Brilio.net - Pernahkah terpikir mengapa kafe menjadi favorit begitu banyak orang? Mengapa banyak orang yang rela menghabiskan waktunya di kafe untuk bertemu teman atau hanya menumpang kerja di sana? Ternyata, suasana khas kafe lah yang disukai oleh kebanyakan orang, mulai dari penataan perabot hingga aromanya, semua bisa menghadirkan atmosfer yang sangat luar biasa memikat.

Tak punya banyak waktu untuk mendesain ruangan di rumah ala kafe? Gampang. Kini, ada sejumlah perusahaan yang bisa mendesain rumah sesuai keinginan, salah satunya adalah dengan jasa desain interior dekoruma yang dimilikinya. Selain praktis, desain interior membantu Anda untuk memilih bahan dan menentukan anggaran sesuai ekspektasi.

Anda bisa saja berkeinginan untuk menghabiskan waktu di kafe setiap hari, tapi bagaimana dengan isi dompet? Nongkrong di kafe, kamu butuh pengeluaran lebih karena diharuskan memesan minuman atau makanan yang harganya bisa jadi tak murah. Jika sudah demikian, mengapa tak menciptakan suasana kafe di rumah sendiri?

Untuk menciptakan suasana kafe di rumah sendiri, kamu butuh memperhatikan sedikitnya empat tips ini:

1. Beri perhatian pada dinding.

Loading...

Ilustrasi kafe © Pixabay

foto: pixabay.com

Jika diperhatikan, dinding kafe-kafe yang pernah kamu datangi tak mungkin hanya polos tanpa hiasan sama sekali. Kamu pastinya menemukan sedikit banyak hiasan yang menjadi konsep kafe tersebut. Sebagian kafe memilih membiarkan dindingnya tidak dipoles, alias terlihat tumpukan bata merahnya. -Ada juga yang memilih memenuhi dindingnya dengan mural atau lukisan dinding yang menjadikannya lebih hidup. Atau yang paling sederhana adalah dengan menambahkan hiasan dinding berupa gantungan unik.

Di rumah, kamu tentu tak sulit jika harus meminjam konsep dinding kafe ini. Memang tak perlu mengubah rumah secara menyeluruh. Cukup ubah satu sisi dinding di dapur saja, tambahkan hiasan seperti wallpaper dinding atau gantungan pigura berisi foto-foto kamu dan keluarga. Selain cantik, “kafe” ini akan terasa lebih personal nantinya.

2. Lengkapi dengan furnitur yang mendukung.

Ilustrasi kafe © Pixabay

foto: pixabay.com

Meja dan kursi di kafe tentunya berbeda dengan yang biasa  digunakan di dapur dan ruang makan. Sebagai permulaan, kamu bisa memasang satu set meja dan kursi ala kafe di satu sudut dapur. Sudut inilah yang nantinya bisa digunakan sebagai pojok inspirasi, tempat menyesap kopi di pagi atau sore hari dan menghasilkan inspirasi.

Jika terhalang dengan luas ruangan dapur, kamu bisa menyesuaikan bentuk dan model perabot yang dibutuhkan. Misalnya, pilih saja kursi lipat yang mudah disimpan kembali setelah digunakan. Agar suasana kafe semakin terasa, berikan kursi lipat yang mengandung unsur kayu. Jika tidak ada, bisa menggunakan kursi lipat warna gelap.

Membeli kursi kafe seperti ini susah-susah gampang, apalagi jika bentuknya unik. Jika berniat membeli kursi kafe yang unik, dapat mencoba mencari kursi kafe di dekoruma.

Sedangkan untuk meja, pilihlah yang berbentuk bundar yang disebut-sebut bisa menghemat banyak ruang karena bentuknya yang tak memiliki sudut.

3. Teknik pencahayaan yang tepat.

Ilustrasi kafe © Pixabay

foto: pixabay.com

Salah satu yang memikat dari kafe dan membuat pengunjungnya enggan beranjak adalah teknik pencahayaan yang dimilikinya. Di banyak kafe, kamu tak menemukan sumber cahaya buatan yang terlalu terang. Mereka memilih memanfaatkan cahaya matahari di siang hari, atau meredupkan lampunya di malam hari. Hal inilah yang membuat suasana di kafe terasa lebih intens dan hangat.

Tertarik mengaplikasikannya di rumah? Bisa. Kamu perlu belajar mengenai teknik pencahayaan yang tepat. Hanya perlu tahu cara mencerahkan ruangan secara alami agar ruangan tidak berlebihan terangnya. Pertama, sediakan jendela besar yang bisa memperlancar sirkulasi udara dan cahaya di siang hari. Lalu untuk malam harinya, bermain-mainlah dengan lampu hias seperti lampu jenis gantung dan kerlap-kerlip lainnya. Sebagai tips, pilihlah lampu jenis LED yang relatif lebih sejuk dan hemat energi.

4. Ciptakan minuman ala kafe.

Ilustrasi kafe © Pixabay

foto: pixabay.com

Selain suasana, kamu biasanya juga datang ke kafe karena racikan kopi dan minuman lainnya dari sang barista. Untuk mendapatkan pengalaman yang kurang lebih sama, beranikan investasi mesin pembuat kopi agar acara nongkrong di kafe rumah terasa lebih menyenangkan.

Selain itu, lengkapi dengan asupan makanan ringan yang cukup, seperti cookies. Lengkapi juga diri  dengan sedikit pengetahuan tentang teknik membuat Latte Art agar minuman menjadi lebih menarik.

Dengan begitu, kamu bisa menghabiskan waktu sendiri tanpa harus keluar rumah. Jika ada teman yang berkunjung pun, kamu bisa mengajaknya ikut menikmati kafe mini yang kamu siapkan di rumah sendiri.