Brilio.net - Salah satu cara mencegah penularan wabah virus corona adalah dengan menjaga kebersihan diri serta lingkungan, termasuk rumah. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pun mengatakan, virus corona ditransmisikan melalui tetesan pernapasan dan bisa bertahan selama berjam-jam di permukaan yang terbuat dari berbagai bahan.

Itulah sebabnya sangat penting untuk melakukan deep clean atau pembersihan mendalam, terutama di rumah. Tak heran, banyak orang yang mengurangi interaksi dengan orang asing meski di sekitar rumah. Beragam upaya dilakukan guna menekan jumlah kasus seperti melaksanakan isolasi mandiri hingga menerapkan perilaku hidup bersih di rumah.

Hal ini dilakukan hampir semua orang, tak terkecuali para selebriti Tanah Air. Mereka juga melaksanakan berbagai langkah demi mencegah infeksi Covid-19. Sebut saja Bella Saphira yang menerapkan proses steril barang-barang belanjaan di kediamannya. Hal tersebut dibagikan perempuan 46 tahun ini melalui Instagram Stories di akun pribadinya. Beberapa potret dan keterangan turut ia sertakan.

Potret pertama menampilkan meja panjang yang diletakkan di teras depan untuk mempermudah proses steril barang-barang belanjaan. Meja lalu dibagi jadi tiga area. Namun, Bella Saphira menyebut tak melulu harus meja, tapi memberi alternatif menggunakan alas di lantai, pelataran, hingga nampan pun dapat dipakai.

Tips sterilisasi barang ala Bella Saphira Instagram

Loading...

foto: Instagram/@bellasaphiraofficial

"Selalu siapkan gel sanitizer atau semprotan anti-bakteri apapun atau sabun cuci piring merk apapun ini paling gampang," tulis @bellasaphiraofficial dalam unggahan pencegahan infeksi Covid-19, seperti dikutip brilio.net pada Selasa (31/3).

Pada potret selanjutnya dijelaskan area pertama. "Belum steril bungkusan atau box oleskan alcohol atau semprot dulu," bunyi tulisan dalam kertas yang ditempel di meja.

"Barang dari luar belanjaan dapur, pesanan online, semua sudah tanpa plastik bungkusan taruh di sini," bunyi keterangan pada kertas sebelahnya.

Tips sterilisasi barang ala Bella Saphira Instagram

foto: Instagram/@bellasaphiraofficial

Berlanjut pada area kedua, di mana area ini alasnya telah dioles sanitizer atau cuci dulu pakai sabun cuci piring atau sabun biasa. "Semua barang makanan yang pakai kotak/box sudah steril," tulis Bella di Instagramnya.

Barang dari area pertama yang sudah dilap atau dibersihkan diletakkan di tempat selanjutnya. Setelah itu, baru dibawa masuk ke dalam rumah. Sedangkan area ketiga, untuk barang-barang atau alat yang kerap dipakai setiap hari selama masa di rumah aja.

"Lebih baik parno daripada menganggap enteng #dirumahaja #fightcovid19," tutup Bella Saphira.