Brilio.net - Suka atau tidak, Bollywood menjadi pasar perfilman yang sangat laris di seluruh dunia. Sebelum adanya demam Korea, di Tanah Air sudah lebih dulu demam film Bollywood. Apalagi film yang dibintangi oleh bintang top seperti, Sridevi, Shah Rukh Khan, Sridevi, Ajay Devgan, dan masih banyak lagi.

Mereka yang kerap muncul di perfilman Bollywood membuat namanya selalu terngiang di telinga. Namun ternyata beberapa aktor papan atas menggunakan nama panggung, lho. Mereka tidak menggunakan nama asli mereka untuk dunia entertainment. Alasannya beragam, salah satunya untuk menunjang popularitas.

Lantas siapa saja sih seleb Bollywood yang punya nama panggung? Berikut brilio.net rangkum dari Freepressjournal.in, pada Senin (20/7).

1. Saif Ali Khan.

foto: Instagram/@kareena_kapoorfan4


Saif Ali Khan merupakan aktor Bollywood terkenal. Dia memulai debutnya lewat film Parampara di tahun 1992 bersama dengan Yash Chopra. Saif Ali Khan dilahirkan dengan nama Sajid Ali Khan. Akan tetapi dia mengganti namanya menjadi Saif Ali Khan.

Perubahan nama Saif Ali Khan ini pertama kali diketahui ketika surat nikah Saif dan Kareena tersebar. Pada surat tersebut nama Saif Ali Khan dieja sebagai Sajid Ali Khan.

2. Shilpa Shetty.

Loading...

foto: Instagram/@theshilpashetty

Nama Shilpa Shetty juga terkenal di dunia Bollywood. Perempuan yang kini sibuk dengan keluarga dan YouTube channel-nya ini sebenarnya memiliki nama asli, Ashwini Shetty. Shilpa diketahui mengganti namanya saat dirinya masih remaja karena alasan numerologis.

Numerologis maksudnya adalah ilmu pengetahuan, angka, penanggalan dan hubungannya dengan suatu kejadian, brilio.net melansir merdeka.com, pada Senin (20/7).

3. Ajay Devgn.

foto: Instagram/@ajaydevgn

Kamu kerap bingung dengan nama suami Kajol? Ajay Devgan atau Ajay Devgn? Sebetulnya kedua nama tersebut pernah dipakai oleh aktor besar Bollywood tersebut. Pria yang sudah berkarier lebih dari 25 tahun itu diketahui sudah dua kali mengganti namanya.

Ajay Devgn dilahirkan dengan nama Vishal Devgan. Kemudian saat memasuki dunia Bollywood, Ajay mengganti namanya menjadi Ajay Devgan. Sekarang seperti yang diketahui di sosial medianya, dia menggunakan nama Ajay Devgn. Dia menghilangkan huruf 'A' pada marga keluarganya.

4. Ranveer Singh.

foto: Instagram/@ranveersingh

Ranveer Singh aktor tampan ini tidak mengganti namanya, hanya saja menghilangkan nama belakang keluarganya. Ketika memasuki Bollywood, Ranveer menghilangkan nama 'Bhavnani'. Dalam sebuah wawancara dengan harian terkemuka, dia mengungkapkan mengapa dia memilih tidak menyertakan nama keluarganya.

"Itu terlalu lama, terlalu banyak suku kata. Ranveer 'Singh' ringkas, jernih, dan mudah diingat. Ranveer Singh Bhavnani terlalu panjang." terang Ranveer.

5. Sridevi.

foto: Instagram/@sridevi.kapoor

Mega bintang Bollywood, Sridevi rupanya memiliki nama asli yang mungkin jarang kamu dengar. Dia memiliki nama Shree Amma Yanger Ayyappan. Sridevi sudah memulai kariernya sejak masih belia, dan sukses membintangi banyak film. Sayangnya bintang papan atas itu harus meninggalkan keluarga dan para penggemarnya. Nama Sridevi akan selalu dikenang bagi penikmat karya Sridevi, selamanya.

2 dari 2 halaman


6. Jackie Shroff.

foto: Instagram/@apnabhidu


Salah satu aktor Bollywood yang juga diketahui menggunakan nama panggung adalah Jackie Shroff. Pria karismatik ini punya nama asli yaitu Jaikishan Kaku Bhai. Nama 'Jackie' menjadi nama panggungnya setelah dia membintangi sebuah film pahlawan dengan nama Jackie.

7. Mallika Sherawat.

foto: Instagram/@mallikasherawat


Mantan model Bollywood, Mallika Sherawat dilahirkan dengan nama Reema Lamba dari keluarga Jat. Dia memilih nama panggung, Mallika yang berarti ratu. Sedangkan Sherawat adalah nama gadis ibunya.

8. Reena Roy.

foto: Instagram/@reenaroy_mylove


Aktris yang sangat top di Bollywood pada era 1972 hingga 1985 ini memiliki nama yang berubah-ubah. Reena Roy memiliki orangtua yang kebetulan berbeda agama.

Saat lahir dia diberi nama Saira Khan. Namun ketika kedua orangtuanya bercerai, nama Reena Roy diganti oleh ibunya menjadi Roopa Rai. Akan tetapi setelah masuk ke dunia Bollywood, dia memilih nama Reena Roy sebagai nama panggungnya.

9. Sunny Deol.

foto: Instagram/@iamsunnydeol


Sunny Deol merupakan anak dari aktor veteran Dharmendra. Mengikuti jejak karier sang ayah, Sunny Deol sukses menjadi seorang aktor sekaligus sutradara dan produser film.

Aktor kawakan ini sebetulnya memiliki nama lahir Ajay Singh Deol. Adiknya yang juga menyelami dunia entertainment, mengganti nama dari yang sebelumnya Vijay Singh Deol menjadi Bobby Deol.

10. Sanjeev Kumar.

foto: Instagram/@marketingbyraj


Aktor yang terkenal di tahun 1960-an hingga 1970-an ini punya nama yang berbeda. Dilahirkan sebagai Harihar Jethalal Jariwala, aktor memulai peran kecilnya di film Hum Hindustani ini mengganti namanya saat di dunia entertainment. Meski begitu Sanjeev berhasil membawa namanya menjadi aktor yang diperhitungkan di dunia Bollywood.