Brilio.net - TBJ merupakan salah satu istilah yang cukup banyak digunakan dikalangan medis. Namun istilah ini juga masih awam untuk beberapa orang. Sebenarnya jika telusuri singkatan TBJ bisa merujuk pada berbagai hal misalnya TBJ berarti Tingkat Bunga Jangka Pendek pada instrumen investasi maupun TBJ yang berarti Taksiran Berat Janin.

Namun singkatan TBJ lebih sering digunakan dalam dunia medis yang memperhitungkan berat janin. Oleh karena itu, bagi ibu hamil wajib banget tahu rumus TBJ agar lebih mudah dalam memperkirakan perkembangan janin. Pada artikel ini brilio.net fokus membahas tentang rumus TBJ (Taksiran Berat Janin)

Sebelumnya perlu dipahami bahwa rumus TBJ merupakan metode untuk memperkirakan berat janin dalam kandungan. Informasi ini dapat digunakan untuk mengetahui perkembangan janin dan risiko komplikasi saat persalinan.

Berikut ulasan lengkapnya tentang rumus TBJ lengkap dengan pengertian dan cara menghitung. Dilansir dari berbagai sumber pada Jumat (10/11).

Konsep dasar dan rumus TBJ (Taksiran Berat Janin)

rumus TBJ dan faktor yang mempengaruhi © 2023 brilio.net

rumus TBJ dan faktor yang mempengaruhi
freepik.com

Ada beberapa rumus yang dapat digunakan untuk menghitung TBJ, tetapi sebelumnya kamu perlu mengukur tinggi fundus uteri (TFU) terlebih dahulu. TFU adalah jarak antara tulang kemaluan dan rahim bagian atas ibu hamil. Berikut adalah beberapa rumus TBJ yang dapat digunakan:

1. Rumus Johnson Toshack:

TBJ = (TFU - N) x 155.

Keterangan:

- N adalah angka 11, 12, atau 13, tergantung posisi kepala janin.
- Gunakan 11 jika kepala janin belum melewati tonjolan tulang ilium, 12 jika sudah melewati, dan 13 jika belum masuk pintu atas panggul.

2. Rumus McDonald:

TBJ = (TFU x 1,2) + 0,5.

Rumus ini hanya berlaku untuk usia kehamilan 20-31 minggu.

3. Rumus Niswander:

TBJ = (TFU - 13) : 3 x 453,6.

Rumus ini hampir mirip dengan Johnson Toshack, tetapi perhitungannya sedikit lebih rumit.

4. Rumus Risanto:

TBJ = 127,6 x TFU - 931,5.

Rumus ini dibuat berdasarkan populasi masyarakat Indonesia, tetapi tidak dipakai secara luas oleh tenaga kesehatan.

5. Formula Dare:

TBJ = TFU x LP.

Keterangan:

- LP adalah lingkar perut ibu hamil.

- Formula ini terbilang paling sederhana, tetapi kamu perlu mengukur lingkar perut terlebih dahulu.

Perlu diingat, hasil hitungan dari rumus TBJ di atas belum tentu akurat. Terlebih, perhitungan TFU memiliki subjektivitas tinggi, tergantung ketebalan kulit masing-masing ibu hamil. Selain itu, bentuk rahim yang dimiliki ibu hamil juga berpengaruh terhadap perhitungan. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter.