Brilio.net - Academy Awards ke-91 yang paling dinanti telah usai digelar pada Senin pagi (25/2). Acara tersebut digelar secara langsung di gedung Dolby Theatre Los Angeles, Amerika Serikat. Dalam ajang penghargaan ini Green Book membawa pulang Piala Oscar untuk Best Picture, kemudian film biografi 'Bohemian Rhapsody' yang mengangkat kisah Freddie Mercury.

Suatu hal yang membanggakan dari film garapan sutradara Bryan Singer ini adalah berhasil memboyong empat Oscar, yakni Best Mixing Sound, Best Editing Sound, best actor, dan Best Film Editing. Pemeran Freddie Mercury dalam film Bohemian Rhapsody, Rami Malek memenangkan kategori Aktor Terbaik. Di mana ia berhasil mengalahkan Christian Bale (Vide), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Aternity's Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).

Seperti yang diketahui, film yang menceritakan perjalanan hidup Farrokh Bulsara alias Freddie Mercury bersama band Queen yang dimulai dari tahun 1970-an hingga kematiannya di tahun 1991. Film ini menjadi film biopik yang paling banyak ditunggu. Pasalnya sosok Freddie Mercury begitu dikenal dan dicintai oleh penggemarnya. Filmnya mendapat respons sangat bagus, tak heran jika film yang dirilis November 2018 lalu ini memboyong empat Oscar sekaligus.

Berikut ini beberapa penghargaan yang telah di raih film Bohemian Rhapsody yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/2).

1. Academy Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: Instagram/@bohemianrhapsodymovie

Academy Awards ke-91 yang berlangsung pada 25 Februari 2019, film Bohemian Rhapsody memenangkan empat Oscar. Christian Bale (Vide), Bradley Cooper (A Star Is Born), Willem Dafoe (At Aternity's Gate), dan Viggo Mortensen (Green Book).

2. AARP's Movies for Grownups Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: justjared.com

American Association of Retired Persons (AARP) merupakan kelompok penghargaan penting di Amerika Serikat. Di mana Pada 4 Februari 2019, film ini berhasil meraih Best Ensemble.

3. American Cinema Editors Eddie Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: Twitter/@ACEFilmEditors

American Cinema Editor (ACE) merupakan penghargaan bagi editor film yang dipilih kualitas pencapaian profesional, pendidikan mereka dari orang lain, dan dedikasi mereka untuk mengedit. Pada 1 Februari  2019 Bohemian Rhapsody berhasil meraih Best Edited Feature Film – Dramatic (John Ottman).
 
4. Australian Academy of Cinema and Television Arts (AACTA)

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: Instagram/@bohemianrhapsodymovie

AACTA merupakan organisasi profesional praktisi film dan televisi di Australia. Nah pada 4 Januari 2019 Bohemian Rhapsody memenangkan Best Lead Actor (Rami Malek).

5. British Academy Film Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: ctvnews.ca

British Academy Film Awards merupakan penghargaan Televisi. Pada 10 Februari 2019, film Bohemian Rhapsody memenangkan Best Actor in a Leading Role (Rami Malek) dan Best Sound (John Casali, Tim Cavagin, Nina Hartstone, Paul Massey, John Warhurst)
 
6. Cinema Audio Society Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: thewrap.com

Cinema Audio Society Awards merupakan  penghargaan tahunan yang diberikan oleh Cinema Audio Society yang menghargai pencapaian luar biasa dalam pencampuran suara. Pada tahun 16 Februari 2019, film Bohemian Rhapsody memenangkan Outstanding Achievement in Sound Mixing for a Feature Film.

7. Golden Globe Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: eonline.com

Golden Globe Awards adalah penghargaan yang diberikan oleh 93 anggota Hollywood Foreign Press Association mulai Januari 1944, mengakui keunggulan dalam film dan televisi, baik domestik maupun asing. Pada 6 Januari 2019, film Bohemian Rhapsody memenangkan Best Motion Picture – Drama dan Best Actor – Motion Picture Drama (Rami Malek).
 
8. Los Angeles Online Film Critics Society Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: tomandlorenzo.com

Los Angeles Online Film Critics Society (LAOFCS) merupakan organisasi kritikus film di Los Angeles, California. Pada 9 Januari 2019, film Bohemian Rhapsody berhasil memenangkan Best Actor (Rami Malek).
 
9. Motion Picture Sound Editors' Golden Reel Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: hollywoodreporter.com

Motion Picture Sound Editors' Golden Reel Awards merupakan ajang penghargaan bagi editor film. Pada 17 Februari 2019, film Bohemian Rhapsody memenangakn dua penghargaan, yakni Feature Film – Musical dan Feature Film – Dialogue / ADR.
 
10. Palm Springs International Film Festival

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: upi.com

Palm Springs International Film Festival merupakan festival film yang diadakan di Palm Springs, California. Pada 3 Januari 2019, film Bohemian Rhapsody berhasil meraih Breakthrough Performance Award (Rami Malek).
 
11. Santa Barbara International Film Festival

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: noozhawk.com

Santa Barbara International Film Festival merupakan festival film sebelas hari yang diadakan di Santa Barbara, California sejak tahun 1986. Pada 1 Februari 2019 memenankan Outstanding Performance of the Year Award (Rami Malek).
 
12. Satellite Awards

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: billboard.com

Satellite Awards adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh International Press Academy yang umumnya dicatat dalam jurnal dan blog industri hiburan. Pada 17 Februari 2019, film ini meraih Best Actor – Comedy/Musical (Rami Malek).
 
13. Screen Actors Guild Award

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: indiawest.com

Screen Actors Guild Awards merupakan penghargaan yang diberikan oleh Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) untuk mengenali penampilan luar biasa dalam film dan televisi prime time. Pada 27 Januari 2019, Bohemian Rhapsody memenangkan Outstanding Performance by a Male Actor in a Leading Role (Rami Malek).
 
14. St. Louis Film Critics Association

Bohemian Rhapsody raih 4 Oscar istimewa

foto: kenlevine.blogspot.com

St. Louis Film Critics Association merupakan organisasi kritikus film yang beroperasi di Greater St. Louis dan daerah-daerah sekitarnya, Missouri dan Illinois yang didirikan pada tahun 2004. Pada 16 Desember 2018, film ini meraih penghargaan untuk ketegori Best Soundtrack.