Brilio.net - Pertunjukan seni dan budaya bertajuk Pagelaran Sabang Merauke bakal kembali digelar tahun ini. Pagelaran yang diinisiasi PT iForte Solusi Infotek (iForte) dan BCA rencananya akan diselenggarakan di JIEXPO Theater Kemayoran pada 19-20 Agustus mendatang dengan total 4 kali show. Tahun ini pagelaran akan mengusung tema “Pahlawan Nusantara”. 

Dalam acara syukuran bersama ratusan seniman pertunjukan di Yogyakarta belum lama ini CEO & Presiden Direktur iForte dan Protelindo Group, Ferdinandus Aming Santoso mengatakan pagelaran Sabang Merauke dinilai sebagai sebuah pertunjukan yang mampu memperlihatkan harmonisasi seni dan budaya dari seluruh Indonesia serta menjadi inspirasi bagi generasi muda.

Pagelaran Sabang Merauke dengan live performance, menggabungkan berbagai seni musik dari lagu daerah dan lagu nasional, tarian tradisional dan modern, busana khas daerah dan etnik Indonesia, akan mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya generasi muda untuk semakin mencintai berbagai budaya warisan leluhur bangsa indonesia.

Pagelaran Sabang Merauke © 2023 brilio.net foto: brilio.net/yani andriyansyah

“Karena itu kami berkomitmen untuk terus menyelenggarakan Pagelaran Sabang Merauke sebagai sarana pengenalan berbagai budaya Tanah Air kepada generasi muda,” ujar Aming.

Berbeda dari penyelenggaraan tahun lalu, Wakil Presiden Direktur iForte, Silvi Liswanda mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia. Berbagai tarian tradisional dan modern yang dipertunjukkan secara kolosal untuk mengiringi 31 lagu daerah dan nasional.

Selain itu pagelaran ini juga akan melibatkan sederet musisi ternama Tanah Air, antara lain Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin Avip Priatna, musisi Dian HP, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, Kiki Dunung, budayawan senior Butet Kertaradjasa, seniman tari Mugiyono Kasido, Gunk Mas, Abib Igal, Okvalica, ventriloquist Kak Tony serta MC Indra Bekti dan Endah Laras.

“Pagelaran ini juga akan melibatkan para designer terkemuka di Indonesia seperti Ivan Gunawan, Era Soekamto, Danny Satriadi, Denny Wirawan, Ghea Panggabean, Taufik Bachtiar, Iwan Tirta, akan menghadirkan karyanya dalam peragaan busana etnik Indonesia, yang nantinya akan diperagakan Miss Mega Bintang 2023 serta Miss Grand Indonesia Ritassya Wellgreat,” tuturnya.

Pagelaran Sabang Merauke © 2023 brilio.net foto: dok.iforte

Pelantun lagu Tetap Dalam Jiwa Isyana Sarasvati mengaku antusias dalam persiapan menuju hari H pagelaran. Tentu senang dan bangga sekali bisa terlibat dalam Pagelaran Sabang Merauke. Saya pribadi jadi semakin mengenal lebih banyak lagi kekayaan seni dan budaya Indonesia yang luar biasa. Bersama teman-teman seniman lainnya tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti,” ungkap Isyana.

Sebagai informasi, Pagelaran Sabang Merauke pertama kali digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada Februari 2022 yang kemudian berlanjut di Djakarta Theater, pada awal Juni 2022. Mendapat respons positif, pertunjukan ini kemudian kembali diselenggarakan pada November 2022 di Ciputra Artpreneur. Di setiap pertunjukannya, Pagelaran Sabang Merauke selalu melibatkan ratusan seniman pertunjukan, baik tradisional maupun nasional, untuk menyuguhkan berbagai seni budaya Indonesia.