Brilio.net - Sholat Ied merupakan sholat yang dilaksanakan satu tahun satu kali. Setelah umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh, mereka kembali menyambut hari raya Idul Fitri yang penuh suka cita dan kegembiraan. Di hari yang suci itu umat Islam kembaali keadaan fitrah atau terlahir kembali dengan keadaan yang bersih dari dosa. Selama hari raya Idul Fitri selalu identik dengan silaturahmi dan saling bermaaf-maafan antar sesama umat.

Selain itu, di hari kemenangan itu juga kita dianjurkan untuk mawas diri, bermuhasabah atas kesalahan yang telah diperbuat. Tujuannya agar ibadah yang dilaksanakan umat Muslim selama satu bulan tidak sia-sia, dimana umat Muslim terbiasa bersabar dan menahan hawa nafsunya dan menyambut kemenangan dihari yang fitri.

Hari raya Idul Fitri selalu dirayakan selalu setiap tanggal 1 syawal dan pada saat itu pula umat Muslim akan melaksanakan ibadah sekali setahun yaitu sholat ied atau sholat Idul Fitri. Sholat Ied memiliki berbagai manfaat dan keutamaan yang patut kita laksanakan. Meski sebagai shalat sunnah, sholat Ied sangat sayang untuk dilewatkan. Sebab momen sholat Ied yang hanya sekali setahun dan dilaksanakan secara berjamaah menjadi momen dimana setiap umat Muslim berkumpul dan saling bermaaf-maafan.

Sholat Idul Fitri adalah sholat yang dilaksanakan pada hari raya Idul Fitri, yang jatuh pada tanggal 1 Syawal dalam kalender Hijriyah. Sholat ini dilaksanakan sebagai tanda syukur atas berakhirnya bulan Ramadan dan sebagai ungkapan rasa gembira atas berkah yang Allah berikan kepada umat Muslim.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan setelah terbit matahari pada hari raya Idul Fitri dan dilakukan dengan cara mengumpulkan umat Muslim di lapangan terbuka atau di masjid. Sholat ini dilaksanakan dengan dua rakaat dan diawali dengan takbir sebanyak tujuh kali. Setelah sholat, umat Muslim saling mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, bermaafan, dan saling memberi hadiah.

Sholat Idul Fitri merupakan salah satu ibadah penting bagi umat Muslim, dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan bersama-sama dengan umat Muslim lainnya.

Nah untuk menyambut hari Raya Idul Fitri, kita dianjurkan mempersiapkan diri mulai dari membersihkan diri hingga mempersiapkan segala hal untuk melaksanakan sholat Ied termasuk memahami doa atau bacaan sholat Ied. Untuk itu, brilio.net menyajikan bacaan sholat Ied yang lengkap dengan niat, tata cara dan manfaatnya dihimpun dari berbagai sumber, Rabu (12/4).