Brilio.net - Sebagai salah satu penyanyi senior, kepopuleran Iis Dahlia di panggung hiburan tak diragukan lagi. Mulai terjun ke dunia hiburan sejak 1987, Iis Dahlia telah merilis lebih dari 40 single lagu.

Kepiawaiannya di dunia musik pun membawa namanya menjadi juri ajang pencarian bakat. Namun demikian, tindakan Iis Dahlia saat menjadi salah satu juri menyanyi ini seringkali mengundang sorotan publik.

Sikap dan kebiasaan Iis Dahlia yang kerap berkata nyeplos kepada para peserta, seringkali memancing perhatian publik dan membuat namanya langsung viral di media sosial. Tak hanya itu, sikap Iis Dahlia pun menuai hujatan publik.

Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kontroversi Iis Dahlia saat jadi juri ajang pencarian bakat pada Selasa (4/5).

1. Komentar pedas Iis Dahlia kepada peserta KDI.

Loading...

kontroversi iis dahlia saat jadi juri pencarian bakat © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Saat menjadi juri Kontes Dangdut Indonesia (KDI) pada 2018 silam, Iis Dahlia jadi perbincangan hangat publik. Pasalnya dalam audisi tersebut, Iis Dahlia bersama kedua juri lainnya, Beniqno dan Trie Utami memberikan kritikan kepada salah satu peserta audisi, Waode Sofia.

Iis Dahlia tampak mengomentari penampilan Waode Sofia yang dianggap tidak menarik. Kala itu, Waode hanya mengenakan baju casual dan tanpa riasan make up. Hal tersebut membuat Waode tak diizinkan untuk bernyanyi. Ketiga juri tersebut meminta Waode untuk keluar dan membenahi penampilannya terlebih dahulu.

"Kamu tadi ketemu teman-teman kamu nggak tadi di luar? Mereka kayak apa waktu audisi? Pakai bedak nggak? Pakai lipstik nggak? Pakai baju yang benar nggak? Kita daritadi ngetes suara anak-anak mereka udah prepare," terang Iis Dahlia, seperti dilansir brilio.net dari tayangan YouTube MNCTV.

2. Turun panggung ketika berselisih dengan Pasha

kontroversi iis dahlia saat jadi juri pencarian bakat © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Beberapa waktu yang lalu, Iis Dahlia kembali menjadi sorotan saat menjadi juri di ajang Voice of Ramadan. Persoalan dimulai ketika para juri yakni Iis Dahlia, Pasha Ungu, Sulis dan Ustaz Erick Yusuf tengah berdiskusi mengenai peserta yang berhak lolos ke babak selanjutnya.

Saat itu, Pasha Ungu, Sulis, dan Ustaz Erick Yusuf sepakat meloloskan dua kontestan. Sementara Iis Dahlia hanya memilih satu diantaranya, yakni Adah. Sempat berdebat panjang, Iis Dahlia pun merasa dipojokkan oleh Pasha Ungu. Hal tersebut membuat Iis Dahlia pergi dari kursi juri dan memilih untuk turun dari panggung.

"Aku seolah-olah orang yang mau menang sendiri, mau enak sendiri. Ya udah gini aja Aa. Kayaknya aku liat Aa tuh dari episode ke belakang pengennya nyerang. Sekarang lebih Aa, Sulis sama Ustaz yang memilih, aku nggak usah," kata Iis Dahlia, seperti dilansir brilio.net dari tayangan YouTube officialgtv.

3. Memberhentikan kontestan ketika masih bernyanyi

kontroversi iis dahlia saat jadi juri pencarian bakat © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Pada saat jadi juri di ajang Voice of Ramadan, Iis Dahlia tiba-tiba memberikan interupsi untuk menghentikan Rahmi, salah satu kontestan yang tengah bernyanyi. Menyanyikan salah satu lagu dari Sabyan berjudul El Oum, Rahmi dinilai Iis Dahlia terlalu grogi.

"Sebentar A, sebentar A, bentar bentar. Rahmi kamu lagi kenapa? suara kamu tuh bergetar. Apa karena kamu mau kayak Nissa Sabyan?" tanya Iis sambil meminta pemain musik berhenti, seperti dilansir brilio.net dari tayangan YouTube officialgtv.

Diakui Iis Dahlia, Rahmi memiliki potensi besar untuk menjadi seorang penyanyi. Ia juga memiliki suara bagus dan punya ciri khas tersendiri. Namun, karena dinilai grogi dan membuat suaranya bergetar, Rahmi seakan menyanyikan seperti Nissa Sabyan. "Tapi jangan ke-Nissa Nissa an ya. Jadi diri kamu. Santai-santai," ucapnya.

4. Salah lirik ketika menyanyi lagu 'Ramadan Tiba'

kontroversi iis dahlia saat jadi juri pencarian bakat © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Penampilan Iis Dahlia acara Voice of Ramadan juga sempat ramai diperbincangkan. Dalam momen ini, ibu dua anak itu tampil menyanyikan lagu 'Ramadan Tiba'. Lagu yang dipopulerkan Opick tersebut dimulai dengan lirik 'Ramadan Tiba Ramadan Tiba'. Namun saat di atas panggung, Iis salah melafalkan lirik, ia menyanyikannya dengan lirik berbeda 'Marhaban Tiba Marhaban Tiba'.

Dari video lengkapnya melalui kanal YouTube officialgtv, Iis tampak melakukan tiga kali kesalahan di tiga part lagu tersebut. Pertama, Iis sudah keliru melafalkan 'Marhaban tiba.. Marhaban tiba' ketika di opening lagu, kedua di menit 0:49, dan yang ketiga di menit 1:15.

Kesalahan Iis Dahlia dalam pelafalan lirik lagu ini pun langsung mengundang komentar warganet, terlebih Iis Dahlia tengah menjadi juri acara tersebut.

5. Diminta mundur jadi juri oleh Komnas Anak

kontroversi iis dahlia saat jadi juri pencarian bakat © instagram

foto: Instagram/@isdadahlia

Komentar Iis Dahlia pada salah satu peserta kontes menyanyi mendapat tanggapan dari Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak karena dirasa tak pantas. Mereka ingin pelantun "Aku Hanya Punya Cinta" segera mengundurkan diri sebagai juri ajang pencarian bakat, KDI.

Menanggapi hal tersebut, Iis Dahlia tak mau ambil pusing. Iis Dahlia berpendapat masalah ini tidak ada hubungannya dengan Komnas Perlindungan Anak.

"Kenapa sama Komnas Anak? Nggak ada urusannya sama Komnas Anak. Santai aja, bahwa saya tidak akan terpengaruh, kinerja saya sebagai juri di KDI. Saya berkomentar kapasitas saya sebagai juri. Ya itulah saya, gaya saya seperti itu," ujar Iis Dahlia dilansir dari Liputan6.com.