Brilio.net - Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang dapat dikatakan vital dalam rumah. Pasalnya, ruangan inilah yang menjadi gerbang masuk antara luar dan dalam rumah. Ruang tamu kerap disepelekan oleh pemilik rumah. Sebab kegunaan dari ruang tamu hanya dianggap sebagai tempat menerima tamu.

Meski kadang disepelekan dan jarang digunakan, ternyata ruang tamu memang menjadi tempat utama pengubah perasaan pemilik rumah. Setelah seharian beraktivitas di luar rumah, tentu rumah menjadi tujuan utama menentramkan diri. Segala penat dan keluh kesah seusai beraktivitas dapat berubah menjadi perasaan bahagia dan baik di ruang tamu.

Ruang tamu bisa menjadi tempat mengubah perasaanmu menjadi lebih baik. Hal itu dapat kamu lakukan jika kamu benar melakukan penataan ruang tamu. Namun demikian banyak di antara kamu yang salah melakukan penataan ruang tamu. Akibatnya, ruang tamu hanya sekadar tempat menerima tamu.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan berikut ini sebaiknya tidak kamu lakukan lagi. Berikut 9 kesalahan penataan ruang tamu seperti dihimpun brilio.net dari cosmopolitan, Jumat (10/2).

1. Memilih warna cat dinding yang salah.

Loading...

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Dalam pemilihan warna cat dinding ruang tamu, sebaiknya memilih warna yang bisa menetralkan stres di pikiran. Menurut Simon Moore, seorang psikolog menyebutkan warna krem, abu-abu, dan beige bisa jadi warna terbaik untuk ruang tamu.

2. Memilih sofa atas keinginan bukan kebutuhan.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Bukan hanya kamu saja yang merasa ingin memiliki sofa cantik untuk ruang tamu. Eits, tapi tunggu dulu! Kamu harus mengutamakan kebutuhanmu.

Banyak di antara kamu memilih sofa untuk memberi kesan indah pada ruang tamu, padahal hal yang kamu cari adalah kenyamanan. Pilih sesuai kebutuhanmu dan tentunya rasa nyaman.

3. Kurang unsur alam atau tanaman.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: pinterest.com

Tak diragukan lagi, ruang tamu akan menjadi tempat penghilang penat jika ada unsur tanaman di dalamnya. Akan tetapi banyak di antara kamu tidak pernah memberikan sentuhan hijau tanaman. Hayo, sekarang lihat ruang tamu kamu, ada tanaman nggak?

4. Tidak memasang foto.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Tidak menambahkan foto di ruang tamu adalah kesalahan yang sering dilakukan orang. Padahal dengan melihat foto seseorang atau keluarga di ruang tamu dapat mengubah perasaan suntuk menjadi rileks. Mengingat orang-orang terkasih di sekitar dapat membuat perasaan lebih baik.

5. Sofa tidak cukup besar.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: minimalisti.com

Kesalahan selanjutnya terletak pada ukuran sofa. Biasanya kamu akan memilih sofa yang kecil dan ringan, karena mudah dalam hal perawatan. Sofa di ruang tamu sebaiknya dipilih yang besar dan lebar.

Pasalnya, sofa yang besar mampu menampung banyak orang. Dengan begitu, siapa saja akan merasa nyaman di ruang tamu karena tidak sempit.

6. Melupakan tekstur dan benda-benda nyaman.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Sering kali setelah ada sofa, kamu melupakan benda berikut ini. Melupakan benda-benda yang dapat memberi kenyamanan. Benda-benda tersebut meliputi bantal dan karpet. Benda yang membuat nyaman dapat mengubah perasaan menurut psikologi.

7. Tidak menyesuaikan gaya hidupmu.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Ruang tamu bisa jadi tempat yang akan kamu gunakan sehari-hari. Oleh sebab itu, kamu harus menyesuaikan benda-benda yang ada di ruang tamu. Kamu seharusnya memilih benda-benda yang ada dalam keseharian. Bukan benda yang asal untuk keindahan tanpa ada fungsinya.

8. Berantakan dan tak tertata.

ruang tamu yang baik. © 2017 brilio.net

foto: istimewa

Asal menaruh barang adalah kesalahan yang bisa membuat perasaan burukmu akan semakin tak berkesudahan. Sebaiknya kamu menata segala barang dengan baik dan pada tempatnya.