Brilio.net - Korban tsunami yang melanda sekitar pantai Selat Sunda pada Sabtu (22/12) terus bertambah. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter @Sutopo_PN menjelaskan, data sementara dampak tsunami di Selat Sunda hingga 24/12/2018 pukul 07.00 WIB, tercatat 281 orang tewas, 1.016 orang luka-luka, 57 orang hilang dan 11.687 orang mengungsi. Kerusakan fisik: 611 rumah rusak, 69 hotel-vila rusak, 60 warung-toko rusak, dan 420 perahu rusak.

Beberapa korban tewas berasal dari kalangan artis, di antaranya Bani (bassis Seventeen), Herman (gitaris Seventeen), Ujang (kru Seventeen), Oki Wijaya (road manajer Seventeen), Aa Jimmy Jigo beserta istri Hati Nurilah, dan Meyuza (istri Ade Jigo). Semua artis beserta keluarga yang menjadi korban saat itu tengah menghadiri acara Family Gathering Perusahaan PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Barat di Tanjung Lesung Beach Hotel. Seventeen dan Jigo selaku pengisi acara tersebut.

Kabar duka ini mengundang ungkapan belasungkawa dari banyak pihak, termasuk para selebriti Tanah Air, mulai dari musisi, aktor, presenter, hingga politisi. Bahkan ada yang memantau dari awal mendengar kabar musibah tsunami Banten, tampak dari unggahan media sosial berupa doa agar yang belum ditemukan segera ditemukan dan selamat, hingga benar-benar berduka ketika mengetahui yang sempat hilang ternyata meninggal dunia.

Siapa saja mereka? Berikut Brilio.net rangkum informasinya dari berbagai sumber, Senin (24/12).

1. Rian D'Masiv.

Loading...

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@rianekkypradipta

Rian mengungkapkan duka atas tsunami yang terjadi di Banten dan mengajak semua pengikutnya agar mendoakan keselamatan kru dan personel Seventeen yang belum ditemukan.

2. Eka Superman Is Dead.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@ekarock

"Turut berduka atas musibah yang dialami @seventeenbandid atas bencana Tsunami pada saat konser, semoga kerabat, teman dan yang tersayang semua cepat ditemukan. Begitupula dengan semua korban bencana Tsunami Di Banten.," tulis Eka personel Superman Is Dead (SID) pada caption. Ia pun juga menyampaikan press release terkait kronologi kejadian beserta daftar korban tsunami dari kalangan artis. Tak hanya Eka, personel SID yang lain, Bobby dan Jerinx juga menunjukkan belasungkawa pada akun Instagram masing-masing. 

3. Rizal Armada.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@rizalarmada

"Innalillahi wa innailaihi rajiun

.

Ya Allah, lindungilah kami dari segala macam marabahaya, bencana, dan musibah yg sedang menimpa negri ini

.

Turut berduka untuk semua korban

.

Doakan teman2, semoga @dylan_sahara istri dari @ifanseventeen segera di temukan, begitu juga dengan @hermanseventeen dan @andi_seventeen yg saat ini masih dalam proses pencarian

.

Doakan untuk teman kami, @baniseventeen semoga almarhum khusnul khotimah dan di terima semua amal perbuatan nya oleh Allah dan di tempat kan di tempat terbaik di Surga Allah, Aamiin

.

Mohon doa nya teman2," tulis Rizal di caption.

4. Cella Kotak.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@cellanadalam

Musisi Cella Kotak juga turut menyampaikan belasungkawanya melalui postingan Insta Story.

5. Arie Untung.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@ariekuntung

Arie Untung pun juga mengungkapkan duka citanya melalui postingan di Instagram. Berikut caption yang ditulis oleh suami Fenita Arie itu.

"Detik2 datangnya tsunami saat @seventeenbandid manggung di tanjung Lesung, Alhamdulillah @ifanseventeen selamat

Kabar duka bassis @baniseventeen meninggal dunia, doakan Husnul khotimah dan diberikan ketabahan utk keluarga,

istri @ifanseventeen @dylan_sahara dan personil band yang lain @hermanseventeen @andi_seventeen belum ditemukan.

Mohon doanya teman2

.

Semoga menjadi peringatan kita bersama, jangan lepas ingatan kita sama Allah sedetik juga

.

#masyaallahtabarakallah."

6. Ria Ricis.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: riaricis1795

"pray for seventeen band, pray for pantai Banten dan Lampung, pray for bumi ini yang semakin tua. ini semua mengingatkan kita pada bencana dan kematian benar2 rahasia Allah. semoga kita semua selalu dalam lindunganNya, Aamiiinn terus berdoa yaaa semua," ungkap Ricis melalui caption-nya.

7. Boy William.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@boywilliam17

"Pray for Banten & Lampung. Semoga teman2 kita dan keluarga yg ada disana diberi ketabahan dan kekuatan. God bless the people. .

.

Mohon maaf juga untuk teman2 yang sudah nungguin #NebengBoy bersama pak Presiden. Harus di postpone dulu ya. I hate breaking promises but let's all turn our focus to whats more important. Nanti kita akan kabarin lagi secepatnya. Pray for Banten & Lampung," ungkap Boy atas musibah tsunami di Banten.

8. Andre Taulany.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@andreastaulany

"Turut berduka cita yang sedalam2nya utk keluarga besar @seventeenbandid @ifanseventeen atas musibah tsunami banten yang terjadi .. semoga semua bs ditemukan dengan selamat .. Ya Allah ampunilah , lindungilah, selamatkanlah , kuatkanlah sodara2 ku disana .. amin ya robbal alamin #seventeenband #berduka #tsunami," tulis Andre.

9. Teuku Wisnu.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@teukuwisnu

"Inna lillahi wa inna ilaihi Roji'un dapat kabar sodara kita, mas @argojimmygo dan istrinya mas @adejigo meninggal . Semoga Allah menghapus semua dosa-dosa , dan menerima semua amalan-amalan mas @argojimmygo dan istri @adejigo ..

.

Dan kita doakan sodara-sodara kita yg juga terkena bencana ini. Semoga Allah ampuni semua dosa-dosa kita dan semoga Allah beri ketabahan untuk semua keluarga yg ditinggalkan.. aamiin Ya Allah," doa Teuku Wisnu.

10. Ridwan Kamil.

artis ucapkan belasungkawa instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"TURUT BERDUKA CITA atas bencana gelombang laut tinggi atau tsunami di pantai Banten dan Lampung. Semoga tidak banyak korban dan kerusakan. Kepada yang berduka, kita doakan agar selalu dikuatkan dan diberi kesabaran. Aamiin.," tulis Gubernur Jawa Barat itu.

11. Syahrini.

artis ucapkan belasungkawa berbagai sumber

foto: Instagram/@princessyahrini

Syahrini turut sedih atas musibah tsunami Banten. Lewat unggahan Instagram dia menyatakan, "Musim Dingin Tahun Ini, #Winter2018

Disertai Kesedihan Yang Mendalam Atas Meninggalnya Korban Tsunami Di Tanjung Lesung Anyer Dan Sekitarnya,

...

Alfatihah Untuk Para Korban Turut Berduka Cita Yg Sedalam2nya Semoga Bangsa Indonesia

Selalu Dalam Lindungan Allah Swt,

...

My Deepest Condolences,

Pray For Indonesia And Lots Of Love From Tokyo !"

12. Tantri Kotak.

artis ucapkan belasungkawa berbagai sumber

foto: Instagram/@tantrisyalindri

Seperti rekan satu bandnya, Tantri juga turut berduka dan berdoa supaya para korban dikuatkan. Dukungan ini disampaikan Tantri lewat akun Instagram.

"Pernah terfikir bagaimana rasanya jika maut menjemput saat saya sedang menghibur? Duka terdalam dari kemarin hingga pagi ini menyelimuti batin saya, saudara2 saya yang menjadi korban tsunami di Banten, keluarga besar @seventeenbandid mas @hermanseventeen mas @baniseventeen mas Okky RM dan salah satu crew, kang @argojimmygo istri dari mas @adejigo dan seluruh korban, saya turut berbelasungkawa. Bro @ifanseventeen gw tau lo pasti kuat dan sabar buat nyari @dylan_sahara buat segera kumpul bareng. Kita berdoa semoga dylan dan mas @andi_seventeen segera ditemukan dalam keadaan selamat. Amin ya Allah.. .

.

Semoga husnul khotimah untuk seluruh korban, amin..," tulisnya.

13. Melly Goeslaw.

artis ucapkan belasungkawa berbagai sumber

foto: Instagram/@melly_goeslaw

Musisi yang kerap menciptakan lagu-lagu hits ini menunjukkan duka mendalam bagi rekan sejawatnya, band Seventeen lewat unggahan Instagram pribadi. Melly berdoa supaya masyarakat di daerah terdampak tsunami Banten selalu sabar dan ikhlas.

14. Dewi Perssik.

artis ucapkan belasungkawa berbagai sumber

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Pedangdut Dewi Perssik turut menunjukkan belasungkawa atas musibah tsunami Banten.

"Innalillahi wainnailaihirojiun....turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi pada saudara2 kita..musibah tsunami dan sekitarnya...semoga Allah memberikan kesabaran ketabahan buat yg ditinggalkan... dan yang meninggalkan kita semoga Allah memberikan tempat yg indah di sisi Allah... amin yarobbal alamin...al fatiha ," tulisnya atas unggahan di atas.

15. Anggun.

artis ucapkan belasungkawa berbagai sumber

foto: Instagram/@anggun_cipta

Diva Indonesia, Anggun, menunjukkan perhatiannya atas tragedi tsunami Banten. Dalam unggahannya di Instagram, Anggun mengunggah foto Anak Gunung Krakatau yang sedang erupsi disertai caption, "Doa untuk #Banten dan #Lampung ."