Brilio.net - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi salah satu pemimpin yang banyak dikagumi. Selain memang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, Kang Emil, begitu sapaan akrabnya itu memiliki pemikiran bak anak muda sehingga sangat mudah diterima. Sebagai seorang pemimpin, Kang Emil ini sudah layaknya selebriti, kepopuleran bapak tiga anak ini tak diragukan lagi. Salah satunya adalah potret lawasnya. 

Tak heran memang, lahir di era 70-an membuat Kang Emil memiliki penampilan unik dan tentunya sangat beken pada masa itu. Baru-baru ini pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini mengunggah potret masa SMA-nya yang berhasil menarik perhatian publik.

Ridwan Kamil merasa wajahnya terlihat sangat tua jika dibandingkan dengan anak SMP zaman sekarang. Dia pun menceritakan pengalamannya ketika masih duduk di bangku SMP.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

Loading...

"Zaman SMP. Zaman wajib hapal semua nama menteri kabinet, buku Lupus dan sinetron Return To Eden. Rambut mah udah gomplok dari dulunya. Tampangnya tuir-tuir mirip kepsek jika dibandingkan anak SMP zaman sekarang," tulis Kang Emil sebagai keterangan foto.

Tak hanya kali ini saja, suami Atalia Praratya ini kerap mengunggah potret lawasnya yang tak kalah menariknya. Nah berikut ini ada beberapa potret lawas Ridwan Kamil yang jadul abis, seperti dilansir brilio.net dari Instagram @ridwankamil.

1. Nih wajah Kang Emil waktu masih kecil. Katanya sih dulu bercita-cita ingin jadi vokalis. Kang Emil yang di tengah. Gemesin ya.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Cita-cita jadi vokalis Noah atau kangen band karena dari kecil rambut sdh gaya polem, eh gedenya malah jadi walikota.. *saya yg sipit di tengah," tulis Kang Emil.

2. Kang Emil dari kecil emang udah kece abis ya. Gayanya duh nggak nahan. Potret ini ketika Kang Emil masih berusia 5 tahun.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Kiri 5 tahun waktu cita-cita masih ingin jadi Astronot. Kanan 45 tahun jadinya malah jadi pemimpin Bandung. Gaya jaketnya masih sama. Bedanya dulu dibeliin mamah," ujarnya.

3. Gayanya nggak kalah nyentrik pas SMA. Gantengnya anak zaman dulu begini nih. Kang Emil malah ngerasa mirip Bayu Skak.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Generasi Dilan Milea. Generasi SMA boleh rada gondrong. Ketika saya lebih mirip bayu skak. Saya yang mana hayo? *Yang paling kanan berdiri cocok jadi Milea. Yang pake jaket jeans jongkok cocok jadi Dilan. Yang bawah pohon pisang itu cocok jadi Lupus," katanya.

4. Kalau ini pas waktu SMP. Kalau dilihat-lihat style zaman dulu keren juga ya.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Kenapa jaman SMP saya (bawah tengah) malah keliatan lebih tua? Namun rambut gomplok cetarnya masih sama. Pada berotot karena sibuk aktivitas dan tidak ada hapeeee! Ini di SMPN 2 Bandung tahun 1986, Zaman Lupus dan Zaman 'I want to break free' by Queen," ujar Kang Emil.

5. Beranjak dewasa nih. Kalau ini momen Kang Emil wisuda.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"FOTO WISUDA 19 tahun lalu di program magister Urban Design di Univ California Berkeley. Saat itu saya tidak punya biaya, namun alhamdulillah diberi beasiswa sambil cari tambahan dengan kerja magang sana sini, termasuk magang di Dinas Tata Kota Berkeley. _____ Allah Maha Baik, selalu memberi jalan kepada hamba dan umatNYA yang berusaha dan berdoa. Jika saya bisa, kamu para milenial pun bisa. Semangat, karena kamu-kamu adalah para penggenggam masa depan," tulisnya.

6. Kang Emil terlihat kurusan ya. Kira-kira dulu berat badannya berapa ya?

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

7. Kata Kang Emil, dulu badan masih ringan banget.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Ketika 20 kg lebih ringan. Ketika gak ada yang mau. 2 gadis sebelah pun menertawakan nasibku. *gak pake pensil alis," ujarnya.

8. Pesona Kang Emil memang sudah terlihat sejak masih muda ya. Ganteng banget, kaya artis.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Nemu foto jaman mahasiswa. 23 tahun lalu ketika 10 kg lebih ringan. Ini pose hits standar anak 90an ala Julius Sitanggang temennya Endang S Taurina. ini difoto pose ala Elmo sambil senyum kecut di bulan-bulan ditinggal mantan kawin bahagia ama orang.," Kata Kang Emil.

9. Foto saat wisuda teknik arsitektur tahun 1995. Kata Kang Emil ini menjadi hari paling istimewa buat dirinya.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil

"Hari paling istimewa karena bisa membuat Ibunda meneteskan air mata bahagia," ujarnya.

10. "Perbedaan 24 tahun. Kiri 1995, Kanan 2019. Bersama Ibunda, guru pertama dan guru abadiku. Model rambut tahun 1995 sudah gomplok Top Collection," tulis Kang Emil sebagai keterang foto.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

Potret jadul Ridwan Kamil-Instagram/Instagram

11. Nah kalau ini ketika sudah menjadi ayah. Dari kecil hingga sekarang, parasnya sudah berhasil membuat orang jatuh hati nih.

Potret jadul Ridwan Kamil Instagram

foto: Instagram/@ridwankamil