Brilio.net - Dalam Islam, kita diwajibkan untuk mensucikan diri terlebih dahulu ketika hendak melakukan ibadah. Seperti mandi maupun berwudhu. Mandi merupakan bagian dari cara membersihkan diri dalam Islam sebelum melakukan ibadah. Dalam Islam dikenal dua hadas yaitu hadas besar dan hadas kecil.

Hadas kecil dapat disucikan dengan cara berwudhu atau tayamum. Misal ketika kamu buang air kecil atau BAB, menyentuh orang yang bukan muhrim atau menyentuh kemaluan maka kamu harus mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah. Sementara jika kamu mengalami hadas besar seperti haid, nifas, wiladah, atau sedang junub maka wajib untuk mandi besar sebelum beribadah.

Selain kedua hal itu, terdapat ketentuan mandi wajib yang dianjurkan sebelum melakukan ibadah Idul Fitri. Mandi wajib adalah ritual penting yang harus dilakukan sebelum menunaikan shalat Idul Fitri bagi umat muslim. Mandi wajib dilakukan sebagai bagian dari persiapan diri untuk memasuki hari raya Idul Fitri dengan keadaan yang bersih dan suci dari hadas besar. Tata cara mandi wajib sebelum Idul Fitri untuk pria cukup mudah dan sederhana, namun tetap harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah berikut tata cara mandi wajib sebelum Hari Raya Idul Fitri beserta dengan niatnya, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (14/4).