Brilio.net - Setiap orang tentu memiliki latar belakang yang berbeda-beda.
Tak terkecuali seorang artis. Lazimnya artis, punya latar belakang yang tak jauh dari dunia artis misal model, presenter, kru film, penyiar radio, pemain teater, dan lain-lain. Ada pula yang orang biasa kemudian menjadi artis terkenal.

Bahkan ada yang punya latar belakang sama sekali tak ada kaitan dengan dunia keartisan. Ternyata ada juga artis yang punya latar belakang unik, yaitu atlet profesional. Bakat olahraga yang mereka miliki, ternyata nggak cuma membuat mereka sukses di satu bidang itu saja. Namun membawa keberuntungan di bidang lain, termasuk dunia hiburan.

Berikut ini 12 aktor dan aktris yang ternyata dulunya adalah seorang atlet yang kaya prestasi. Siapa saja sih? Brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber untuk kamu, Kamis (4/2):

1. Tya Ariestia

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: kapanlagi.com

Sebelum terjun sebagai aktris dan presenter, Tya Ariestia telah lebih dulu besar sebagai seorang atlet. Bukan main-main, dunia olahraga yang dia geluti adalah taekwondo. Olahraga tersebut bisa dibilang ekstrim untuk perempuan. Prestasi Tya Ariestia bisa dibilang cukup gemilang. Dia pernah mengantongi 8 medali emas, 3 perak,  dan 1 perunggu untuk tingkat nasional. Tya juga pernah menjadi Duta Taekwondo Indonesia pada tahun 2012-2013. Kini sepertinya Tya sedang mengurangi kegiatannya ber-taekwondo karena tengah hamil muda.

2. Prisia Nasution

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto:indopos.co.id

Perempuan berusia 30 tahun ini sejak SMP sudah mengikuti ekstra kulikuler pencat silat di sekolahnya, Hingga membawanya sebagai atlet pencak silat nasional. Prisia aktif mengikuti kompetisi nasional serta Porda, terakhir Prisia mengikuti Porda tahun 2007. Setelah itu Prisia lebih menggunakan bakatnya di bidang silat untuk kebutuhan filmnya.

3. Hannah Al Rasyid

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto: twitter.com

Perempuan berwajah blasteran ini pun juga ternyata pernah menekuni dunia olahraga. Hannah yang lahir dan dibesarkan di London, Inggris dilatih pencak silat sejak kecil oleh ayahnya. Aktris dan juga model yang dikenal dengan gayanya sedikit tomboy ini bahkan pernah menjadi perwakilan Inggris di kompetisi pencak silat Internasional.

4. Joe Taslim

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: kompasiana.com

Sebelum wajahnya sering muncul di layar televisi sebagai aktor maupun model iklan, nama Joe Taslim lebih dulu dikenal sebagai seorang atlet judo profesional. Joe pernah mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di ajang SEA Games 2007 dan medali emas di ajang South East Asia Judo Championship di Singapura tahun 1999. Nama Joe Taslim pun kini semakin gemilang setelah berhasil membintangi film The Raid dan sempat berhasil meraih satu peran di film Fast and Furious 6.

5. Iko Uwais

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: kaskus.co.id

Aktor laga Indonesia ini memang dikenal dengan peran-perannya yang menantang di berbagai film aksi. Suami dari penyanyi Audy ini sudah menekuni dunia pencak silat sejak tahun 1993. Di ajang Pencak Silat, Iko pernah mendapat prestasi sebagai juara III, kejuaraan daerah antar perguruan DKI Jakarta tahun 2003, dan sebagai penampil terbaik kategori dewasa tunggal pada Festival Pencak Silat Cibubur tahun 2005. Kini bahkan dia bisa menjadi aktor berkat kepiawaiannya dalam melakukan olahraga pencak silat yang ditekuninya.

6. Denny Soemargo

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: mainbasket.files.wordpress.com

Sejak tahun 2000, pria kelahiran Makasar ini menekuni olahraga basket. Denny bergabung dengan tim Aspac Jakarta dan berhasil menjuarai IBL beberapa kali. Denny Soemargo juga masuk dalam tim basket nasional Indonesia pada tahun 2001, 2003, 2007, dan masuk dalam MVP IBL 2008.

Selain bersama klub Aspac, Denny pun pernah bergabung dnegan Satria Muda Britama pun selalu penuh prestasi. Kini Denny malah lebih sering tampil di televisi sebagai host dan pernah membintangi beberapa judul film.

7. Donny Kesuma

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto: kapanalagi.com

Aktor kawakan Indonesia Donny Kesuma ini ternyata semasa muda adalah seorang atlet softball nasional. Donny mengenal softball sejak SMA. Donny awalnya tergabung dalam tim junior DKI Jakarta dan setahun kemudian dia naik kelas menjadi tim softball Senior. Hanya sekitar setahun bergabung di tim senior, Donny sudah dipanggil untuk bergabung menjadi tim nasional softball Indonesia. Bahkan Donny pun menyandang gelar sebagai pitcher atau pelempar tercepat 1996-2001 tingkat Asia.

8. Samuel Rizal

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto: kapanalagi.com

Aktor ganteng dan juga bertubuh kekar ini lebih dulu menekuni karir sebagai pebasket sebelum terjun menjadi aktor. Cowok yang selalu tampil dengan rambut super cepak ini mengawali kariernya di klub Satria Muda. Sebelumnya dia sempat mewakili Indonesia pada kejuaraan three on three di Taiwan. Dia juga pernah terpilih sebagai anggota timnas junior Indonesia

9. Chuck Noris

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto: spinoff.comicbookresources.com

Carlos Ray Norris Jr atau lebih dikenal sebagai Chuck Norris adalah aktor yang sudah membintangi banyak judul film. Sebelum menjadi aktor terkenal seperti sekarng ini, dulu Norris adalah seorang atlet karate. Tak heran kalau Norris selali piawai memerankan adegan perkelahian dan banyak terlibat dalam produksi film action.

10. Dwayne Johnson

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: media.tumblr.com

Bintang film Fast Furious 6 ini juga merupakan mantan atlet semasa mudanya. Dwayne Johnson adalah seorag pegulat profesional di WWE. Pada tahun 2002 Dwayne Johnson baru mulai bermain film dan perlahan meninggalkan karirnya sebagai atlet gulat profesional

11. Arnold Schwarzenegger

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!  foto: bestpictureblog.com

Aktor film action kawakan hollywood dan juga mantan gubernur California ini pasti sudah tidak asing lagi kan? Arnold Schwarzenegger dulunya adalah seorang atlet binaraga. Bahkan museum rekor dunia Guinnes menyebut Arnold sebagai binaragawan paling sempurna di dunia pada tahun 70an. Badannya yang kekar dan atletis membuatnya menjuarai bebragai perlombaan yang ia ikuti.

12. Jason Statham

12 Artis ini ternyata dulunya atlet profesional, wow!

foto: youtube.com

Aktor tampan yang dikenal dengan aksi-aksinya membintangi film action ini ternyata dulunya adalah seorang atlet renang. Statham pernah mewakili tim Inggris dalam kompetisi menyelam di kompetisi Commonwealth Games yang digelar di Auckland, Selandia Baru pada tahun 1990. Saat itu sia Statham 23 tahun, Statham berhasil mencapa finish kedelapan dalam lomba renang springboard 1 meter dan mendapatkan skor 487.26. Statham juga mencetak prestasi finis ke-11 di springboard 3 meter dan menempati posisi ke-10 di platform 10 meter. Atas prestasinya ini, Statham masuk dalam 12 besar kompetisi menyelam tingkat dunia.