Rumus massa jenis.

Rumus massa jenis dan contohnya © 2023 brilio.net

foto: Istimewa

Massa jenis adalah ukuran massa setiap satuan volume benda atau zat. Massa jenis menunjukkan kerapatan suatu benda atau zat. Setiap zat memiliki massa jenisnya masing-masing. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya.

Sebagai contoh, massa jenis air adalah 1.000 kg³ pada suhu 4°C. Massa jenis air ini menjadi acuan untuk menghitung massa jenis zat cair lainnya. Massa jenis suatu benda atau zat dapat dihitung dengan rumus:

ρ = m/V

Keterangan:
ρ (rho) = massa jenis
m = massa
V = volume.
Satuan massa jenis yang umum digunakan adalah kg³

Alat pengukur massa jenis.

Rumus massa jenis dan contohnya © 2023 brilio.net

foto: freepik.com

Alat pengukur massa jenis adalah alat yang digunakan untuk mengukur besarnya massa setiap satuan volume benda atau zat. Ada beberapa jenis alat pengukur massa jenis, antara lain:

1. Hidrometer.

Alat yang berbentuk tabung kaca yang memiliki skala massa jenis di dalamnya. Hidrometer dimasukkan ke dalam cairan yang akan diukur massa jenisnya, dan skala yang terbaca menunjukkan nilai massa jenis cairan tersebut.

2. Piknometer.

Alat yang berbentuk botol kaca yang memiliki lubang kecil di atasnya. Piknometer diisi dengan cairan yang akan diukur massa jenisnya, kemudian ditimbang massanya. Massa jenis cairan dapat dihitung dengan membagi massa cairan dengan volume piknometer.

3. Pengukur massa jenis digital.

Alat yang menggunakan teknologi tabung osilasi untuk mengukur massa jenis atau nilai terkait. Tabung osilasi adalah tabung kaca yang bergetar pada frekuensi tertentu saat diisi dengan cairan. Frekuensi getaran tersebut berhubungan dengan massa jenis cairan. Pengukur massa jenis digital dapat menampilkan nilai massa jenis secara langsung pada layar.