada satupun orang yang menghiraukan aksinya tersebut, sampai pada suatu ketika ada seorang anak yang menghampirinya.

Keduanya terlihat begitu asyik bermain bola bersama. Kemudian masyarakat perlahan-lahan mendekati CR7 ketika kaget melihat gerakan kakinya yang menakjubkan.

4. Hazama Azmi.

Aksi penyanyi ternama asal Malaysia, Hazama Azmi bernyanyi depan orang banyak dengan mengubah penampilannya menjadi pengamen cukup menyita perhatian publik. Video yang beredar tahun 2017 itu bahkan sangat viral di media sosial.

Kenakan baju compang-camping seperti orang gila, Hazama menghibur masyarakat sekitar dengan suaranya yang khas. Meski demikian, tampaknya banyak juga masyarakat yang tidak mengenalinya berkat penampilannya yang totalitas.

5. Konrad Ydhage.

seleb jadi pengemis © 2019 brilio.net

foto: upi.com

Demi mengetahui kedermawanan seseorang, aktor tampan Konrad Ydhage asal Swedia pernah melakukan sosial eksperimen menjadi seorang pengemis. Dilansir brilio.net dari merdeka.com, jika ada pejalanan kaki yang memberikannya uang dengan sukarela, Konrad akan memberikan balasannya dua kali lipat.

Berselang beberapa jam kemudian, Konrad bersama timnya mendatangi Rinkeby, sebuah daerah miskin yang banyak dihuni oleh para imigran. Namun tidak disangka, di sana ia dapat bertemu dengan warga yang baik dan menolongnya.