Brilio.net - Manga ialah istilah ini berasal dari Jepang yang biasanya ditujukan untuk cerita bergambar atau komik. Pada umumnya, manga menceritakan seputar kebudayaan, tradisi, dan kehidupan masyarakat di Jepang. Sebutan untuk orang yang membuat manga adalah mangaka.

Sementara anime merupakan istilah untuk menyebut film animasi khas Jepang. Anime merupakan singkatan dari animetion yang memiliki arti gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek.

Biasanya, anime merupakan perwujudan animasi dari cerita manga. Namun, ada pula anime yang dibuat tanpa harus dibuat manganya terlebih dahulu. Dengan kata lain anime adalah sebutan karya animasi atau film kartun yang dibuat di Jepang.

Seiring berkembangnya waktu, karya manga semakin dikenal dunia dan diadaptasi ke film-film kartun dengan tujuan agar manga bisa menghibur anak-anak kecil. Di Indonesia juga telah banyak kartun anime yang diangkat dari manga, di antaranya :

1. Captain Tsubasa

Loading...

Anime © 2019 brilio.net

foto: captaintsubasa.wikia.com

Captain Tsubasa merupakan salah satu kartun anime bergenre olahraga paling populer sekaligus favorit di kalangan anak-anak generasi 90-an di Indonesia. Anime ini menceritakan tentang sosok anak laki-laki bernama Tsubasa Ozora yang sangat pandai bermain sepak bola. Bersama tim SD Nankatsu, ia mulai menjuarai berbagai kompetisi hingga bisa bergabung dengan Timnas sepak bola Jepang.

2. Inuyasha

Anime © 2019 brilio.net

foto: myanimelist.net

Di Indonesia, anime yang menceritakan pertualangan seorang siluman bernama InuYasha. Bersama teman-temannya mencari Shikon No Tama serta usaha InuYasha dan Sesshoumaru mengalahkan Naraku ini pernah ditayangkan di beberapa stasiun televisi. Selain anime, salah satu satu lagu ending anime Inuyasha berjudul Fukai Mori yang dibawakan oleh Do As Infinity juga sangat populer di kalangan anak 90-an sampai sekarang.

3. Hamtaro

Anime © 2019 brilio.net

foto: matome.naver.jp

Tingkah lucu dan menggemaskan para hamster dalam anime berjudul Hamtaro selalu mengisi minggu pagi di awal tahun 2000-an. Meski sebenarnya film ini dibuat untuk anak-anak, namun banyak pula orang-orang dewasa di Indonesia yang sangat menyukai film Hamtaro bahkan sampai hafal lagu opening-nya.

4. Chibi Maruko – Chan

Anime © 2019 brilio.net

foto: atpress.ne.jp

Film kartun ini telah tayang di stasiun televisi swasta di Indonesia, anime ini diangkat dari manga popular karya Momoko Sakura. Versi manganya sendiri ditulis berdasarkan pengalaman masa kecil sang penulis, bercerita tentang kehidupan sehari-hari gadis kecil bernama Maruko bersama anak-anak SD di Jepang.

5. Lets & Go

Anime © 2019 brilio.net

foto: warnerbros.co.jp

Film yang tayang tiap jam 06.30 pagi ini sukses mendorong niat anak-anak untuk bangun lebih pagi. Melalui film ini pula, mainan Tamiya laris manis terjual.

6. Doraemon

Anime © 2019 brilio.net

foto: tv-asahi.co.jp

Film kartun yang amat sangat terkenal sepanjang masa ini merupakan anime yang diangkat dari manga karya mangaka legendaris Jepang, Fujiko F. Fujio yang sudah berpuluh-puluh tahun

berkarya.

7. Samurai X

Anime © 2019 brilio.net

foto: video.com

Film yang berlatar belakang kisah masa lalu di Jepang ini menceritakan sosok samurai bernama Kenshin yang mendapat julukan “battosai si pembantai”. Buat kamu generasi milenial, mungkin  masih familiar banget dengan lagu opening film yang semoat booming di tahun 90an ini.

8. Detective Conan

Anime © 2019 brilio.net

foto: matome.naver.jp

Film ini mungkin masih terngiang banget bagi kamu generasi milenial. Film yang menceritakan banyak teka-teki ini terkadang sangat menyebalkan karena film tersebut berakhir di tengah klimaks dan berlanjut satu munggu kemudian. Gimana nggak sebal, lagi seru-serunya eh malah bersambung.

9. Ninja Hattori

Anime © 2019 brilio.net

foto : Amazon.co.jp

Serial anime Jepang berjudul Ninja Hattori yang memang sangat populer di Indonesia kala itu “Mendaki gunung lewati lembah, sungan mengalir indah ke samudera bersama teman bertualang”. Anime yang menceritakan sosok ninja cilik, Hattori dan anak SD bernama Kenichi Mitsuba ini menjadi deretan anime yang paling ditunggu-tunggu di hari minggu.

10. Crayon Shin-Can

Anime © 2019 brilio.net

foto: futabasha.com

Meski sempat diprotes karena dianggap memberi contoh yang tidak baik kepada anak-anak lewat tayangan ini, Crayon Shin-Can tetap berada terkenang karena kenakalan dan kekonyolannya.

11. Naruto

Anime © 2019 brilio.net

foto: Netflix.com

Film kartun Naruto ini merupakan favorit anak-anak terutama laki-laki. Serial yang menayangkan seorang ninja hiperaktif, periang dan ambisius ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya. Bahkan tak jarang anak laki-laki yang bangga bisa memiliki kaos bergambar Naruto.

12. Sailor Moon

Anime © 2019 brilio.net

foto: themarysue.com

Film yang hanya ditayangkan seminggu sekali ini sempat booming di Indonesia lantaran tokoh seorang gadis berpakaian sailor (sera fuku, seragam sekolah atau seifuku untuk siswi Jepang yang diadaptasi dari seragam pelaut) mengejar seorang lelaki bertuksedo dan memakai topeng. Keduanya bertarung untuk mencari Kristal Perak (Silver Crystal) yang ternyata tidak ada di tangan sang pemuda.

mgg/chatarina lia