Brilio.net - Tinggal menghitung hari perayaan Tahun Baru Cina atau imlek akan segera datang. Bagi sebagian orang yang merayakan, perayaan Imlek menjadi yang paling ditunggu-tunggu. Tak hanya karena bisa menjadi momen berkumpul bersama keluarga, tapi mendekorasi rumah dengan nuansa merah juga menjadi hal yang menyenangkan.

Namun, sepertinya perayaan Imlek kali ini akan terasa berbeda karena pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat dilarang untuk berkumpul demi memutus rantai virus tersebut. Kendati demikian, bukan menjadi alasan untuk kita tetap mendekorasi nuansa Imlek di rumah.

Dekorasi rumah seperti lampu lampion Imlek, hiasan dinding, pohon angpao yang didominasi warna merah dan emas akan mempercantik serta menghadirkan aura positif di rumah kamu.

Nah, bagi kamu yang masih bingung dengan ornamen Imlek apa yang akan dibuat di rumah, berikut 5 inspirasinya seperti dirangkum brilio.net dari konferensi pers virtual IKEA, Selasa (26/1).

1. Angpao.

Loading...

inspirasi ornamen Imlek © 2021 brilio.net

foto: IKEA

Salah satu tradisi yang paling ditunggu-tunggu masyarakat saat Imlek adalah pohon angpao. Pohon angpao sendiri merupakan simbol rezeki dan kesejahteraan di tahun baru.

Dekorasi Imlek ini mendukung aktivitas yang paling ditunggu saat perayaan Imlek, yaitu berbagi angpao. Kamu bisa menggunakan amplop uang warna merah dan emas dengan motif ranting dan bunga musim semi yang akan memberikan kesan klasik dan elegan pada pohon angpao di rumahmu.

2. Lampion.

inspirasi ornamen Imlek © 2021 brilio.net

foto: IKEA

Selain itu, lampu lampion juga menjadi ornamen penting saat Imlek. Lampion memiliki makna pengharapan akan banyak keberuntungan, rezeki, dan kebahagiaan yang akan hadir di tahun baru.

Lampu gantung hias ini sangat cocok digantung di area ruang keluarga atau ruang makan, untuk melengkapi quality time kamu bersama keluarga.

3. Hiasan dinding.

inspirasi ornamen Imlek © 2021 brilio.net

foto: IKEA

Dekorasi Imlek di rumah kurang terasa lengkap apabila tidak ada hiasan dinding di area ruang keluarga. Hiasan kertas yang diukir dengan ragam gambar tumbuhan atau hewan dan ukiran doa dalam bahasa Mandarin adalah dekorasi praktis yang wajib ada di setiap tahun baru Imlek.

4. Pernak pernik meja makan.

inspirasi ornamen Imlek © 2021 brilio.net

foto: IKEA

Acara utama dalam Tahun Baru Imlek adalah makan bersama keluarga di malam tahun baru. Jadikan ruang makan sebagai pusat dekorasi Imlek.

Kamu bisa mendekor ruang makan dengan aksesori meja makan dengan gaya timeless. Kamu pun juga bisa menggunakan taplak meja berwarna pastel dengan detail cantik berwarna merah di ujungnya. Selain itu, alas piring dengan gambar bunga yang dapat memberikan kesan cerah dan kontras di meja makan kamu.

5. Sarung bantal.

inspirasi ornamen Imlek © 2021 brilio.net

foto: IKEA

Di bagian ruang tamu, kamu bisa mendekorasi dengan menggunakan sarung bantal dengan nuansa Imlek. Untuk menyeimbangkan tone warna yang didominasi warna merah, kamu bisa menggunakan sarung bantal warna pastel dengan motif tradisional Tiongkok untuk mempercantik sofa di ruang keluarga.

Sentuhan motif tradisional Tiongkok ini dapat mempertegas nuansa Imlek yang kental tetapi juga modern dan minimalis di rumah.