Brilio.net - Polisi punya gaya yang identik gagah, berani, jujur, dan berwibawa. Profesi yang tak pernah lelah menegakkan keadilan demi semua orang. Orang yang rela berkorban bertaruh nyawa melawan kejahatan. Polisi terus berusaha menangkap orang jahat lalu menjebloskannya ke dalam penjara. Dengan borgol dan pistol yang terkesan menakutkan, membuat penjahat jadi lemas menatapnya.

Sosok polisi ini pun menjadi inspirasi dari para sineas India untuk salah satu tokoh di film. Nggak cuma satu judul film, ada banyak film India yang justru mengangkat peran utamanya seorang karakter Polisi. Sosok yang satu ini digambarkan sebagai orang yang tahan peluru, lihai bermain pistol, dan mahir saat menyetir.

Meski terkadang terlambat datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), kendati demikian sosoknya tetap dinanti oleh semua orang. Kalau di film India sendiri, polisi banyak diperankan oleh aktor tampan, gagah, dan terkesan berwibawa. Menariknya lagi, polisi di film India ini punya nama-nama unik yang melekat padanya.

Nah, siapa saja nih seleb Bollywood yang sering langganan berperan jadi polisi di film India? Simak lansiran brilio.net dari laman filmfare pada Jumat (14/2).

1. Amir Khan.

foto: filmfare.com

Aamir Khan berperan sebagai karakter polisi yang berwibawa dan tegas. Nama polisi yang melekat padanya ialah Inspektur Ajay Singh Rathod. Peran ini benar-benar memberi ingatan indah pada banyak orang.

2. Ajay Devgan.

Loading...

foto: filmfare.com

Pria pemilik nama asli Vishal Veeru Devgan ini mengawali karier profesionalnya lewat film Phool Aur Kaante pada 1991 silam. Kemudian kariernya mulai melejit seiring waktu.

Namanya sempat naik daun setelah bermain sebagai pemeran utama dalam film Singham Returns. Dalam film itu, Ajay berperan sebagai seorang polisi bernama Inspektur Bajirao Singham.

3. Akshay Kumar.

foto: Instagram/@praveen_akki07

Akshay Kumar dikenal sebagai polisi bernama Inspektur Vikram Rathore. Peran itu muncul di film Rowdy Rathore pada 2012 silam. Karakternya sebagai polisi begitu keren dan tak kenal rasa takut sama sekali.

4. Amitabh Bachchan.

foto: istimewa

Amitabh Bachchan adalah aktor senior dan legendari di India. Sudah banyak film India yang pernah ia bintangi. Salah satu karakter yang paling mengena di hati banyak orang saat ia berperan sebagai Inspektur Vijay. Kala itu ia tampil jadi Inspektur Vijay di film drama aksi berjudul Zanjeer. Sejak saat itu pula ia mulai tampil sebagai karakter Inspektur Vijay di dua puluh film lainnya.

5. Manoj Bajpayee.

foto: filmfare.com

Dalam film Shool yang tayang pada 1999, Manoj Bajpayee berperan sebagai polisi yang patriotik, jujur, dan rela membatu banyak orang. Dari perannya sebagai Inspektur Samar Pratap Singh, ia mendapatkan penghargaan Aktor Terbaik Filmfare.
 

2 dari 2 halaman


6. Ranveer Singh.

foto: filmfare.com

Bagi kamu pencinta film India, pasti sudah tak asing lagi dengan film Simmba. Di film ini peran polisi dimainkan oleh aktor papan atas Ranveer Singh. Film itu membuat Ranveer Singh berperan sebagai polisi untuk pertama kalinya. Ranveer berperan sebagai Inspektur Sangram Bhalerao di film tersebut.

7. Salman Khan.

foto: filmfare.com

Aktor papan atas Bollywood, Salman Khan juga identik sering berperan sebagai polisi. Salman Khan berperan sebagai Inspektur Chulbul Pandey, di film Dabangg. Karakternya kala itu berhasil membuat banyak orang terpana. Salman Khan bahkan sempat menembus box-office melalui karakter inspekturnya itu.

8. Johnny Lever.

foto: Facebook/@Liez Suryani

Berbeda dari sosok polisi yang keren dan berwibawa, Johnny Lever kerap memainkan peran polisi yang kocak dan humoris. Meski bukan jadi pemeran utama, peran Johnny Lever tetap tak tergantikan di hati penonton. Beragam aksi kocaknya saat menumpas kejahatan pun mampu membuat penggemar tertawa terpingkal-pingkal.

9. Rani Mukherjee.

foto: filmfare.com

Nggak kalah dengan aktor tampan, aktris cantik Rani Mukherjee juga identik sebagai inspektur cantik di film Mardaani. Karakternya sebagai polisi cantik, menunjukkan kepribadian yang kuat dan dapat berdiri di dunia dengan kedua telapak kakinya sendiri. Nama karakter polisi yang sempat dimainkan Rani Mukherjee adalah Inspektur Shivani Shivaji Roy.
 
10. Tabu.

foto: filmfare.com

Tabu berperan sebagai polisi dan seorang ibu yang kehilangan putranya di film Drishyam. Dalam film, Tabu berperan sebagai Inspektur Meera Deshpande.