Brilio.net - Belakangan publik ramai membicarakan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan. RUU ini diinisiasi oleh musisi yang ada di jajaran anggota DPR termasuk Anang Hermansyah. Namun meski demikian, RUU Permusikan tersebut mendapat tentangan dari para musisi.

Salah satu yang melayangkan kritikan pedas soal aturan ini adalah Jerinx. Dalam postingan di Instagram, drummer band Superman Is Dead (SID) ini bahkan menyebut Anang sebagai musisi palsu yang sok jadi politisi.

Aturan-aturan yang diatur di pasal 5 RUU Permusikan tersebut, menurut Jerinx, membuat hak berkeseniannya sebagai musisi merasa bagai diperkosa dan dibinasakan. Bahkan menurutnya aturan tersebut lebih parah daripada yang diterapkan oleh major label.

Berangkat dari sindiran tersebut, istri dari Anang, Ashanty membuat pembelaan. Ia menuliskan respons keras atas postingan yang diunggah oleh Jerinx dalam tulisan panjang. Ashanty juga menuliskan tidak akan tinggal diam dan akan mengambil tindakan.

Ini bukanlah pertama kalinya pria asal Bali itu berseteru dengan selebritis atau bahkan sesama musisi. Jerinx yang memang dikenal sangat kritis terhadap isu-isu sosial memang sering melontarkan kritikan pedas. Namun kritikan itu berujung perseteruan di media sosial.

Berikut ini deretan seleb dan publik figur yang pernah berseteru dengan Jerinx SID, seperti brilio.net lansir dari berbagai sumber pada Sabtu (2/2).

1. Via Vallen.

berseteru jerinx sid © Instagram
foto: Instagram/@viavallen

Pada November 2018 lalu, media sosial dihebohkan dengan perseteruan antara Jerinx dan Via Vallen. Pedangdut yang tengah naik daun tersebut disindir soal lagu Sunset Tanah Anarki milik SID yang pernah dibawakan Via. Dalam sebuah cuitan, Jerinx menyebut Via tidak pernah meminta izin kepada SID untuk membawakan lagu tersebut. Via juga dituding tidak paham arti dari lagu tersebut yang punya makna dalam.

Meski sudah menuliskan permohonan maaf lewat unggahan klarifikasi panjang, namun pedangdut ini mempertanyakan kenapa hanya dia saja yang dikritik. Padahal banyak orang atau musisi yang membawakan lagu tersebut tanpa meminta izin terlebih dahulu.


2. Susi Pudjiastuti.

berseteru jerinx sid © Instagram
foto: Instagram/@susipudjiastuti115

Selain pernah berdebat dengan sesama musisi, Jerinx juga pernah beradu pendapat dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Keduanya saling sindir dan lontarkan kritikan di Twitter membahas reklamasi Teluk Benoa, Bali. Awalnya Jerinx memosting tentang akunnya yang diblok oleh Susi. Ia merasa Susi tidak suka dengan dirinya yang kerap bersuara tolak reklamasi.

Ajakan Jerinx untuk berdebat terbuka di Twitter soal reklamasi Teluk Benoa tersebut pun ditanggapi oleh Susi. "ONLY Selama you objective, tidak membawa politik, agama, suku,pribadi, hatred," jawab Susi pada akun Twitter-nya.


3. Anang - Ashanty.

berseteru jerinx sid © Instagram
foto: Instagram/@ashanty_ash

Terbaru, Jerinx kembali berseteru dengan pasangan musisi-selebritis, Anang Hermansyah dan Ashanty. RUU Permusikan yang diusulkan Anang menuai protes keras dari musisi asal Bali ini. Menurutnya aturan tersebut mengekang kebebasan bermusik untuk para musisi.

Meski Anang sendiri belum membuat klarifikasi atau balasan terhadap kritikan tersebut, namun Ashanty beberapa waktu lalu membuat pembelaan panjang terhadap suaminya. Perseteruan ini pun makin panas dan masih berlangsung di media sosial.