Brilio.net - Dua wilayah di Jakarta, bagian barat dan selatan kini sedang menjadi daerah favorit untuk hunian. Jakarta Barat dikenal sebagai surga kuliner. Sementara Jakarta Selatan sudah lama disebut sebagai kawasan elite. Kedua wilayah ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tak heran jika Jakarta Barat dan Jakarta Selatan menjadi daerah hunian favorit saat kini.

Nah buat kamu yang sedang mencari rumah dijual di Jakarta Barat atau ingin memiliki rumah mewah di Jakarta Selatan, bisa mempertimbangkan  kedua kawasan ini. Berikut fakta dua wilayah di Jakarta yang kini semakin diminati mereka yang membutuhkan hunian di ibukota.

1. Surga kuliner di Jakarta Barat

2 Area Jakarta © 2020 brilio.net Apartemen di Jakarta Barat

Jika tinggal di Jakarta Barat, kamu dijamin nggak akan pernah kehabisan pilihan makanan. Mau martabak, lontong sayur, nasi uduk, seafood, atau kedai kopi susu kekinian? Semua ada dan kadang ada yang buka 24 jam.

Untuk berburu kuliner enak dan legendaris tinggal pergi ke Cengkareng, Grogol Petamburan, Kalideres, Kebon Jeruk, Kembangan, Palmerah, Taman Sari, dan Tambora yang merupakan 8 kecamatan di Jakarta Barat.

Selain itu jika beli rumah dijual di Jakarta Barat, kamu tidak akan kekurangan hiburan. Ada berbagai mal besar untuk cuci mata dan bersantai, seperti Mal Taman Anggrek, Central Park, serta Mal Puri Indah.

Jika ingin mencari rumah pertama di Jakarta Barat, kamu bisa memilih perumahan baru dengan lokasi cukup strategis, seperti di Kalideres yang dilewati TransJakarta Koridor 3F Kalideres - Gelora Bung Karno dan Koridor 2B Kalideres-Pulogadung.

2 Area Jakarta © 2020 brilio.net

Tidak ketinggalan akses tol dalam kota yang memudahkan mobilisasi ke utara atau selatan Jakarta, bahkan mencapai Tangerang, Depok, Bekasi, hingga Bogor. Pengalaman kulinermu dijamin akan semakin optimal, deh!

Di sisi lain, nilai properti di Jakarta Barat juga nggak main-main karena harga tanah termurah mencapai Rp2 juta per meter persegi (2019). Jadi, nggak pernah salah bila kamu mencari rumah dijual di Jakarta Barat sebagai investasi jangka panjang.

2. Elitenya kawasan Jakarta Selatan

2 Area Jakarta © 2020 brilio.net

Selama ini diketahui rumah di Jakarta Selatan harganya selangit. Itu betul. Jakarta Selatan merupakan wilayah dekat pusat kota dengan area yang cukup luas untuk wilayah permukiman. Dengan area hijau dan akses mudah, tak heran harga properti di Jakarta Selatan terus merangkak naik.

Harga tanah di Jakarta Selatan mulai dari Rp4 jutaan per meter persegi (2019) yang merupakan harga termahal kedua setelah tanah di Jakarta Pusat. Namun, tentunya harga fantastis ini juga sepadan dengan fasilitas yang dimilikinya, dong.

Wilayah Jakarta Selatan bisa diakses melalui jalan tol lingkar dalam, Tol Ulujami - Serpong, serta Tol JORR jika mengarah ke Depok, Bekasi, maupun Bogor. Cocok bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi untuk mobilitas sehari-hari demi mempersingkat jarak tempuh.

2 Area Jakarta © 2020 brilio.net

Sarana pendidikan, fasilitas kesehatan, dan pilihan hiburan di Jakarta Selatan termasuk yang terbaik. Sebut saja Rumah Sakit Pusat Pertamina, kampus Universitas Binus, hingga mal legendaris Jaksel, Pondok Indah Mal. Semuanya siap untuk memenuhi kebutuhan harian dan bulanan.

Namun, highlight dari rumah dijual di Jakarta Selatan adalah transportasi umum yang paling mumpuni. Mulai dari MRT, kereta Commuter Line yang juga terintegrasi dengan jalur TransJakarta. Bepergian pun semakin mudah dan murah.

Sebaiknya pilih rumah dijual di Jakarta Selatan atau Jakarta Barat? Secara harga, sih, lebih terjangkau untuk membeli rumah dijual di Jakarta Barat sehingga kelebihan uangnya masih bisa kamu simpan untuk keperluan lain. Namun, jika lagi-lagi tujuan kamu membeli rumah dijual di Jakarta Selatan untuk investasi jangka panjang maka sudah tepat untuk memilikinya sekarang juga.