Brilio.net - Kanker usus besar merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan manusia. Pada umumnya penyakit ini sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang. Bahkan pada stadium awal, gejala yang ditunjukkan tidak terlalu terlihat.

Meski belum banyak diketahui penyebabnya, namun faktor makanan yang dikonsumsi disebut sebagai salah satu peningkatan risiko seseorang terkena kanker usus. Salah satunya adalah kebiasaan sering mengonsumsi daging berwarna merah.

Di Indonesia sendiri, kasus seseorang meninggal karena kanker usus sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan sederet selebriti Tanah Air juga beberapa pernah mengalami penyakit tersebut dan meninggal dunia.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, kisah selebriti yang pernah sakit kanker usus, Senin (21/1).

1. Titi Qadarsih.

seleb sakit kanker usus © 2019 brilio.net
foto: istimewa

Pada akhir tahun 2018 lalu, dunia hiburan Tanah Air berduka. Aktris senior Titi Qadarsih meninggal dunia di usia 73 tahun. Titi meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker usus stadium 4 yang dideritanya. Putranya, Indra Chandra Setiadi mengungkapkan Titi telah menjalani pengobatan selama dua bulan terakhir.


2. Zainal Abidin Domba.

seleb sakit kanker usus © 2019 brilio.net
foto: kapanlagi.com

Aktor yang namanya terkenal dalam sinetron Putri Duyung, Zainal Abidin Domba menghembuskan napas terakhir di usianya yang ke 57 tahun pada tahun 2015 lalu. Zainal meninggal dunia usai menderita kanker usus stadium 3 selama kurang lebih satu tahun.

Dilansir dari kapanlagi.com, Yana adik ipar Zainal menceritakan Zainal sempat sukses melalui proses operasi. Namun setelah kembali beraktivitas seperti biasanya, kondisi Zainal kembali menurun dan dilarikan ke rumah sakit.


3. Agus Leo.

seleb sakit kanker usus © 2019 brilio.net
foto: kapanlagi.com

Kepergian pesinetron Agus Leo karena kanker usus tahun 2016 lalu memang begitu menyisahkan banyak kesedihan bagi masyarakat. Agus meninggal dunia lima bulan setelah wafatnya sang istri, Misye Arsita yang menderita kanker paru-paru. Sebelum meninggal, Agus memang beberapa kali menjalani pengobatan.


4. Nuraliyah Ibnu Hajar.

seleb sakit kanker usus © 2019 brilio.net
foto: Instagram/@m_nur_maulana

Perasaan duka tentu tengah menyelimuti ustaz kondang, ustaz Maulana. Pada Minggu (20/1), sang istri Nuraliyah Ibnu Hajar atau yang dikenal Ummi Naura meninggal dunia di Rumah Sakit Bhayangkara, Makassar.

Seperti diketahui, Nuraliyah telah menderita sakit kanker usus sejak 7 tahun lalu, namun penyakit kanker usus itu baru diketahui pada tahun 2018. Hal tersebut lantaran selama ini Nuraliyah tidak pernah mau periksa ke dokter.