Brilio.net - Persiapan demi Persiapan terus dilakukan para pengisi acara Pagelaran Sabang Merauke yang akan diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Jakarta pada Sabtu–Minggu, 12–13 November 2022. Meski pementasan masih sekitar satu bulan lagi, namun para pengisi acara mulai mempersiapkan diri.

Setidaknya, mulai awal November ini, ratusan seniman dan puluhan musisi mulai menjalani sesi latihan jelang pementasan yang diprakarsai iForte dan BCA ini. Latihan dilakukan di dua kota yakni Jakarta dan Yogyakarta.

Di Yogyakarta, tak kurang dari 144 penari profesional berlatih puluhan tarian daerah dan kontemporer. Ratusan penari ini berasal dari berbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Bali hingga Papua. Koregorafer Pagelaran Sabang Merauke, Sandhidea Cahyo Narpati menuturkan, keterlibatan para penari daerah menjadi elemen penting guna menyajikan pertunjukan spektakuler di atas panggung.

Latihan Pagelaran Sabang Merauke © 2022 brilio.net

“Karena masyarakat sudah tahu seperti apa pementasan Pagelaran Sabang Merauke melalui dua pertujukan sebelumnya, otomatis kami akan memberikan penampilan yang berbeda kali ini,” papar Sandhidea di sela sesi latihan bersama para penari di Sleman, Yogyakarta, Jumat (4/11). 

Sandhi mengatakan, koreografi yang akan dipamerkan dalam pementasan nanti tak lepas dari ide besar merajut kebinekaan yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Diharapkan, selama satu jam pertunjukan, para penonton bisa semakin mengenal dan mencintai khazanah budaya peninggalan leluhur bangsa.

“Ini menjadi tantangan besar. Kami akan bekerja keras sehingga pesan tersebut bisa divisualisasikan dengan apik di atas panggung nanti,” lanjut Sandhi.