Brilio.net - Tak lama lagi, Ahmad Dhani akan segera bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur. Musikus sekaligus politikus itu akan meraih kembali kebebasannya pada 30 Desember 2019 mendatang.

Seperti diketahui, pria kelahiran 1972 ini sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka setelah diadukan atas kasus pencemaran nama baik. Kasus yang menjeratnya itu bermula dari unggahan vlog 'idiot' yang beredar luas di media sosial.

Dhani kemudian divonis 1 tahun 6 bulan penjara atas dugaan ujaran kebencian (hate speech) oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dirinya terdaftar sebagai tahanan di Rutan Kelas 1 Cipinang.

Nah, berkaitan dengan bebasnya Ahmad Dhani yang tak lama lagi ini, berikut brilio.net rangkum sejumlah fakta di baliknya, dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (28/12).

1. Mendapat keringanan masa tahanan.

Loading...

Fakta jelang bebasnya Ahmad Dhani © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ahmaddhaniofficial

Diketahui, Ahmad Dhani mendapatkan keringanan hukuman penjara terkait kasus yang merundungnya. Ia diberi keringanan hukuman pidana dari 1 tahun, menjadi pidana 3 bulan penjara dengan 6 bulan percobaan.

2. Ahmad Dhani memiliki dua pesan.

Fakta jelang bebasnya Ahmad Dhani © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ahmaddhaniofficial

Juru bicara keluarga, Lieus Sungkharisma mengatakan bahwa ada dua pesan dari Dhani jelang bebasnya ia pada 30 Desember 2019 mendatang. Pertama, tidak ada yang menyinggung soal Presiden Joko Widodo. Kedua, tidak ada narasi atau dorongan terhadap dirinya untuk maju sebagai calon Wakil Gubernur (Wagub)DKI Jakarta.

3. Tak dijemput Mulan Jameela di LP Cipinang.

Fakta jelang bebasnya Ahmad Dhani © 2019 brilio.net

foto: Instagram/mulanjameela1

Mulan Jameela rencananya tak akan ikut menjemput suaminya. Ia akan menyambut kedatangan Ahmad Dhani langsung di rumahnya.

"Tadinya mau jemput, cuman ada yang bilang, kalau boleh Mas Ahmad Dhani kan bukan cuma milik keluarga, kalau boleh mbak Mulan tunggu aja di rumah," kata Lius di LP Cipinang, Jakarta Timur kepada Liputan6.

4. Bakal disambut oleh sekelompok massa.

Fakta jelang bebasnya Ahmad Dhani © 2019 brilio.net

foto: bintang.com

Hendarsam, kuasa hukum Ahmad Dhani, mengatakan bahwa kepulangan Dhani dari LP Cipinang bakal disambut oleh ribuan massa yang terdiri dari berbagai kalangan.

"Iya dari teman Ahmad Dhani dari ACTA aja udah ratusan ya kan. Jadi ada teman-teman ACTA, terus teman-teman partai Gerindra, juga dari relawan," jelas Hendarsam.

5. Ada acara doa bersama.

Fakta jelang bebasnya Ahmad Dhani © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Kebebasan Ahmad Dhani akan dirayakan dengan acara doa bersama dan potong tumpeng.

"Tumpengan. Makanan semua dari relawan yang bikin di rumah Ahmad Dhani. Ada fans Ahmad Dhani juga datang," jelas Lius Sungkarisma.