1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Rumah
22 Februari 2016 07:09

10 Tips merawat furnitur kayu, coba tips no 5 paling mudah & cepat

Menjaga furnitur kayu agar awet merupakan harapan banyak orang.
foto: fabelio.com

Brilio.net - Perabotan rumah tangga tak jarang menggunakan bahan yang terbuat dari kayu, seperti meja kayu, kursi kayu, rak kayu, meja makan kayu. Bahkan ada yang yang menggunakan kayu-kayu khusus furnitur yang bisa dibilang sangat mahal, namun banyak orang yang menyukainya. Furnitur kayu klasik memiliki desain bermacam-macam dan memiliki lekuk hingga pola yang sangat khas.

Namun, kamu tak perlu khawatir untuk menjaga furnitur kayu klasik agar tetap awet. Banyak cara dan terbilang sangat mudah kamu terapkan, sehingga menjaga furnitur tersebut tidak cepat rusak. Menjaga furnitur kayu agar awet merupakan harapan banyak orang, apalagi rentang dengan kerusakan karena termakan usia dan juga karena jarang dirawat.

Demi menjaga furnitur kayu klasik, kamu bisa intip tips-tips merawat furnitur kayu klasik agar tetap awet di bawah ini, Senin (22/2).

1. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring ringan.
Untuk membersihkan perabot kayu kamu seperti meja kayu atau rak kayu, cukup menggunakan air hangat dan sabun cuci piring ringan. Membersihkan perabot dengan air tidak akan merusak perabotmu, tapi kamu tetap harus berhati-hati untuk tidak merendamnya. Gunakan sikat gigi bekas untuk daerah yang sulit dijangkau air. Lap kotoran dengan kain lembut atau handuk kertas sampai bersih. Kemudian keringkan dengan kain lembut.

2. Gunakan pasta lilin yang lembut.
Oleskan lapisan pasta lilin tipis pada perabot kayu kamu. Tunggu lima menit dan sikat dengan lembut menggunakan sikat lembut. Tunggu 30-60 menit, kemudian sikat ulang. Kamu akan melihat perabot kamu akan bersinar kembali.

3. Jauhkan furnitur kamu dari sinar matahari.
Suhu matahari musim panas yang datang melalui jendela bisa merusak perabot kayumu. Sinar matahari dapat memudarkan dan menghancurkan perabot tersebut dari waktu ke waktu.
 
4. Jangan letakkan furnitur kayu dekat unit pemanasan atau ventilasi.
Panas yang kering akan menyebabkan kayu kering dan menyusut, dan juga meninggalkan retakan. Jadi, jangan letakkan furnitur kayu di dekat unit pemanasan dan ventilasi.

5. Untuk memperbaiki dengan cara cepat, gunakan semir sepatu.
Gunakan sesuai warna semir sepatu yang sesuai dengan warna kayu. Hati-hati menggunakan pencocokan warna semir sepatu pada penggunaan pertama kali. Cara ini merupakan paling mudah dan cepat untuk memperbaiki perabotan kayu seperti rak, meja, kursi kayu.

6. Gunakan cat logam berkualitas.
Bila ada bagian yang terbuat dari logam, kamu bisa melepasnya dan memolesnya dengan cat logam. Setelah digosok dan menaruhnya kembali, berhati-hatilah untuk tidak menggores permukaan kayu.

7. Kayu tak perlu polesan-polesan minyak yang tak penting.
Kayu tidak dapat makan atau dipelihara atau diperkaya dengan polesan atau minyak. Polesan dan minyak tidak akan menembus tekstur kayu. Lebih baik kamu merawat kayu tersebut daripada mengolesinya dengan minyak.

8. Menghilangkan bekas kopi.
Ada beberapa cara untuk menghilangkan cincin bekas cangkir kopi panas atau kotak pizza panas di meja kamu. Salah stau caranya adalah dengan menggosok kayu dengan abrasif ringan, seperti pasta gigi non-gel dicampur dengan baking soda atau minyak goreng dicampur dengan abu. Kamu dapat menggosokkannya di tempat yang kecil dengan jari atau menggunakan kain lembut pada daerah yang terkena

9. Pelajari tentang asal muasal kayu pada perabot kamu.
Sebelum melakukan perawatan, ada baiknya kamu mengenal jenis kayu yang digunakan di perabot kamu. Karena beda kayu, beda pula bagaimana cara merawatnya. Tak hanya itu, cari tahu juga usia kayu yang digunakan dalam perabotmu.

10. Cari informasi yang banyak terlebih dahulu.
Refinishing perabot tua atau antik dari furnitur kayu mungkin tampak seperti ide yang baik, tapi kamu juga harus mencari tahu terlebih dahulu apa yang baiknya dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kamu tidak ingin perabotmu rusak kan hanya karena kamu salah dalam merawatnya?

Untuk mendapat referensi aksesori cantik lainnya, kamu bisa mengunjungi fabelio.com.

(brl/pep)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

10 Tips merawat furnitur kayu, coba tips no 5 paling mudah & cepat.
Menjaga furnitur kayu agar awet merupakan harapan banyak orang.
https://www.brilio.net/rumah/10-tips-merawat-furnitur-kayu-coba-tips-no-5-paling-mudah-cepat-160220j.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?