Brilio.net - Kepergian sang Legenda Betawi, Benyamin Sueb akibat serangan jantung yang dideritanya pada 27 Agustus 1995 silam itu tak hanya menyisakan luka mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tapi juga para fans dan juga kerabat yang mengenal betul sosok Bang Ben yang dikenal dengan banyolan lucunya.

Salah satu kerabat yang mengenal betul sosok almarhum adalah Rano Karno. Usai ziarah ke pemakaman almarhum Benyamin, Rano Karno bercerita bahwa ia mengenal sosok Babeh panggilan dia untuk Benyamin sejak usia 9 tahun. Bahkan keduanya terlibat di sinetron Si Doel Anak Betawi.

"Jaman kecil saya juga kan main di Si Doel Anak Betawi, itu kan sama Babe. Makanya dari kecil, biarpun enggak hanyak main film bareng, Babe tuh udh kaya orang tua sendiri gitu," ujar Rano Karno kepada media saat ditemui media di kawasan TPU Karet Bivak, Jakarta.

Kendati sudah hampir 25 tahun tiada, namun Rano Karno masih terus merasa kehilangan dan sedih kala ia mengenang sosok almarhum. Ia pun kerap berziarah ke makam Benyamin Sueb.

"Makanya saya selalu ke sini (datang ke makam). Bapak saya (makamnya) di Tanah Kusir, tapi saya selalu ke sini karena memang sebagaian keluarga besar saya di sini, ada kakek nenek dan tante saya di sini," tambahnya.

Loading...

Jauh sebelum meninggalnya Babeh, Rano Karno mengungkapkan bahwa ia sempat mendapat amanah dari Babeh untuk meneruskan film Si Doel Anak Betawi.

"Terakhir itu saya inget saya sedang di Jogja pegang acara dari malam sampe pagi. Nah, jam 8 pagi dia (Benyamin) telepon dan bilang, 'lo kalo ada apa-apa ama gua, Goel lo terusin'. Jadi ya, Mungkin itu amanat trakhirnya," ucapnya.

Namun ketika ia mengetahui bahwa Babeh sudah tidak ada, ia sempat membuang skenario yang sudah jadi sampai episode 13. Ia mengaku sudah tak ingin meneruskan sinetron tersebut.

"Saya udah nggak tau harus bikin apa? Ya jujur bukan berarti Mandra atau kita semua yang lain tidak saya porsikan tapi memang konsep Doel pemikiran antar pola pikir tradisi dengan modern ada pada Babeh dan Doel. Begitu Babeh nggak ada mentoknya mau kmn ini? Ya bukan terpaksa kita bicara tentang cinta lagi. Kalo cinta kan harus berakhir tapi kisahnya belum tentu abis kan," tutupnya.

Beruntung dengan semangat dan mengingat amanat dari almarhum, Si Doel Anak Betawi bisa berkembang hingga masuk ke layar lebar. Film Akhir Kisah Cinta Si Doel akan menghiasi layar bioskop Indonesia mulai 23 Januari 2020 mendatang.