Brilio.net - Bagi kaum milenial, terlebih mereka yang lajang, apartemen menjadi hunian favorit. Selain nggak repot dalam rurusan perawatan, apartemen umumnya berada di pusat kota dan letaknya sangat strategis. Di Jakarta misalnya, apartemen biasanya terletak tak jauh dari pusat bisnis. Hal inilah yang menyebabkan milenial lebih memilih apartemen ketimbang rumah tapak yang biasanya berlokasi di pinggir kota.

Tengok saja survei Rent.com baru-baru ini yang menyebutkan, dari 1000 penyewa apartemen rata-rata berusia 18-34 tahun. Survei tersebut juga menemukan fakta bahwa 8 dari 10 orang berencana membeli rumah.

Saat ini, menyewa apartemen menjadi salah satu gaya hidup kaum milenial urban. Selain faktor lokasi, ada sejumlah alasan mengapa milenial memilih apartemen. Tentu saja yang utama adalah untuk menyesuaikan budget.

Selain itu, menyewa apartemen juga tak terikat cicilan bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sewa apartemen juga dinilai lebih praktis karena bila ada masalah dengan apartemen yang dihuni, tinggal komplain pada pemilik. 

Nah, bagi Sobat Brilio yang berniat menyewa apartemen di Jakarta, berikut tips memilih apartemen dengan harga terjangkau.

Loading...

1. Cari lewat marketplace online

5 Tips memilih apartemen © 2020 brilio.net@yans_brilio

Seperti mencari penyewaan tempat tinggal lain, saat ini banyak situs sewa apartemen yang bisa kamu manfaatkan. Di sana banyak menyediakan informasi penyewaan apartemen. Lewat situs sewa apartemen ini, mencarinya akan lebih mudah. Kamu bisa menyesuaikan jarak lokasi sekaligus tahu harga sewa yang dipatok.

2. Pilih apartemen unfurnished

5 Tips memilih apartemen © 2020 brilio.netsewa-apartemen.net

Selama ini yang ada di benak kita bila menyewa apartemen, sudah termasuk dengan isinya atau propertinya. Apartemen semacam ini memang ada, tetapi harganya terbilang mahal. Nah bila ingin mendapat apartemen yang lebih murah, sebaiknya pilih apartemen kosongan atau tanpa properti. Kamu bisa membeli perabotan yang sekiranya penting kamu butuhkan.

3. Furnitur multifungsi

5 Tips memilih apartemen © 2020 brilio.netystudios.com

Saat ini sudah banyak produk-produk canggih bertebaran. Ada satu produk yang memiliki lebih dari satu fungsi. Misalnya kasur yang bisa dijadikan sofa. Ada pilihan lain seperti tempat tidur yang bisa untuk menyimpan pakaian atau barang lain. Selain untuk menghemat, perabotan multifungsi ini juga akan menghemat ruang dan juga lebih minimalis.

4. Lokasi

5 Tips memilih apartemen © 2020 brilio.net@yans_brilio

Apartemen yang berada di lokasi pusat kota cenderung bernilai tinggi. Sebab, akan mempermudah akses kemana-mana. Bila ingin mendapatkan apartemen yang lebih terjangkau, cari yang berada sedikit jauh dari pusat kota. Kamu bisa sewa apartemen di Jakarta Barat sebagai rekomendasi pilihan.

Perhatikan untuk mempertimbangkan jarak tempat kamu bekerja atau menempuh pendidikan. Jangan sampai saking murahnya harga sewa sampai lupa jarak tempuh dan terlalu jauh, sehingga akan menyulitkan nantinya.

5. Buat daftar harga

5 Tips memilih apartemen © 2020 brilio.netsewa-apartemen.net

Untuk mendapatkan harga sewa terbaik, saat memencari apartemen lewat situs online, jangan lupa untuk membuat daftar. Catat harga dan lokasi apartemen hasil pencarianmu. Bandingkan harga dan lokasi yang sesuai dengan budget dan jarak yang menurutmu ideal. Daftar harga apartemen ini akan membantu kamu mempermudah memilih apartemen murah terbaik yang kamu butuhkan.