Dalil anjuran mandi wajib sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Tata cara mandi wajib sebelum Idul Fitri untuk pria © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Sebelum menunaikan shalat Idul Fitri, umat muslim perlu mandi bersih terlebih dahulu. Mandi bersih Idul Fitri memiliki banyak keutamaan, seperti memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam beribadah. Sahabat Nabi, seperti Ali bin Abi Thalib dan Abdullah bin Amr juga melakukan kebiasaan mandi bersih Idul Fitri. Oleh karena itu, setiap muslim dianjurkan untuk mandi bersih sebelum melaksanakan salat Idul Fitri.

Tata cara mandi bersih Idul Fitri sedikit berbeda dengan mandi pada umumnya. Namun, yang membedakan hanya pada niatnya. Mandi bersih Idul Fitri sama seperti mandi besar, yaitu dengan mencuci seluruh tubuh dengan air yang mengalir. Mandi bersih Idul Fitri sangat penting bagi umat muslim untuk menyiapkan diri dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Adapun perintah untuk mandi wajib untuk menghilangkan hadas besar maupun kecil ketika beribadah termuat dalam Al-Qur'an surah Al-Maidah ayat 6 yang artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur."

Sementara untuk merayakan Idul Fitri juga dianjurkan untuk melakukan mandi wajib sebagaimana disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Mandi wajib sebelum Idul Fitri merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah. Dalam riwayat Ibnu Majah Rasullullah SAW selalu mandi terlebih dahulu sebelum hari Raya Idul Fitri.

"Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam, mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha." - HR. Ibnu Majah.

Tak hanya itu, mandi pada hari-hari tertentu seperti hari Jumat, hari Araf, Hari Raya Idul Fitri, dan Idul Adha juga diriwayatkan oleh Al Baihaqi.

"Seseorang pernah bertanya pada 'Ali radhiyallahu anhu mengenai mandi. Ali menjawab, 'Mandilah setiap hari jika kamu mau.' Orang tadi berkata, 'Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?' Ali menjawab. 'Mandi pada hari Jumat, hari Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri." - HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani menyebutkan sanad hadis ini shahih.

Tata cara mandi wajib sebelum Idul Fitri untuk laki-laki.

Tata cara mandi wajib sebelum Idul Fitri untuk pria © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

Mandi wajib sebelum Hari Raya Idul Fitri dapat dilakukan sebelum sholat subuh maupun setelah sholat subuh. Adapun untuk memulai mandi wajib dianjurkan untuk membaca niat.

Niat mandi wajib sebelum sholat Idul Fitri

"Nawaitul ghusla li 'îdil fithri sunnatan lillahi ta’aalaa."

Artinya: "Aku niat mandi untuk merayakan Idul Fitri sebagai sunnah karena Allah ta'aalaa."

Tata cara mandi untuk laki-laki.

1. Melafalkan niat mandi sunnah Idul Fitri. Bacaan niat untuk mandi sunnah Idul Fitri merupakan perbedaan utama dengan mandi biasa. Niat tersebut diarahkan pada Allah untuk membersihkan tubuh dari hadas besar.

2. Setelah membaca niat, basuh tangan sebanyak tiga kali dengan air yang mengalir.

3. Pastikan semua najis atau kotoran yang masih menempel pada tubuh, terutama di area sela-sela dubur dan kemaluan, dibersihkan dengan baik.

4. Lakukan wudhu setelah membersihkan diri dari najis dan kotoran.

5. Lanjutkan dengan mengguyur kepala sebanyak tiga kali.

6. Mulailah menyiram seluruh anggota badan dari sisi kanan terlebih dahulu dan dilanjutkan ke sisi kiri. Lakukan tiga kali siraman untuk setiap anggota tubuh.

7. Bersihkan kepala dan rambut dengan memasukkan kedua tangan ke air dan menggosoknya ke sela-sela rambut. Kemudian bilas rambut sebanyak tiga kali.

8. Gosoklah bagian tubuh dari atas ke bawah, depan dan belakang tubuh sebanyak tiga kali.

9. Terakhir, bilas seluruh tubuh menggunakan air mengalir dimulai dari sisi kanan dan dilanjutkan ke sisi kiri.

Keutamaan mandi wajib sebelum shalat Idul Fitri.

Tata cara mandi wajib sebelum Idul Fitri untuk pria © 2023 brilio.net

foto: pexels.com

1. Memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam beribadah.
Mandi wajib sebelum sholat Idul Fitri memiliki keutamaan dalam memberikan kenyamanan dan ketentraman dalam melaksanakan ibadah. Dengan membersihkan diri sebelum sholat Idul Fitri, umat muslim akan merasa lebih segar dan terhindar dari rasa tidak nyaman.

2. Membuat hati terasa lebih tenang.
Melakukan mandi wajib sebelum sholat Idul Fitri juga dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Ketika tubuh sudah bersih, maka pikiran juga akan menjadi lebih jernih dan tenang. Hal ini akan memudahkan umat muslim dalam melaksanakan sholat dan ibadah lainnya.

3. Meningkatkan kualitas ibadah.
Dengan mandi wajib sebelum sholat Idul Fitri, umat muslim dapat meningkatkan kualitas ibadah mereka. Dengan tubuh yang bersih dan pikiran yang tenang, umat muslim dapat lebih fokus dan khusyu' dalam melaksanakan ibadah. Ini dapat membantu umat muslim dalam meningkatkan kualitas sholat dan ibadah lainnya.

4. Menjadi tanda berakhirnya bulan Ramadhan.
Mandi wajib sebelum sholat Idul Fitri juga menjadi tanda berakhirnya bulan Ramadhan dan dimulainya hari raya Idul Fitri. Hal ini mempunyai makna tersendiri bagi umat muslim yang telah menahan diri selama sebulan penuh dalam menjalankan ibadah puasa. Mandi wajib ini juga menandakan awal kebahagiaan bagi umat muslim dalam merayakan hari raya Idul Fitri.