Brilio.net - Kebahagiaan tengah menyelimuti pedangdut cantik Zaskia Gotik. Pemilik nama asli Surkianih ini resmi dipersunting oleh Sirajuddin Mahmud setelah menggelar ijab kabul pada Rabu (22/4). Pernikahan keduanya digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga terdekat.

Dilansir brilio.net dari Liputan6.com, kabar pernikahan Zaskia dibenarkan oleh Kepala KUA Karang Bahagia, Cikarang, Jawa Barat, H. Hisbulatif. Diketahui, jika sang ayah, Sosin, menikahkan langsung putrinya dengan sang pujaan hati yang baru dikenalkan ke khalayak pada Maret 2020 lalu.

Tidak mengunggah momen pernikahannya lewat akun Instagram pribadinya, tentu membuat publik penasaran dengan prosesi pernikahan Zaskia Gotik. Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, fakta menarik dari pernikahan Zaskia dan Sirajuddin Mahmud, Jumat (24/4).

1. Pernikahan sah secara agama.

fakta pernikahan zaskia gotik instagram

Loading...

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Zaskia Gotik dan Sirajuddin Mahmud telah melangsungkan pernikahan secara agama. Meskipun tidak mengunggah momen keduanya secara resmi menikah di Instagram masing-masing, namun pernikahan tersebut sudah sah menurut agama Islam karena telah memenuhi syarat pernikahan.

"Sudah sah secara agama, sebab rukun nikah nya terpenuhi, yaitu ada mempelai pria, ada mempelai wanita, ada wali nikah, ada dua saksi, dan ijab qobul," jelas Hisbulatif dilansir dari Liputan6.com.

2. Mas Kawin

fakta pernikahan zaskia gotik instagram

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Zaskia Gotik dipersunting Sirajuddin Mahmud dengan mas kawin berupa satu set perhiasan. Hal itu diungkapkan Kepala KUA Karang Bahagia, Cikarang, Jawa Barat yang hadir dalam pernikahan Zaskia Gotik dengan Sirajuddin.

"Mas kawinnya satu set perhiasan," ujar Hisbulatif.

Namun sayangnya, Hisbulatif tidak bisa menjelaskan secara detail berapa gram perhiasan yang dijadikan mas kawin pernikahan Zaskia dengan Sirajuddin. Sebab, dirinya tidak mengetahui nominal mas kawin yang diterima Zaskia Gotik dari Sirajuddin Mahmud.

"Jadi itu ada satu set perhiasan aja dan walinya juga menyebutkannya cuman tersebut aja tidak secara detail," kata Hisbulatif.

"Nilainya enggak disebutkan," sambungnya.

3. Belum didaftarkan ke KUA.

fakta pernikahan zaskia gotik instagram

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Meski telah menikah sah secara agama, namun pernikahan keduanya belum terdaftar secara negara. Hal ini lantaran ada beberapa syarat pernikahan yang belum bisa dipenuhi karena terhambat pandemi corona Covid-19 yang sedang melanda berbagai negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

"Pernikahan resmi secara agama, dan belum didaftarkan di KUA," terang Hisbulatif.

Meskipun begitu, agar pernikahan keduanya tercatat di KUA dan sah secara negara, Zaskia dan suami harus melengkapi beberapa berkas selama 60 hari kedepan atau sekitar 2 bulan. Bila hal ini tidak dipenuuhi, maka pernikahan bisa disebut sebagai nikah siri.

"Enggak masalah selama itu tidak lebih dari 60 hari. Kalau lebih dari 60 hari, berarti pernikahannya dianggap nikah siri," tambahnya.

4. Dinikahi sosok pengusaha.

fakta pernikahan zaskia gotik instagram

foto: Instagram/@sirajuddinmahmudsabang

Dilansir dari merdeka.com, diketahui jika Sirajuddin Mahmud merupakan seorang pengusaha batu bara di kota Palu. Selain menjadi pengusaha, ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Komisi Olahraga Nasional Indonesia (KONI) di Balikpapan. Bahkan pada 2015 silam, Sirajuddin juga dikabarkan sempat terjun ke dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan

5. Perjalanan cinta.

fakta pernikahan zaskia gotik instagram

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Kabar kedekatan Zaskia dengan Sirajuddin Mahmud ramai diperbincangkan publik setelah keduanya kompak mengunggah potret yang sama di Instagram Storiesnya masing-masing. Mereka pun pertama kali memamerkan hubungan pada Maret lalu saat Zaskia Gotik berulang tahun. Zaskia mengunggah momen mesranya bersama Sirajuddin dengan outfit hitam di Instagram pribadinya.

Dilansir dari merdeka.com, Sirajuddin Mahmud merupakan mantan suami dari pemain FTV bernama Imel Putri Cahyati yang populer di tahun 2000-an. Dari pernikahannya tersebut, Sirajuddin dikaruniai seorang anak perempuan. Namun, hubungan keduanya tak berlangsung lama dan memutuskan untuk bercerai.